PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL SULAWESI SELATAN GURU SDN SUNGGUMINASA V

Authors

  • Husni Suwarni Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Annisa Rahmadani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurbaya Nurbaya Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sri Rahayu Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Suardi Suardi Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40997

Keywords:

Kearifan Lokal, Media Pembelajaran, Picture And Picture

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan mendampingi guru dalam pembuatan media pembelajaran komik berbasis kearifan lokal sulawesi selatan sesuai materi ajar dan karakteristik siswa. Metode yang digunakan dalam penyampian materi pengabdian masyarakat adalah picture and picture. Tahapan pelaksanaan pengabdian setiap pertemuan meliputi penyampaian tujuan, penyajian materi, penyajian gambar-gambar sebagai contoh nyata, presentasi hasil karya, dan membuat kesimpulan. Peserta pengabdian berjumlah 20 orang guru SDN Sungguminasa V. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan wawancara. Kegiatan pengabdian dilaksanakan selama 5 kali pertemuan. Hasil pretest dengan rata-rata 49,5 meningkat setelah pendampingan dengan rata-rata 82,2. Sehingga metode "picture and picture" meningkatkan kemampuan guru dalam pembuatan media berbasis kearifan lokal. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini dikhususkan untuk 20 guru SDN Sungguminasa V. Nilai-nilai kearifan lokal yang dimaksud mencakup Indonesia. Kegitan pengabdian ini dapat menjadi reverensi kegiatan pengabdian selanjutnya dengan cakupan subjek yang lebih luas. Kegiatan pengabdian ini berkontribusi (1) memperkenalkan dan melestarikan budaya lokal melalui media pembelajaran; (2) memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.

References

Anufia, B., & Alhamid, T. (2019). Instrumen Pengumpulan Data.

Devi, A. S., & Maisaroh, S. (2017). Pengembangan media pembelajaran buku pop-up wayang tokoh Pandhawa pada mata pelajaran bahasa jawa kelas V SD. Jurnal PGSD Indonesia, 3(2), 1–16.

Firman, F. (2018). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.

Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Media Pembelajaran Abad 21: Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(1), 25–35.

Ismiyanti, Y., Ulia, N., Setiana, L. N., Afandi, M., Syaifudin, M., & Mayasari, N. (2019). Pendampingan Kelompok Guru SDN Sungguminasa V dalam Pembuatan Action Research Melalui Metode Example Non Example. SENADIMAS.

Johan Ibrahim. (2023). Media Komik Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Inpres Kantisang Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Jurnal Penelitian dan Penalaran, 10 (1), 109-122.

Kader, K., & Kader, A. (2019). Partisipasi Masyarakat dan Pengintegrasian Kearifan Lokal dalam Pengelolaan Pendidikan Sebagai Bentuk Pelaksanaan Desentralisasi Pendidikan. Journal of Ethnic Diversity and Local Wisdom, 1(1), 32–40.

Krisdayanti, K., & Trisiana, A. (2019). Program SGK sebagai upaya pembentukan karakter yang kreatif dan berbudaya berbudi luhur di Kadipiro Surakarta. Indonesian Journal of Community Services, 1(2), 152–164.

Kristia, A. C. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Picture and Picture Kelas IV SD Negeri 1 Kanoman, Karangnongko, Klaten Tahun Pelajaran 2019/2020. Universitas Widya Dharma.

Kurniawati, Y. (2020). Penggunaan Metode Picture And Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Mengenal Bangun Datar pada Siswa Kelas I SD Negeri 2 Ngadirojo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Guru Indonesia, 1(2), 215–224.

Laksana, D. N. L., Kurniawan, P. A. W., & Niftalia, I. (2018). Pengembangan bahan ajar tematik SD kelas IV berbasis kearifan lokal masyarakat Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 3(1), 1–10.

Madjid, J. (2021). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SD Negeri 06 Popayato Barat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 885–894.

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939.

Nurfitriani, W., Sumarmi, S., & Hariyono, H. (2017). Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Oktavianti, I., & Ratnasari, Y. (2018). Etnopedagogi dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Melalui Media Berbasis Kearifan Lokal. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1).

Prahesti, S. I., & Fauziah, S. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kabupaten Semarang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 505–512.

Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1).

Sutarsih, E., & Misbah, M. (2021). Konsep Pendidikan Profesional Perspektif Undang-Undang tentang Guru dan Dosen. Jurnal Kependidikan, 9(1), 69–82.

Downloads

Published

2025-01-05

How to Cite

Suwarni, H., Rahmadani, A., Nurbaya, N., Rahayu, S., & Suardi, S. (2025). PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL SULAWESI SELATAN GURU SDN SUNGGUMINASA V. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 172–178. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40997

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.