PENGENALAN AKSARA LATIN MELALUI MEDIA GAMBAR SISWA KELAS 1 SDN 64 BUNTU AMPANG

Authors

  • Sumiati Sumiati Universitas Muhammadiyah Bone
  • Suhardiman Suhardiman Universitas Muhammadiyah Bone
  • Ahmad Nurul Ihsan B Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41980

Keywords:

Aksara Latin, Media Gambar, Kelas 1 SD

Abstract

Kegiatan Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan media pembelajaran pengenalan aksara latin bagi siswa kelas 1 SD yang berjumlah 25 siswa Melalui media gambar. Inovasi ini diharapkan dapat mempermudah siswa dalam mengenal huruf-huruf latin secara lebih interaktif dan menyenangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dan dokumentasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggunaan media gambar  dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap aksara latin mempermudah proses pengenalan huruf, serta meningkatkan minat belajar siswa. Namun, tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan media yang digunakan serta kebutuhan untuk menyesuaikan metode dengan kemampuan siswa yang beragam. Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian ini memberikan konstribusi signifikan dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif di bidang pendidikan dasar, khususnya dalam pengenalan aksara latin. 

References

Budirahman, H., & Heryanto. 2014. "Pembelajaran Membaca Permulaan untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar." Jakarta: Erlangga.

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fasita, Neira, Davi Apriandi, Endang Sri Mumpuni. 2023. Penerapan media kartu huruf tempel dalam meningkatkan kemampuan membaca pemula siswa kelas 1 SDN Puncangsewu Tahun 2022/2023. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, volume 08 Nomor 01.

Hamalik, Oemar. 2011. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, D., Dewi, R. L., & Endang, M. 2018. "Penerapan Media Gambar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Siswa SD." Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 5, No. 2.

Hilmi, A. (2017). Efektivitas Media Gambar Berwarna pada Pembelajaran Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 1-10.

Ikawati, R. 2013. Strategi Belajar Membaca di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ismaya , Nur Imas, Aang Solahudin Anwar. 2023. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA SISWA SDN KUTAAMPEL 1. A b d i m a J u r n a l P e n g a b d i a n M a h a s i s w a. Vol 2 No 1.

Liana, Dina, Siska Ashari. 2023. Penerapan media gambar dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar, Jurnal Tarbiah-Al-Awlad, vol.13 No. 1 (2023).

Magdalena, Ina. dkk. 2021 Penggunaan media gambar dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di SD Negeri 09 Kamal Pagi. Jurnal pendidikan dan ilmu sosial volume 3, nomor 2.

Marmai, T., Mansoer, Z., & Syaikhu, A. 2020. Kemampuan Membaca Permulaan di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jakarta: Pustaka Ilmu.

Pangastuti, I., & Hanum, L. 2017. "Pengaruh Media Visual terhadap Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 3, No. 2.

Riyadi, Slamet, zilvanhisna Emka Fitri, Arizal Mujibtamala Nanda Imron. 2021 Pengenalan huruf latin pada anak usia dini dengan penerapan metode backpropagation. Journal of Information Technology research Vol. 2 No. 2.

Sari, Ni Wayan Eminda, AA. Rai Laksmi, I Nyoman Adi Susrawan. 2024. Pelatihan pembuatan media pembelajaran bahasa indonesia berbasis etnopedagogi di SDN 10 Pemucatan. Jurnal pengabdian kepada masyarakat. Vol.04, No. 02,

Saripah, Dian Ayu, Sri Awan Asri , Maria Ulfa. 2021. Upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media audio visual. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III SEMNARA. Jakarta: STKIP Kusuma Negara.

Seefelt, C., & Wasik, B. 2008. Pengajaran Membaca Awal: Pendekatan Bahasa dan Literatur di Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Suriani, R., Mahyudin, N., & Rohayati, E. 2016. "Membaca Permulaan untuk Siswa Kelas 1 SD." Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 2, No. 1.

Udju Anita Adriance Hage. dkk. 2022. Penggunaan media gambar dan kartu huruf dalam meningkatkan kemampuanmembaca anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 6 Issue 6

Utama, Ferdian. 2017. Pengenalan Aksara Latin Melalui Media Gambar Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan. Vol.2. No. 2.

Downloads

Published

2025-01-19

How to Cite

Sumiati, S., Suhardiman, S., & B, A. N. I. (2025). PENGENALAN AKSARA LATIN MELALUI MEDIA GAMBAR SISWA KELAS 1 SDN 64 BUNTU AMPANG . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 817–821. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41980

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.