WORKSHOP PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAGI GURU DAN DOSEN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42798Keywords:
Artificial Intelligence, Media Pembelajaran, Pengabdian MasyarakatAbstract
Penggunaan teknologi dalam pendidikan semakin menjadi kebutuhan yang mendesak untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan. Salah satu teknologi yang memiliki potensi besar adalah Artificial Intelligence (AI), yang dapat digunakan untuk menciptakan media pembelajaran interaktif yang lebih menarik dan efektif. Namun, masih banyak pendidik yang belum mengoptimalkan pemanfaatan teknologi ini karena keterbatasan pengetahuan dan keterampilan. Berdasarkan hal tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru dan dosen mengenai penggunaan AI dalam pembuatan media pembelajaran interaktif. Workshop ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom dengan melibatkan 32 peserta dari berbagai kalangan. Metode yang digunakan adalah penyampaian materi melalui presentasi dan demonstrasi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan latihan praktis pembuatan media pembelajaran. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sebagian besar peserta merasa lebih percaya diri dan memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai penggunaan AI dalam pembelajaran. Peserta juga menunjukkan ketertarikan untuk lebih mendalami penggunaan AI di bidang pendidikan. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa AI memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, namun diperlukan pelatihan berkelanjutan agar pendidik dapat mengatasi tantangan dalam implementasinyaReferences
Chou, P.-N. (2021). The application of artificial intelligence in education: A systematic review of recent research. Educational Technology & Society, 24(1), 52-67.
Spector, J. M. (2020). Foundations of educational technology: Integrative approaches and interdisciplinary perspectives. Springer.
Yılmaz, R. M., & Gülbahar, Y. (2022). Artificial Intelligence in education: Applications, challenges, and opportunities. Educational Technology Research and Development, 70(4), 1063-1083.
Zhao, Y., & Zeng, Y. (2021). Exploring the digital divide in education: Challenges and opportunities in rural China. Educational Research Review, 16, 100-113.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mia Aina, St. Rahmah, Hendrik ES Samosir, Rifky Lana Rahardian, Irwan Faizal, Mohammad Edy Nurtamam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.