PENINGKATAN KOMPETENSI MANAJEMEN PAUD MELALUI WORKSHOP PENDAMPINGAN PENYUSUNAN KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN MERDEKA BELAJAR DI KECAMATAN JATI SAMPURNA, BEKASI

Authors

  • Sri Watini Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Lilis Suryani Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Medi Kapriany Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Diny Veronica Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Dhiah Anjarwati Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41214

Keywords:

Manajemen, PAUD, Workshop Pendampingan

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran fundamental dalam membangun kualitas sumber daya manusia sejak dini.Metode kegiatan ini bertujuan untuk mentransformasi manajemen kurikulum PAUD di Gugus Teratai, Kecamatan Jatisampurna, Bekasi melalui pendekatan partisipatif dan kontekstual. Metode kegiatan meliputi analisis kebutuhan, capacity building melalui workshop, dan pendampingan berkelanjutan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini melibatkan 18 lembaga PAUD, dilaksanakan selama dua minggu pada bulan November 2024. Hasil intervensi menunjukkan peningkatan signifikan kompetensi guru dalam manajemen kurikulum, dengan rata-rata nilai pre-test 52,92 meningkat menjadi 93,13 pada post-test, atau peningkatan sebesar 76%. Mayoritas peserta (70,83%) berhasil mencapai nilai di atas 90. Transformasi kurikulum menghasilkan perubahan mendasar, di antaranya: (1) pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP) yang kontekstual, (2) pergeseran pendekatan pembelajaran menjadi lebih partisipatif dan berpusat pada anak, serta (3) peningkatan substantif kemampuan pendidik dalam merancang dan mengimplementasikan kurikulum. Faktor pendukung keberhasilan program meliputi komitmen tinggi pemangku kepentingan dan dukungan infrastruktur, sementara tantangan utama mencakup keterbatasan sumber daya manusia dan resistensi terhadap perubahan. Kesimpulan penelitian menekankan pentingnya pendekatan partisipatif dan kontekstual dalam mengoptimalkan manajemen kurikulum PAUD guna menghasilkan pendidikan berkualitas yang responsif terhadap kebutuhan perkembangan anak.

References

Andini, Gita Tri. 2018. “Manajemen Pengembangan Kurikulum.” Jurnal Isema: Islamic Educational Management 3(2):159–69.

Arifin, Zainal. 2012. “Konsep Dan Model Pengembangan Kurikulum: Konsep, Teori, Prinsip, Prosedur, Komponen, Pendekatan, Model, Evaluasi Dan Inovasi.”

Astuti, Nurul Puji, and Sri Watini. 2022. “Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Model Bermain Asyik Pada Anak Usia Dini.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 8(3):2141–50.

Aziz, Thorik. 2019. “Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini.”

Hastuti, Windi. 2021. Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Masyarakat Di Era Revolusi Industri 4.0. Vol. 1. doi: DOI: https://doi.org/10.21580/joecce.v1i2.9018.

Jailani, MSyahran, Ardiansyah, and Risnita. 2023. Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah. doi: DOI: https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57.

Kemendikbud. 2024. “Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah.” Permendikbud Ristek Nomor 12 Tahun 2024 1–26.

Mariana, Eka. 2018. “Konsep Multiple Intelligences Howard Gardner Dalam Pendidikan Anak Usia Dini.”

Mulyasa, H. E. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka. Bumi Aksara.

Nabila, Restu, and Dian Tri Utami. 2023. “Manajemen PAUD.” Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 6(2):53–62.

Patria, Puji Rahayu Eka, and Zulkarnaen Zulkarnaen. 2023. “Pengelolaan Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(4):4199–4208. doi: 10.31004/obsesi.v7i4.4515.

Agus dwi cahya. 2021. “YUME : Journal of Management Analisis Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Agus Dwi Cahya 1) , Daru Amanta Rahmadani 2) , Ary Wijiningrum 3) , Fierna Fajar Swasti 4).” YUME : Journal of Management 4(2):230–42. doi: 10.37531/yume.vxix.861.

Setiawan, Imam. 2022. “Bunga Rampai Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini.” Sukabumi: CV Jejak.

Setyowati, Juli, and Sri Watini. 2022. Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Melalui Model Bermain “Asyik” (Reward&Yel-Yel “Asyik”) Di Tk Mutiara Cemerlang. doi: DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3253.

Suryani, Lilis, Dkk. 2024. Bunga Rampai Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: MDP Media.

Syah, Muhammad Erwan, Esti Damayanti, and Inna Zahara. 2023. Mengerti Anak Usia Dini: Landasan Psikologi PAUD. Feniks Muda Sejahtera.

Ulum, Miftahul. 2020. “Kebijakan Standar Nasional Pendidikan.” Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam 11(1):105–16.

Watini, Sri. 2021. “The Low Competency of Early Childhood Education Teachers Influences Professional Duties.” Jhss (Journal of Humanities and Social Studies) 5(3):221–27. doi: 10.33751/jhss.v5i3.3984.

Wulandari, Retno. 2022. PENGELOLAAN MANAJEMEN KURIKULUM ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN BUNDA ROSA DESA LANGKAN 1 BANYUASIN III. doi: DOI: https://doi.org/10.62668/bharasumba.v1i02.197.

Wulandari, Retno. 2022. PENGELOLAAN MANAJEMEN KURIKULUM ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN BUNDA ROSA DESA LANGKAN 1 BANYUASIN III. doi: DOI: https://doi.org/10.62668/bharasumba.v1i02.197.

Downloads

Published

2025-01-09

How to Cite

Watini, S., Suryani, L., Kapriany, M., Veronica, D., & Anjarwati, D. (2025). PENINGKATAN KOMPETENSI MANAJEMEN PAUD MELALUI WORKSHOP PENDAMPINGAN PENYUSUNAN KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN MERDEKA BELAJAR DI KECAMATAN JATI SAMPURNA, BEKASI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 366–374. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41214

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.