PELATIHAN STRATEGI UMPAN BALIK KOREKTIF BAGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEFASIHAN BERBICARA SISWA DI KELAS BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.43181Keywords:
Umpan Balik Korektif, Kefasihan Berbicara, Guru Bahasa InggrisAbstract
Penguasaan keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris merupakan aspek penting dalam pembelajaran bahasa, terutama bagi siswa di tingkat sekolah dasar dan menengah. Salah satu faktor yang memengaruhi perkembangan kefasihan berbicara siswa adalah umpan balik korektif yang diberikan oleh guru. Namun, banyak guru masih mengalami kesulitan dalam menerapkan strategi umpan balik korektif yang efektif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru mengenai strategi umpan balik korektif dalam meningkatkan kefasihan berbicara siswa di kelas bahasa Inggris. Pelatihan ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom pada tanggal 26 Januari 2025 dengan melibatkan 32 orang guru. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup pemaparan materi, diskusi interaktif, dan simulasi penerapan strategi umpan balik korektif. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa para peserta memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang berbagai jenis umpan balik korektif serta cara penerapannya dalam pembelajaran berbicara bahasa Inggris. Diskusi dan evaluasi yang dilakukan setelah pelatihan juga mengindikasikan bahwa guru merasa lebih percaya diri dalam menggunakan strategi ini di kelas mereka. Hasil kegiatan ini menegaskan pentingnya pengembangan kompetensi guru dalam memberikan umpan balik korektif yang efektif guna mendukung perkembangan keterampilan berbicara siswa dalam bahasa Inggris.References
Abdullah, M. A. F., Febrian, W. D., Perkasa, D. H., & Alhazami, L. (2024). Strategies for Utilizing TikTok in Small and Medium Enterprises’ Digital Marketing. Dinasti International Journal of Education Management & Social Science, 6(1).
Ega, T. N., Febrian, W. D., & Yuliana, L. (2025). Implementation of Off The Job Training in Asisi Senior High School Environment. Multidisipliner Knowledge, 3(1), 1–10.
Febrian, W. D. (2024). Strategi Green Human Resource Management dalam Meningkatkan Employer Branding di Era Keberlanjutan. Jurnal Limit Multidisiplin, 1(3), 93–99.
Febrian, W. D. (2025). Model Green Human Resource Management: Concept and Implementing. Siber Journal of Advanced Multidisciplinary, 2(4), 403–416.
Febrian, W. D., Abdullah, M. A. F., & Geni, B. Y. (2024). Determination of Information Technology, Recruitment and Training towards Talent Management. Dinasti International Journal of Education Management & Social Science, 6(1).
Febrian, W. D., Ady, S. U., & Sayidah, N. (2024). The Implementation of Green Human Resource Management (Green HRM) in the Context of Students: Fostering Environmental Awareness in Campus Human Resource Management. Journal of Economics, Management, Entrepreneurship, and Business (JEMEB), 4(2), 322–329.
Febrian, W. D., Nurhayati, L., Yanti, N., Sari, T. N., Wahdaniah, W., Silalahi, M., Sani, I., & Simatupang, S. (2025). Key Performance Indicator Sumber Daya Manusia.
Febrian, W. D., Perkasa, D. H., & Abdullah, M. A. (2024). Interesting in electric vehicle as green transportation to be green innovation. AIP Conference Proceedings, 3213(1).
Febrian, W. D., Sani, I., Purnama, Y. H., & Alhazami, L. (2025). HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KINERJA KARYAWAN DI PERUSAHAAN STARTUP. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 2800–2805.
Febrian, W. D., Sani, I., Sari, O. H., & Abdullah, M. A. F. (2025). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UMKM DI ERA 5. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 2813–2818.
Febrian, W. D., & Sari, O. H. (2024). The Role of Green HRM in Optimizing Management Performance in Umrah Travel Companies: Literature Review in Umrah Travel. Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting (DIJEFA), 5(5).
