PELATIHAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI SISWA KELAS VI SD NEGERI 091404 PARBALOHAN NAGORI TIGARAS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27218Keywords:
Berbicara, Gambar Berseri, Siswa Kelas IVAbstract
Abstrak Berbicara merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting disamping tiga keterampilan bahasa lainnya, yaitu membaca, menulis, menyimak. Hal ini dikarenakan dengan sesama manusia, menyatakan pendapat, menyampaikan maksud dan pesan, mengungkapkan perasaan dan segala kondisi emosional, dan lain sebagainya. Media gambar berseri adalah simbol yang mengungkapkan pesan tertentu untuk mengungkapkan suatu kehidupan manusia yang mendalam, disajikan secara bersambung atau berkesinambungan. Pada sekolah pengabdian, guru kurang memiliki kreativitas untuk mengembangkan kemampuan berbicara pada siswa. Siswa tidak memiliki kemampuan dalam berbicara, keadaan mitra yang memerlukan bantuan belajar mengajar secara luring dan daring secara intensif demi tercapaianya kemampuan siswa dalam berbicara dan siswa masih kurang maksimal dalam melakukan simulasi berbicara yang sesuai dengan aturan yang berlaku. Demi mendukung sekolah, guru, dan siswa, dalam efektivitas kegiatan pengembangan ketrampilan berbicara, tim pengabdian masyarakat dari Universitas Simalungun membantu dengan memberikan pelatihan berbicara menggunakan media gambar berseri kepada siswa kelas IV SD Negeri 091404 Parbalohan Nagori Tigaras. Tim pengabdian masyarakat akan memberikan arahan dan pengalaman langsung terkait ketrampilan berbicara dengan media gambar berseri serta didukung oleh para dosen PBSI Universitas Simalungun yang memberikan materi teori terkait keterampilan berbicara menggunakan media gambar berseri. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini berupa metode simulasi dan demontrasi. Pelatihan keterampilan berbicara dapat bermanfaat untuk siswa mengembangkan kemampuannya dalam keterampilan berbicara terkhusus dengan media gambar berseri. Berdasarkan pengabdian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa 85% siswa sudah mengalami peningkatan kemampuan berbicara menggunakan media gambar berseri dan sisanya masih sedikit mengalami kendala karena keterbatasan.References
Ali, K. (2017). Peningkatan Keterampilan Siswa Berbicara Melalui Media , Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arief S. Sadiman. 2011. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Henry Guntur Tarigan. 1985. Berbicara : Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Haryadi Zamzani. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Depdikbud Dikti.
Ngalimun dan Noor Alfulaila. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Safangati, Sri. 2015. Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Media Gambar Berseri pada Kelompok A di TK ABA Barahan Galur Kulon Progo. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta (Online), (http://eprints.uny.ac.id)
Saifuddin (2020). .Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Media Gambar . Jakarta : Angakasa Yakarta.
Sri, S. (2018). Peningkatan Kemampuan berbicara Melalui Media. Yogyakarta : Universitas Negri Yogyakarta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta. Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Tarigan, 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa
Tizen, Ella Farida. 2008. Gambar Berseri Sebagai Media Pembelajaran [online]. Tersedia: http://suaraguru.wordpress.com/2015/03/gambar-berseri.html [27 Juli 2018].
Zaman, Badrun, dkk, 2007. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Netti Marini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.