MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL CALON GURU MELALUI WORKSHOP EDUWEB: MEMBANGUN WEBSITE PROFESIONAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Authors

  • Lusi Marleni Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nurmalina Nurmalina Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Mohammad Fauziddin Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nurhidayah Sari Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.42562

Keywords:

Literasi Digital, Calon Guru, Workshop Eduweb, Website Profesional, Media Pembelajaran

Abstract

Workshop EduWeb: Membangun Website Profesional bagi Mahasiswa PPG merupakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dan keterampilan teknologis calon guru dalam merancang serta mengelola website sebagai media pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan pada 23 November 2024 di Aula Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai dengan pendekatan berbasis praktik, di mana peserta diberikan pelatihan intensif mengenai desain, pengelolaan, dan optimalisasi website edukatif. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa sebanyak 98 website berhasil dirancang oleh mahasiswa PPG calon guru dan diikutsertakan dalam kompetisi di akhir kegiatan. Temuan ini menegaskan bahwa pemanfaatan teknologi dalam pendidikan tidak hanya meningkatkan efektivitas pembelajaran, tetapi juga mendorong inovasi dalam pengajaran. Dengan demikian, workshop ini memberikan kontribusi nyata dalam mempersiapkan calon guru yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan siap mengimplementasikan pembelajaran berbasis digital di masa depan.

References

Bond, M., Bedenlier, S., Marín, V. I., & Händel, M. (2021). Emergency remote teaching in higher education: Mapping the first global online semester. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1), 50.

Hew, K. F., & Lo, C. K. (2018). Flipped classroom improves student learning in health professions education: A meta-analysis. BMC Medical Education, 18, 38.

Hew, K. F., & Lo, C. K. (2018). Flipped classroom improves student learning in health professions education: A meta-analysis. BMC Medical Education, 18(1), 38.

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2019). What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 60-70.

Kolb, D. A. (2019). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. FT press.

Reinhardt, J. (2022). Digital literacies and language learning: Reframing language education in the digital age. Bloomsbury Publishing.

Selwyn, N. (2020). Should robots replace teachers? AI and the future of education. Polity Press.

Setiawan, A., Kurniawan, H., & Pratama, R. (2020). Digital literacy challenges in Indonesian education: The role of teachers. Journal of Digital Learning and Education, 2(1), 12-20.

UNESCO. (2020). Education in a post-COVID world: Nine ideas for public action. UNESCO Publishing.

Wang, P., & Winstead, L. (2021). Building digital portfolios for educators: A guide to showcasing teaching and learning. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 37(3), 155-166.

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Marleni, L., Nurmalina, N., Fauziddin, M., & Sari, N. (2024). MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL CALON GURU MELALUI WORKSHOP EDUWEB: MEMBANGUN WEBSITE PROFESIONAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 13178–13183. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.42562

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.