PELATIHAN MOTIVASI SISWA UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE JENJANG PERGURUAN TINGGI
Keywords:
PKM, Motivasi, Pendidikan.Abstract
Dalam rangka pelaksannan PKM mahasiswa dituntut untuk meningkatkan rasa kepekaannnya kepada siswa dan menganalisis apa saja yang terjadi pada siswa. Disini mahasiswa dengan tanggap dapat mengamati secara jelas bahwa di sekolah SMK Swasta Bersama ini masih banyak di dapati siswa SMK yang tidak berminat secara langsung untuk melanjutkan sekolahnya dengan berbagai alasan, mayoritas alasana utamanya adalah alasan ekonomi. Maka dari itu sebagai peran mahasiswa untuk mrningkatkan dan mengembangkan kualitas siswa memiliki solusinya yaitu dengan cara sosialisasi secra langsung ke sekolah SMK Swata Bersama yang ada di desa Simpang Ujung Aji Berastagi. Sehingga di harapkan nantinya dapat meningkatkan motivasi, keinginan para siswa untuk belajar melanjutkan pendidikannnya ke jenjang yanglebih tinggi, pada akhirnya dapat meninggkatkan daya saing di dunia pekerjaan maupun wirausaha yang akan berimbas pada perekonomian kehidupan dimasa yang akan datang.References
Melanjutkan, A., Kasar, A. P., Selatan, K., Pengabdian, K., & Kunci, K. (2022). Peningkatan Motivasi Siswa Untuk Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Amalia Rahmawati. 4, 71–74.
Maryam Muhammad. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. LantanidaJournal,4(2),90.https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/lantanida/article/download/1881/1402%0Ahttps://med ia.neliti.com/media/publications/287678-pengaruh-motivasi-dalam- pembelajaran-dc0dd462.pdf
Rorlen, R., Tjokrosaputro, M., Henny, H., & Jonnardi, J. (2021). Motivasi Untuk Meningkatkan Minat Kuliah Bagi Siswa Sma Binaan Asak Sathora Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia,4(2),182–191. https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i2.12518
Sedyati, R. N. (2022). Perguruan tinggi sebagai agen pendidikan dan agen pertumbuhanekonomi.16,155–160. https://doi.org/10.19184/jpe.v16i1.27957
Farwitawati,R dan Masirun (2021) Menumbuhkan Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggisiswa Sekolah Menengah Kejuruan (Smk)Perpajakan, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 2, No. 1 Januari 2021, Hal. 21-26
Andanawari, A. G. (2010) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi dengan Menggunakan Regresi Logistik (Studi Kasus : Minat Siswa SMU/sederajat di Kabupaten Garut terhadap Perguruan Tinggi. Tesis. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Arsyad, M (2015) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Dalam Jurnal Mahasiswa BK An-Nur. Hal 1- 8 Banjarmasin : FKIP Universitas Islam Kalimantan.
Berita Resmi Statistik Badan Pusat Statistik Kota Semarang No. 33740.1642 Tentang Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Semarang Tahun 2015.
Chen, Ang, & Darst, Paul W. 2013.Situational Interest in Physical Education: A Function of Learning Task Design. Journal of Commerce Study. London: Department of Exercise Science and Physical Education, Arizona State University.
Data Pokok Sekolah Menengah Kejuruan.tersedia: http://datapokok.ditpsmk.net (diaksespada 10 April 2017).
Dalyono (2012) Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali (2007) Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Deci, Edward L, dkk (2011) Motivation and Education: The Self-Determination Perspective. Journal of Educational Psychologist. London: Department of Psychology, University of Rochester.
Ghozali, I. (2011) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lolyta Damora Simbolon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.