BIMBINGAN KARIR SISWA KELAS XII SMA FRATER MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.33502Keywords:
SMA, Bimbingan, Karir, Minat, BakatAbstract
Siswa SMA terutama siswa kelas XII merupakan Individu yang berada pada fase remaja akhir dan akan masuk fase dewasa awal. Individu yang akan masuk dalam fase dewasa awal salah satu karakteristiknya yaitu individu tersebut mulai terlibat dalam dunia pekerjaan dan karir. Namun pada kenyataanya masih banyak siswa remaja yang akan lulus SMA belum memiliki perencanaan karir yang baik di masa depan. Untuk mengatasi hal ini, pengabdi mengadakan bimbingan karir bagi siswa yang akan segera lulus SMA tersebut. Sasaran kegiatan ini adalah Siswa kelas XII SMA Frater Makassar. Kegiatan dilakukan dengan dua tahap. Tahapan Pertama yakni screening minat dan bakat siswa. Tahapan kedua yaitu bimbingan karir yang dilakukan dengan metode klasikal atau bimbingan kelompok. Target yang ingin dicapai adalah munculnya pemahaman yang baik mengenai perencanaan karir pada siswa kelas XII. Hasil screening bakat menunjukkan bahwa pada tiga aspek bakat yaitu kemampuan administratif dan ketelitian, kemampuan logika dan kemampuan hitungan serta kemampuan berpikir terstruktur tersebar berimbang diantara para siswa. Pada dua aspek bakat berikutnya yaitu kemampuan visual, spasial, serta fleksibilitas berpikir dan kemampuan pengetahuan umum dan bahasa yang dimiliki para siswa belum optimal dan masih terbatas. Tiga minat tertinggi yang dipilih siswa yaitu practical, medical dan outdoor. Terdapat empat dunia kerja teratas yang diminati oleh para siswa yaitu : Kesehatan, Pegawai Kantor, Teknik dan Transportasi. Hasil uji analisis menyimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan rata-rata pemahaman siswa sebelum dan sesudah kegiatan bimbingan kelompok. Saran bagi peneliti berikutnya yaitu memilih metode yang lebih intensif seperti pelatihan perencanaan karir yang lebih lengkap dengan durasi yang optimal agar efektivitas kegiatannya lebih baik.References
Hurlock. E, (2004). Perkembangan Anak. Jakarta : Renika Cipta.
Izzawati, N & Lisnawati (2015) Efektivitas Pelatihan Perencanaan Karir terhadap Peningkatan Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karir. Jurnal Psikologi Tabularasa Volume 10, NO. 1, APRIL 2015: 70 – 88
Jemini Gashi, L., Bërxulli, D., Konjufca, J., & Cakolli, L. (2023). Effectiveness of career guidance workshops on the career self-efficacy, outcome expectations, and career goals of adolescents: an intervention study. International Journal of Adolescence and Youth, 1. https://doi.org/10.1080/02673843.2023.2281421
Kemendikbud, B. (2024). DAYA TAMPUNG Masuk SNPMB. Retrieved July 31, 2024, from https://sidata-ptn-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ptn_sb.php
Lestari, I (2017). Meningkatkan kematangan karir remaja melalui bimbingan karir berbasis life skills, Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 3 No. 1 (Januari-Juni 2017).
Nove, A. H., Basuki, A., & Sunaryo, S. A. I. (2021). Efektivitas teknik diskusi dalam bimbingan kelompok untuk membantu dalam perencanaan karir siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4, 366. https://doi.org/10.29210/143100
Reid, E. R. (2021). Impacts of shortening the length of career guidance: implications for practice, professionalism, service delivery and social justice. British Journal of Guidance & Counselling, 1, 95–109. https://doi.org/10.1080/03069885.2021.1934816
Sharf, R., S. (2002), Applying Career Development Theory to Counseling (Third Edition). Australia: Brooks/Cole.
Supriatna, Mamat & Budiman (2010) Layanan Bimbingan Karier di Sekolah Menengah Kejuruan (ebook). Bandung: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Indonesia.
Surya, M (1992). Psikologi Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung
Thayeb, M. M. (2008). Pengatar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Depdiknas.
Widhiarso, W. (2019). Pembuktian Validitas terkait Struktur Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPS) Universitas Gadjah Mada. Jurnal Psikologi, 2, 145. https://doi.org/10.22146/jpsi.38223
Wirastania, A., Lianawati, A., Hartanti, J., Jannah, A. U., & Arista, B. (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Karier Dalam Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karier Siswa. Kanigara, 2, 328–334. https://doi.org/10.36456/kanigara.v2i2.5759
Zubaidah dkk (2024) Konsep Dasar Tes RMIB Dan Keterkaitannya Dalam Pemilihan Jurusan Pendidikan Lanjutan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol. 1, No. 2 Januari 2024, Hal. 337-345
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alexander Indrakusuma Linggi, Diah Sastaviana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.