SOSIALISASI LITERASI DIGITAL PEMBELAJARAN IPA ALTERNATIF PADA ANAK SD DI DESA NAGA TIMBUL KABUPATEN DELI SERDANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.43757Keywords:
Sosialisasi, Literasi digital, Pembelajaran IPAAbstract
Kegiatan sosialisasi literasi digital pembelajaran IPA alternatif pada anak SD di desa naga timbul kec. Tanjong morawa kab. Deliserdang dilakukan guna menyikapi femonema rendahnya kemampuan literasi anak-anak terhadap pembelajaran IPA. Hal ini juga dilakukan untuk menumbuhkan rasa kepedulian, kepekaan dan keinginan melestarikan lingkungan yang ada disekitarnya. Kesadaran dalam melestarikan lingkungan haruslah dipupuk sedini mungkin yaitu dari tingkat Pendidikan terendah dan dalam hal ini siswa sekolah dasar menjadi salah satu contoh yang dapat ditumbuhkan kepeduliannya. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan di Desa Naga Timbul Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang berlangsung selama 1 bulan pada bulan Februari 2024. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan memperkenalkan pembelajaran IPA dengan cara literasi digital. Literasi digital mampu meningkatkan minat dan sekaligus pemahaman tentang pembelajaran IPA bagi siswa sekolah dasar. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa kegiatan PKM di desa Naga Timbul memberikan dampak yang besar bagi siswa dan masyarakat dalam peka terhadap kelestarian lingkungan hidup.References
Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225
Kahfi, A. (n.d.). IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER SISWA DI SEKOLAH IMPLEMENTATION OF PANCASILA STUDENT PROFILE AND IMPLICATIONS FOR STUDENT CHARACTER AT SCHOOL. 138–151.
Mata, P., Fiqh, P., & Viii, K. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran E-Comic. Edudeena, 1, 1–8. Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225
Kahfi, A. (n.d.). IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER SISWA DI SEKOLAH IMPLEMENTATION OF PANCASILA STUDENT PROFILE AND IMPLICATIONS FOR STUDENT CHARACTER AT SCHOOL. 138–151.
Mata, P., Fiqh, P., & Viii, K. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran E-Comic. Edudeena, 1, 1–8.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Satriani, N. L., Candiasa, M., & Dantes, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Duti-Duta terhadap Prestasi Belajar Matematika dengan Kovariabel Kemampuan Numerik pada Siswa Kelas IX. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 5(1), 1. https://ejournal- pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ap/article/view/1215
Zamzam, N. D., Nurhayati, N., Sofiyulloh, M. W., & Salimi, M. (2017). Ragam Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. 346–352.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Satriani, N. L., Candiasa, M., & Dantes, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Duti-Duta terhadap Prestasi Belajar Matematika dengan Kovariabel Kemampuan Numerik pada Siswa Kelas IX. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 5(1), 1. https://ejournal- pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ap/article/view/1215
Zamzam, N. D., Nurhayati, N., Sofiyulloh, M. W., & Salimi, M. (2017). Ragam Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. 346–352.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Erna Helena Tampubolon, Melani Agustina Hasibuan, Hensani Br Siboro, Syavina Angelica Br. Saragih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.