PELATIHAN TEKNIS OPERASIONAL PENGELOLAAN DOKUMENTASI DAN ARSIP BERBASIS TEKNOLOGI

Authors

  • Rini Parmila Yanti STIA LPPN Padang
  • Yenni Jufri STIA LPPN Padang
  • F. Yasmeradi STIA LPPN Padang
  • Marwandizal Marwandizal STIA LPPN Padang
  • Dian Rizke STIA LPPN Padang
  • Nasrizal Nasrizal STIA LPPN Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40933

Keywords:

Pelayanan Publik, Arsip Digital, Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat serta pegawai di Kantor Wali Nagari Muaro Takuang terkait penyelenggaraan pelayanan publik yang berpedoman pada prinsip good governance. Kegiatan ini juga mengimplementasikan undang-undang pelayanan publik yang mewajibkan penyelenggara layanan untuk memenuhi tanggung jawab mereka. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya yang menunjukkan adanya permasalahan dalam pelayanan online di Kantor Wali Nagari Muaro Takuang, tim pengabdian berinisiatif untuk melanjutkan penyuluhan terkait sosialisasi pelayanan publik berbasis online sebagai dukungan terhadap good governance. Dari hasil sosialisasi ini, Wali Nagari memperoleh berbagai masukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasis online, sehingga masyarakat dapat lebih familiar dengan teknologi yang diterapkan.

References

Erlianti, D. (2019). Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis. 1(1). 9-18. https://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis/article/view/3/2.

Christianingsih, E (2018). Implementasi Kebijakan Administrasi Kependudukan Di Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Magister Administrasi. 12(2).

Haryani, T.N. dan Puryatama, A.F. (2020). Pelayanan Prima Melalui Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik di Indonesia. Kyberman: Jurnal Studi Kepemerintahan. 3(1). 40-54.

http://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Kybernan/article/view/580/433.

Hamdani, M., Prayitno, B.A., & Karyanto, P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference. 16(1).

Hendiyani, M.F (2019). Inovasi Pelayanan Publik Di Kota Kreatif Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pemerintah Di Kota Bandung Provinsi Jawa Barat. Transformasi: Jurnal Manajemen Pemerintahan. 11(1)

Hastuti, S.H.D (2019). Pentingnya Pemanfaatan Data Kependudukan Di Era Digital. Jurnal Teknimedia. 1(1).

Herizal, Mukhrijal, & Wance, M. (2020). Pendekatan Akuntabilitas Pelayanan Publik Dalam Mengikuti Perubahan Paradigma Baru Administrasi Publik. Journal of Governance and Social Policy. 1(1).

Nurdin, I (2019). Kualitas Pelayanan Publik ( Perilaku Aparatur Dan Komunikasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik). Surabaya: Media Sahabat Cendekia Pondok Maritim Indah.

Downloads

Published

2025-01-15

How to Cite

Yanti, R. P., Jufri, Y., Yasmeradi, F., Marwandizal, M., Rizke, D., & Nasrizal, N. (2025). PELATIHAN TEKNIS OPERASIONAL PENGELOLAAN DOKUMENTASI DAN ARSIP BERBASIS TEKNOLOGI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 550–555. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40933

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.