PENDAMPINGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD OLEH MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41976Keywords:
Digital Learning Media, Interest in Learning, IndonesianAbstract
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia siswa di SD melalui pemanfaatan media pembelajaran digital dengan pendampingan mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Makassar. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai respons terhadap rendahnya minat belajar siswa dan terbatasnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Program dilaksanakan menggunakan metode participatory action research dengan melibatkan 30 siswa kelas V SD dan 1 guru Bahasa Indonesia. Pelaksanaan program meliputi tiga tahap: persiapan (analisis kebutuhan dan penyusunan program), implementasi (pelatihan dan pendampingan), dan evaluasi. Hasil program menunjukkan peningkatan signifikan dalam minat belajar siswa yang tercermin dari meningkatnya kehadiran (75% menjadi 92%), partisipasi aktif (8 menjadi 22 siswa), dan ketepatan pengumpulan tugas (60% menjadi 85%). Nilai rata-rata siswa meningkat dari 65,5 menjadi 78,3 dengan jumlah siswa mencapai KKM meningkat dari 12 menjadi 25 siswa. Kompetensi guru dalam pemanfaatan media digital juga meningkat, ditandai dengan peningkatan penguasaan media digital (45% menjadi 85%) dan produktivitas konten digital (2 menjadi 6 konten/bulan). Program ini membuktikan efektivitas pendampingan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia melalui pemanfaatan media digital.References
Afdalia, T., & Arifin, Z. (2023). Pemanfaatan media pembelajaran digital dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMA Negeri 2 Majene. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian, dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 10(3).
Arsyad, A. (2021). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Baadillah, I., Sulistyawati, R. R., Amalia, N., Ibrahim, N., & Hidayatullah, A. (2023). Pemanfaatan media YouTube dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi guru-guru sekolah menengah pertama. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 232–241
Djatmika, E. T., & Praherdhiono, H. (2024). Belajar Matematika Lebih Menyenangkan: Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Gamifikasi untuk Operasi Bilangan Bulat. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4 Nopember), 5045–5060.
Mayer, R. E. (2020). Multimedia Learning. Cambridge: Cambridge University Press.
Opoh, Sukmawati & Haris, Ikhfan & Sumar, Warni. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Pada Perkuliahan. Student Journal of Educational Management. 220-234. 10.37411/sjem.v1i2.1033.
Prastowo, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.
Pramuji, L., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2020). Multimedia interaktif berbasis stem pada konsep pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. JSEP (Journal of Science Education and Practice), 2(1), 1–15.
Purnomo, A., Huda, M. A., Agnesti, S. A. D., & Fathoni, T. (2025). Mengidentifikasi Kebutuhan dan Tantangan Peserta Didik sebagai Solusi Bimbingan Konseling di Sekolah. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(2), 140–148.
Rohaini, A., & Fathoni, T. (2025). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Konflik di Lingkungan Pendidikan. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(2), 450–457.
Sanjaya, W. (2019). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sari, Q. P., & Farida, Y. E. (2024). ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN TV SMART PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS DARUL ULUM. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 334–347.
Sari, M., Elvira, D. N., Aprilia, N., Dwi R., S. F., & Aurelita M., N. (2024). Media pembelajaran berbasis digital untuk meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Universitas Dharmawangsa, 18(1), 205–218.
Warsita, B. (2021). Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Asia, Mukhlis Mukhlis, Syekh Adiwijaya Latief

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.