PENDAMPINGAN STRATEGI PENGEMBANGAN INOVASI PRODUK UMKM RUMAH MAKAN BAROKAH HJ ENENG

Authors

  • Taufik Hidayat Universitas Pelita Bangsa
  • Prasetyo Harisandi Universitas Pelita Bangsa
  • Eka Avianti Ayuningtyas Universitas IPWIJA
  • Ridwan Muhsoni Universitas Pelita Bangsa
  • Rini Setyowati Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.43652

Keywords:

Strategies, Inovation, MSMEs

Abstract

Inovasi produk makanan kaleng khas daerah merupakan langkah strategis untuk meningkatkan daya saing UMKM. Proses ini meliputi penelitian dan pengembangan resep, pengujian produk, serta pengemasan yang higienis. Selain itu, pemasaran yang efektif melalui platform digital dan kerjasama dengan distributor sangat penting untuk memperluas jangkauan pasar. Dengan pendekatan yang sistematis, diharapkan produk makanan kaleng ini dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan meningkatkan pendapatan pelaku usaha. Program ini juga menekankan pentingnya evaluasi berkelanjutan untuk memastikan kualitas dan keberlanjutan produk di pasar.

References

Abdila, R. (2023). Sektor Kuliner Diharapkan Bisa Jadi Pendorong Pertumbuhan Area Komersial di Cikarang. Tribunnews.Com. https://www.tribunnews.com/bisnis/2023/05/31/sektor-kuliner-diharapkan-bisa-jadi-pendorong-pertumbuhan-area-komersial-di-cikarang?form=MG0AV3

Harisandi, P., Yahya, A., Mulyanto, H., Bangsa, U. P., & Barat, J. (2024). Pendampingan UMKM dalam pembuatan NIB dan pemgembangan strategi bisnis yang berkelanjutan di Kec. Purwadadi Kab. subang. Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 85–91. https://doi.org/https://doi.org/10.56457/dinamika.v2i2.646 Dipublikasikan:

Hidayat, T., Wulandari, A., Mulyanto, H., Bastanta, A. R., & Muhsoni, R. (2024). Meningkatkan Daya Saing UMKM melalui Analisis SWOT dan NIB. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 8–13. https://doi.org/10.31334/jks.v7i1.3798

Maria, F., Hariroh, R., Rahmiati, F., Fitria, N., & Sesri, H. (2024). Optimalisasi Kinerja Bisnis melalui Pendampingan Manajemen SDM dan legalitas Optimizing Business Performance through Human Resource Management Assistance and Legal Compliance. 3.

Masruroh, A. I. (2020). Pengaruh Modal Sosial, Kreativitas, Dan Inovasi Terhadap Keberlangsungan Usaha (Studi Empiris Pada Pengusaha Wanita Berbasis UMKM di Kabupaten Magelang). Universitas Muhammadiyah Magelang.

Nurastuti, P., Dasman, S., Yahya, A., & Wirjawan, T. W. (2022). Pendampingan Implementasi Manajerial dan Aplikasi Akuntansi UMKM Pada Komunitas UMKM BEKEN di Kabupaten Bekasi. IKRAITH-ABDIMAS, 5(3), 79–82.

Purnamasari, P., Zuliawati, E., Sellina, S., Maria, F., & Hariroh, R. (2024). Pengembangan Umkm Melalui Sosialisasi Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Penjualan. Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia, 2(1), 42–47.

Putra, A. C., Kovaldo, C., Hendrata, G. P., Wijaya, H. A., Aurelia, J. J., Yovian, V., & Subagyo, E. E. (2020). Analisis Faktor Dan Penerapan Metode Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah: Usaha Camilan Olahan Jamur. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, 2(2), 188–219. https://doi.org/10.21632/jpmi.2.2.188-219

Rustianah, R., Hariroh, F. M. R., Soleha, E., & Hidayah, Z. Z. (2024). Pengembangan Strategi Bisnis UMKM Berbasis Digital untuk Membangun Mental Technopreneur. Lentera Pengabdian, 2(01), 24–28. https://doi.org/10.59422/lp.v1i04.252

Safitri, N. G., Mulyadi, H., & Furqon, C. (2023). Pengaruh Inovasi Produk dan Jaringan Bisnis Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus pada Komunitas Kedai Kopi Subang Menyeduh). Journal Of Social Science Research, 3(4), 808–818.

Tikaromah, O., Pujia, D. P., Yahya, A., & Hutama, D. A. (2025). Optimalisasi potensi umkm melalui pendampingan dalam pengembangan produk dan manajemen usaha bakso malang. Journal, Community Development, 6(1), 595–600.

Yahya, A., Ayuningtyas, E. A., Putri, L. A., & Ningrum, S. M. (2024). Peningkatan Kompetensi Tata Kelola Keuangan Usaha Mikro Bakso Senggol Desa Pasir Gombong Cikarang Kabupaten Bekasi. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 126–131. https://doi.org/10.31334/jks.v7i1.3762

Yahya, A., Hidayat, T., Saputera, D., Muhsoni, R., & Ramdani, C. (2024). Pendampingan Pembuatan Proposal Bisnis “Mak Enjoeh.” Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri, 6(2), 456–461. https://doi.org/https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i2.37934

Yahya, A., & Syavaat, M. F. (2021). Pemilihan Metode Akuntansi Penilaian Inventori Dan Variabel Yang Mempengaruhinya. Ultimaccounting Jurnal Ilmu Akuntansi, 13(2), 187–201. https://doi.org/10.31937/akuntansi.v13i2.2026

Yuningsih, N., Asral, & Prasetyo Harisandi. (2023). Pemberdayaan Dan Pemasaran Produk Umkm Kab.Bekasi Melalui Bazar Umkm. Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia, 1(1), 16–21. https://doi.org/10.59031/jpbmi.v1i1.39

Downloads

Published

2025-03-16

How to Cite

Hidayat, T., Harisandi, P., Ayuningtyas, E. A., Muhsoni, R., & Setyowati, R. (2025). PENDAMPINGAN STRATEGI PENGEMBANGAN INOVASI PRODUK UMKM RUMAH MAKAN BAROKAH HJ ENENG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 2049–2053. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.43652