KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL) MAHASISWA PASCASARJANA UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA (UMN) AL WASHLIYAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41012Keywords:
Kuliah Kerja Lapangan (KKL), Kompetensi Professional, Pengabdian MasyarakatAbstract
Pascasarjana UMN Al Washliyah merupakan program studi lanjut yang bertujuan menghasilkan lulusan berkualitas, berdaya saing tinggi, dan berkarakter Islami. Program ini menawarkan empat program studi: Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Hukum, dengan akreditasi "Baik Sekali". Salah satu komponen penting dalam program ini adalah Kuliah Kerja Lapangan (KKL), yang bertujuan mengembangkan kemampuan intelektual, emosional, dan sosial mahasiswa melalui pengabdian kepada masyarakat. KKL dirancang sebagai kegiatan pembelajaran lapangan yang mendukung penguasaan materi akademik sekaligus membangun karakter mahasiswa. Pelaksanaan KKL diharapkan mampu meningkatkan kemampuan komunikasi, empati, dan pengelolaan kelas mahasiswa. Kendala utama yang dihadapi selama KKL meliputi pengelolaan waktu, perbedaan karakteristik mahasiswa, dan tingkat antusiasme mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Beberapa upaya dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut, seperti penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi dan pendekatan personal terhadap mahasiswa yang memerlukan perhatian khusus. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa mahasiswa berhasil memperoleh pengalaman nyata dalam mengajar, menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS), mengelola kelas, serta mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran. Selain Pascasarjana UMN Al Washliyah, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Budidaya Binjai juga memiliki komitmen tinggi terhadap kualitas pendidikan. STKIP Budidaya menawarkan berbagai program studi dengan dukungan fasilitas yang memadai serta dosen profesional dan berdedikasi tinggi. Fasilitas seperti laboratorium, perpustakaan, dan beasiswa turut mendukung proses pembelajaran yang optimal. Secara keseluruhan, baik Pascasarjana UMN Al Washliyah maupun STKIP Budidaya Binjai berupaya mencetak lulusan berkualitas tinggi yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional. Melalui kegiatan seperti KKL, diharapkan mahasiswa tidak hanya memperoleh pengetahuan akademis tetapi juga kemampuan praktis dalam menghadapi tantangan global.References
Amalia, F. (2021). Pengembangan Kualitas Mahasiswa melalui Beasiswa PPA dan BBM. Jurnal Pendidikan Tinggi.
Arifin, M. (2022). Etika Akademik dalam Kegiatan KKL. Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Halim, A. (2021). Fasilitas Pendukung Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan.
Hidayat, R. (2020). Peran KKL dalam Mengembangkan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Kusuma, T. (2019). Meningkatkan Empati Mahasiswa Melalui KKL. Jurnal Sosial dan Pendidikan.
Putra, Y. (2021). Akreditasi Program Studi di STKIP Budidaya. Jurnal Akreditasi Perguruan Tinggi.
Rahmawati, L. (2019). Pembelajaran Lapangan sebagai Media Pengabdian Masyarakat. Jurnal Edukasi.
Rahayu, S. (2022). Mencetak Lulusan Berkarakter dan Berdaya Saing. Jurnal Pendidikan Nasional.
Santoso, B. (2019). Kontribusi Mahasiswa dalam Pembangunan Masyarakat. Jurnal Pengembangan Sosial.
Sari, M. (2022). Persaingan Global dan Kualitas Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Global.
Sugiarto, D. (2021). Pluralitas dan Toleransi dalam Kegiatan KKL. Jurnal Multikulturalisme.
Suryani, E. (2021). Desain KKL Berbasis Kurikulum Program Studi. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran.
Wibowo, H. (2020). KKL sebagai Sarana Pengembangan Diri Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Karakter.
Yusuf, A. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran di STKIP Budidaya. Jurnal Inovasi Pendidikan.
Zainuddin, N. (2022). Penguatan Karakter Islami dalam Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Islam.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abadihon Fazli Sirait, Surya Darma, Rifka Annisa, Cut Latifah Zahari, Mardiati Mardiati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.