PELATIHAN MEMBUAT DESAIN GAMBAR DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI AUTOCAD PADA SISWA SEKOLAH TINGKAT SLTA DI PONDOK PESANTREN KHOIRUL UMMAH AIR MOLEK KABUPATEN INDRAGIRI HULU , PROVINSI RIAU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.37309Keywords:
Gambar 2D, Autocad, Menggambar, Teknik sipilAbstract
AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Aplikasi ini digunakan untuk menggambar, mendesain gambar, menguji material dimana program tersebut mempunyai kemudahan dan keunggulan untuk membuat gambar secara tepat dan akurat. AutoCAD banyak digunakan oleh insinyur sipil, land developers, arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan lain-lain. Dalam pengabdian ini, siswa santri ponpes Khoirul ummah diajarkan menggunakan AutoCAD dengan menggunakan software AutoCAD 2016. Kelebihan menggunakan software AutoCAD beberapa diantaranya adalah persiapan menggambar yang singkat dibandingkan dengan menggunakan meja gambar, AutoCAD memiliki yang tingkat akurasi tinggi, waktu penggambaran relative cepat, mudah direvisi karena kita tidak perlu untuk menghapus dan menggambar kembali bagian yang salah tersebut dengan penghapus karena kita langsung bisa menggunakan toolbars yang sudah disediakan pada software tersebut sehingga gambar menjadi rapi dan bersih. Hasil yang didapatkan pada pengabdian ini memberikan keterampilan soft skill bagi siswa sehingga mampu menggunakan aplikasi Autocad sejak dini, juga membangkitkan semangat belajar yang tinggi akan pendalamanan software tersebut. Pengenalan aplikasi ini terkhusus bagi santri ponpes Khoirul Ummah di tingkat SLTA akan menambah wawasan bagi santri tersebut dalam menentukan pilihan ketika mereka akan melanjutkan pendidikan di tingkat universitas nantinya.References
R. D. Atmajayani, “Implementasi Penggunaan Aplikasi AutoCAD dalam Meningkatkan Kompetensi Dasar Menggambar teknik bagi Masyarakat,” Briliant J. Ris. dan Konseptual, vol. 3, no. 2, p. 184, 2018, doi: 10.28926/briliant.v3i2.174.
A. T. Lestari, “MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR KONSTRUKSI DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTOCAD : STUDI TENTANG EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN,” vol. 2, no. 4, pp. 204–209, 2024.
M. Dawolo, Y. Zebua, A. Telaumbanua, and E. B. Harefa, “Pengembangan Modul Pembelajaran AutoCAD pada Mata Pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung di SMK Negeri 1 Lotu,” vol. 4, no. 4, pp. 1997–2008, 2024.
V. Nomor, T. Online, A. Saepudin, A. Dharmanto, H. Sholih, and M. A. Pahmi, “Pelatihan dasar AutoCAD bagi siswa dan siswi di lingkungan SMK 2 Muhammadiyah Cileungsi dan dalam Ujian ( Abdulwahab and Usman 2014 ). edukasi ke siswa dan siswi di lingkungan SMK 2 Muhammadiyah Cileungsi,” vol. 4, no. April, pp. 36–47, 2024.
A. R. Suharso and W. A. Putranto, “Pelatihan Penggunaan Software AutoCad untuk Siswa SMA Pendahuluan,” vol. 7, pp. 54–62, 2023, doi: 10.51454/amaliah.v7i2.978.
Y. S. Hadiwidodo and A. Ismail, “Analisis Tingkat Kepuasan Peserta Pelatihan AutoCAD Online untuk Pengabdian Masyarakat Terdampak Covid-19 dengan Metode Kirkpatrick Level I,” vol. 5, no. 4, pp. 1065–1076, 2020.
A. Kelas, X. I. Di, and S. Jakarta, “Identifikasi Kemampuan Kognitif Siswa Dalam Hasil Belajar Autocad Kelas Xi Di Smkn 56 Jakarta,” vol. 8, no. 2, 2019.
A. Yani, R. Ratnawati, and Y. H. Anoi, “Pengenalan Dan Pelatihan Autocad Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Smk Nusantara Mandiri Kota Bontang,” J. Pendidik. dan Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 2, 2020, doi: 10.29303/jppm.v3i2.1861.
Kristanto, Y. 2007. Mahir dalam 5 Hari AutoCAD 2D Untuk Teknik Mesin. Yogyakarta: Andi Offset
Suparno, Sastra M. 2006. Menjadi Desainer Profesional Dengan AutoCAD. Yogyakarta: Andi Offset
Sukarno, R., Sugita, I.W. and Syaefudin, E.A. (2014). Pelatihan Dasar-Dasar CAD/CAM/CAE Dan Software AutoCAD untuk guru-guru SMK Bidang Keahlian Teknik Mesin di Wilayah Kabupaten Bekasi’, Sarwahita, 11(2), p. 122. doi:10.21009/sarwahita.112.10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Yazid, Rizki Ramadhan Husaini, Rahmat Tisnawan, Salamun Salamun, Suci Shinta Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.