PENDAMPINGAN PELAKSANAAN LITERASI DIGITAL DI SD MUHAMMADIYAH 4 KOTA MALANG

Authors

  • Belinda Dewi Regina Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ima Wahyu Putri Utami Universitas Muhammadiyah Malang
  • Frendy Aru Fantiro Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41185

Keywords:

Literasi Digital, Sekolah Dasar

Abstract

SD Muhammadiyah 4 Kota Malang adalah salah satu SD yang merupakan salah satu SD binaan Pimpinan Muhammadiyah Cabang Lowokwaru Kota Malang. Salah satu program di SD Muhammadiyah 4 Kota Malang Gerakan Literasi Sekolah. Melalui Gerakan literasi sekolah ini harapannya dapat mendorong siswa untuk menumbuhkan kecintaan membaca seumur hidup. Namun di SD Muhammadiyah 4 materi pembelajaran yang relevan masih sangat kurang. Terdapat acara tahunan Pelita MUPAT, sehingga sangat perlu dilakukan pendampingan dalam penyegaran pelaksanaan literasi khususnya literasi digital, namun keterbatasan sumber daya digital. Sehingga peneliti bertujuan untuk memberikan workshop tentang materi gerakan literasi digital serta memberikan pendampingan dalam penyusunan literasi digital. Metode yang digunakan yaitu pelatihan penyusunan literasi digital. Hasil dari penelitian ini yaitu peserta memiliki pengetahuan tentang pentingnya memahami literasi digital, seseorang akan lebih sadar akan pentingnya melindungi data pribadi mereka di dunia maya. Selain itu peserta juga akan tahu cara mengelola privasi, mengenali ancaman digital (seperti phising, malware, dan cyberbullying).

References

Amelia, D. jantung, & Muzakki, A. (2022). Pendampingan Literasi Budaya Melalui Permainan Tradisional Di SDN Saptorenggo 2 Kabupaten Malang. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 2(2), 81–89. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v2i2.18916

Handoyo, E. R. (2023). Pendampingan Literasi Digital bagi Anak dan Remaja di Lingkungan Sekolah di Kota Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 374–381.

Ilham, M. (2024). Pengelolaan Sumber Daya Alam Dalam Perspektif Hukum Tata Negara Indonesia. Indonesia Journal of Business Law, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.47709/ijbl.v3i1.4147

Relita, D. T., & Yosada, K. R. (2021). Pendampingan Guru Dalam Memanfaatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Daring Di Masa Covid 19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 4(2), 58–66. https://doi.org/10.31932/jpmk.v4i2.1160

Rizki, F., & Nopalia, N. (2024). Peningkatan Budaya Literasi dan Numerasi Melalui Kegiatan Festival Literasi dan Numerasi di Kota Lubuk Linggau. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 121–130. https://doi.org/10.55606/nusantara.v4i3.3095

Wahyu, I., Utami, P., Fantiro, F. A., & Fazlyn, N. H. (2024). UPAYA PENGENDALIAN DAMPAK NEGATIF LITERASI DIGITAL BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. 8(2), 121–128.

Wulandari, E., Taufik, M., & Kuncahyono, K. (2018). Analisis Implementasi Full Day School Sebagai Upayapembentukan Karakter Siswa Di Sd Muhammadiyah 4 Kota Malang. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 65. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5904

Downloads

Published

2025-01-28

How to Cite

Regina, B. D., Utami, I. W. P., & Fantiro, F. A. (2025). PENDAMPINGAN PELAKSANAAN LITERASI DIGITAL DI SD MUHAMMADIYAH 4 KOTA MALANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 996–1002. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41185

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.