Febrian, W. D., Subagio, M., Suhendra, A., Syahridhan, S., & Soekirman, A. (2024). Employee Engagement Implementation for Prevent Employee Turnover in Transportation Company. Greenation International Journal of Law and Social Sciences, 2(3), 170–188.
Febrian, W. D., & Sukma, S. R. (2024). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Karyawan Satuan Pengamanan Stasiun Gondangdia). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 2(4), 151–168.
Mulia, D., & Febrian, W. D. (2024). Pengaruh Burnout, Worklife Balance dan Budaya Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (Studi Kasus: PT Tunas Struktur Indonesia). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 2(3), 111–125.
Oktavia, M. P., Febrian, W. D., & Yuliana, L. (2025). Implementation of Off The Job and On The Job Training in Human Resource Planning and Development. Multidisipliner Knowledge, 3(1), 116–124.
Parashakti, R. D., Febrian, W. D., Tarmizi, A., Satria, E., Perkasa, D. H., & Yuliana, L. (2024). The Role of Green Human Resource Management: Analysis of Organizational Culture, Innovation and Leadership. Dinasti International Journal of Education Management & Social Science, 6(1).
Pratiwi, R., Febrian, W. D., Dharmawan, D., Judijanto, L., & Setiawan, R. (2024). Investigation of Employees’ Job Satisfaction Determinants on the Services Realization. Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 8(3), 876–890.
Prayoga, R., Sani, I., Nurwijayanti, K. N., Febrian, W. D., & Suhara, A. (2024). Analysis Effectiveness Sale Using E-Commerce in the Digital Age: A Case Study on Generation Millennials. International Journal of Artificial Intelligence Research, 8(1.1).
Septanto, H., Geni, B. Y., & Febrian, W. D. (2025). Pelatihan Google Workspace, Pengelolaan Web dan Informasi Berbasis Cloud Organisasi Lingkungan Warga Katolik di Poris Residence–Kota Tangerang. Jurnal Karya Untuk Masyarakat, 6(1).
Tarmizi, A., Abdullah, M. A. F., Febrian, W. D., & Perkasa, D. H. (2024). Environmental Awareness, Knowledge, Product Quality and Green Product Purchase Decisions. Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting (DIJEFA), 5(5).
Brown, H. D. (2007). Principles of language learning and teaching (5th ed.). Pearson Education.
Dörnyei, Z. (2005). The psychology of the language learner: Individual differences in second language acquisition. Lawrence Erlbaum Associates.
Ellis, R. (2009). Corrective feedback and teacher development. L2 Journal, 1(1), 3-18.
Farahian, M., & Rezaee, M. (2012). The effect of oral corrective feedback on EFL learners' accuracy over time. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 5370-5374.
Gass, S. M., & Mackey, A. (2006). Input, interaction, and output in second language acquisition. Routledge.
Horwitz, E. K., Horwitz, M. B., & Cope, J. A. (1986). Foreign language classroom anxiety. The Modern Language Journal, 70(2), 125-132.
Li, S. (2010). The effectiveness of corrective feedback in SLA: A meta-analysis. Language Learning, 60(2), 309-365.
Liu, M., & Jackson, J. (2008). An exploration of Chinese EFL learners’ unwillingness to communicate and foreign language anxiety. The Modern Language Journal, 92(1), 71-86.
Lyster, R., & Ranta, L. (1997). Corrective feedback and learner uptake: Negotiation of form in communicative classrooms. Studies in Second Language Acquisition, 19(1), 37-66.
Reinders, H., & Hubbard, P. (2013). CALL and autonomy: Affordances and constraints. CALICO Journal, 31(1), 5-20.
Sheen, Y. (2010). Corrective feedback, individual differences, and second language learning. Springer.
Ziegler, N. (2016). Taking technology to task: Technology-mediated TBLT, performance, and production. Annual Review of Applied Linguistics, 36, 136-163.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhamad Syafii

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.