PENDAMPINGAN GURU SD INPRES BONTOALA I PADA PENGINTEGRASIAN LITERASI BERBASIS DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41306Keywords:
Literasi, Perangkat Digital, Integrasi, Media PembelajaranAbstract
Menciptakan pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan, seorang guru harus bisa memanfaatkan media pembelajaran dengan perangkat digital. Oleh kerena itu, perangkat digital digunakan dalam pembelajaran untuk menunjang keberhasilan guru mengajar. Berdasarkan pengamatan awal TIM PKM di SD Inpres Bontoala I bahwa masih terdapat guru yang tidak bisa menjangkau perangkat digital untuk pembelajaran seperti yang paling sederhana, gawai yang digunakan. Permasalahannya yaitu lebih banyak guru yang tidak bisa mengoperasikannya untuk digunakan sebagai media dalam pembelajaran. Tujuan pelaksanaan PKM ini lebih ditekankan pada pendampingan agar guru lebih memaksimalkan literasi digital dalam pembelajaran. Target Capaian dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah guru SD Inpres Bontoala I dalam mengintegrasikan literasi digital pada pembelajaran. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode partisipasi langsung para peserta pendampingan. Adapun langkah-langkah yang dilakukan yaitu observasi awal, perencanaan, persiapan pendampingan, pelaksanaan pendampingan, dan evaluasi. Kegiatan Pendampingan Mengintegrasikan Literasi Digital untuk Pembelajaran bagi guru SD Inpres Bontoala I berhasil terlaksana sesuai rencana. Materi inti disampaikan kepada peserta sesuai jadwal pendampinganselama 3 hari. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat memberikan warna yang baru dalam pembelajaran. Guru mulai berlomba-lomba memanfaatkan perangkat digital untuk pembelajaran. Bukan hanya itu, setiap kegiatan pembelajaran yang dilakukan selalu mengintegrasikan literasi digital sehingga memberikan perubahan dan keberhasilan dari bentuk pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran berbasis digitalReferences
Adla, S. R., & Maulia, S. T. (2023). Transisi kurikulum K13 dengan kurikulum merdeka terhadap hasil belajar siswa. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(2), 262–270.
Augustin Rina & Mariane Anne (2023) Literasi Digital dan Urgensinya pada Dunia Pendidikan.https://map.fisip.undip.ac.id/literasi-digital-dan-urgensinya-pada-dunia-pendidikan.
Bustanol Arifin (2023). Pentingnya Literasi Digital dalam Pendidikahttps://guruinovatif.id/artikel/pentingnya-literasi-digital-dalam-pendidikan.
Elsa, E., & Anwar, K. (2021). The Perception of Using Technology Canva Application as a Media for English Teacher Creating Media Virtual Teaching and English Learning in Loei Thailand. Journal of English Teaching, Literature, and AppliedLinguistics, 5(1), 62. https://doi.org/10.20587/jetlal.v5i1.2253
Falloon, G. (2020). From digital literacy to digital competence: the teacher digital competency (TDC) framework. Educational Technology Research and Development, 68(5), 2449–2472.
Fathoni, T. (2023). Pendampingan Penyusunan Artikel pada Mahasiswa Guna Meningkatkan Kemampuan dalam Menulis dan Publikasi.
Fathoni, T. (2024). Menggali Pemikiran Roger Bacon dalam Pendidikan Berbasis Eksperimen dan Metode Ilmiah. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(02), 2080–2091.
Fitriyah, Q. F., Rahman, F., Fatmarizka, T., Susilo, T. E., Cahyadi, M., & Lazuardy, A. A. (2023). Pendampingan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Berbasis STEAM dan Loose Parts Pada Guru di TK Mancasan Sukoharjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 2(2), 209–168. https://doi.org/10.23960/jpmip.v2i2.205
Hikman Nabil Zifa (2023). Peranan Penting Literasi Digital dalam Dunia Pendidikanhttps://guruinovatif.id/artikel/peranan-penting-literasi-digital-dalam-dunia-pendidikan.
Jihan, I., Asbari, M., & Nurhafifah, S. (2023). Quo Vadis Pendidikan Indonesia: Kurikulum Berubah, Pendidikan Membaik? Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 17–22.
Jimoyiannis, A., & Gravani, M. (2011). Exploring Adult Digital Literacy Using Learners' and Educators' Perceptions and Experiences: The Case of the Second Chance Schools in Greece. Educational Technology & Society, 14 (1), 217–227.
Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N.(2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61–76. https://doi.org/10.22146/jpkm.25370
Marisyah, A., Firman, & Rusdinal. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan.Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1514–1519
Munawar, M. (2022). Merdeka Belajar. Jurnal Pedagogy, 15(2), 137–149.
Nurlaila, N., Daliyanda, R., Warmansyah, J., Al Husna, L., Komalasari, E., Yuningsih, R., & Sari, M. (2023). Development of Canva-based Picture Storybook Media to Increase Reading Interest in Early Childhood (Issue ICoeSSE). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-142-5_35
Purnomo, A., Huda, M. A., Agnesti, S. A. D., & Fathoni, T. (2025). Mengidentifikasi Kebutuhan dan Tantangan Peserta Didik sebagai Solusi Bimbingan Konseling di Sekolah. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(2), 140–148.
Putra, N. P. A. (2023). Analisis Kasus Kekerasan Dalam Pendidikan (Studi Kasus Penganayaan Guru Terhadap Siswa Di Jogoroto-Jombang). Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 25(1), 101–106.
Rahmawati, Y., & Suharyati, H. (2022). Peningkatan Literasi Digital Dalam Pembuatan Bahan Ajar Multimedia. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 977. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.977-984.2022
S., Bahri, S., & AR, M. M. (2022). Realizing creative innovative education through increasing digitalization skills in learning with canva media in the era of smart society 5.0. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 70-81.
Shopova, T. (2014). Digital literacy of students and its improvement at the university. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 26–32. https://doi.org/10.7160/eriesj.2014.070201
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hasrita Hasrita, Hapsah Hapsah, Sukmawati Sukmawati, Nasrah Nasrah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.