EFEKTIVITAS GAMBAR BERWARNA DAN GAMBAR HITAM PUTIH DALAM MELATIH DAYA INGAT SISWA KELAS V SDN 09 TANJUNG BATU

Authors

  • Desy Arisandy Universitas Bina Darma
  • Kadek Putri Karisma Dewi Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.40724

Keywords:

Daya Ingat, Gambar Berwana, Gambar Hitam Putih, Sdn 09 Tanjung batu

Abstract

Pendidikan pada dasarnya adalah proses transfer ilmu dan pengetahuan yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi akademik individu. Transfer ilmu dapat dilakukan dengan mengungkapkan kembali informasi yang didapatkan dari pendidik atau guru kepada individu lain hal ini karena memori jangka pendek pada otak bekerja dengan baik memproses informasi yang didapatkan. metode yang digunakan yaitu observasi, simulasi game, Pre-test dan Post-test. Hasil dari pengabdian Masyarakat dilakukan didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh warna terhadap daya ingat memori jangka pendek. Warna dapat meningkatkan kemampuan mengingat siswa dilihat dari data yang menyatakan bahwa terdapat peningkatan dari pre-test dengan post-test yang dilakukan. Kelompok yang menggunakan gambar hitam putih menunjukkan kenaikan yang lebih tinggi dalam presentase nilai (61,68), sementara kelompok yang menggunakan gambar berwarna menunjukkan nilai post-test yang lebih tinggi secara absolut (100), meskipun kenaikan presentasenya hanya 21,65%.

References

Cone, J. D. (1999). Observational assessment: Measure development and research issues. Dalam P. C. Kendall, J. N. Butcher, & G. N. Holmbeck (Eds.), Handbook of research methods in clinical psychology (hlm. 183-223). New York: Wiley.

Eka Damayanti, N. A. (2020). Penggunaan Warna terhadap Memori Jangka Pendek: Pendekatan Biopsikologi dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 99-111.

Harianti, W. S. (2021). PENGARUH PERSEPSI WARNA TERHADAP MEMORI JANGKA PENDEK. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 75-84.

Khufairotul Abidah, A. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Warna Terhadap Short Term Memory untuk. 96-103.

Muhamad Yusup Kurniansyah, H. M. (2024). Penggunaan Media Gambar untuk Mengetahui Motivasi. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1-17. Nurfitriany Fakhri, A. A. (2024). PENGARUH PERSEPSI WARNA TERHADAP MEMORI JANGKA PENDEK. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5374-5382.

R, S. (2021). Peran Mahasiswa Dalam Pengabdian Masyarakat di Desa Tanjung Baru. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 45-60.

Salim, A. (2023). EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ISTIQAMAH TIMBUSENG KABUPATEN GOWA. Skripsi, 1-121.

Satriadi, S. N. (2024). PERAN WARNA DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK VISUAL. Jurnal Seni Rupa dan Desain, 126-134. Tri Nola Mulfiani, S. I. (2020). EFEKTIVITAS PERMAINAN TEKA TEKI SILANG MODIFIKASI TERHADAP. Jurnal Pendidikan Tambusai, 287- 291.

Downloads

Published

2025-03-11

How to Cite

Arisandy, D., & Dewi, K. P. K. (2025). EFEKTIVITAS GAMBAR BERWARNA DAN GAMBAR HITAM PUTIH DALAM MELATIH DAYA INGAT SISWA KELAS V SDN 09 TANJUNG BATU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 1821–1826. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.40724

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.