PENGUATAN PENDIDIKAN NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPQ NURUL HUDA SUMBER TUMPUK GUNUNG GANGSIR BEJI PASURUAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.32234Keywords:
Pendidikan Nilai Agama Moral, Pembelajaran, Al-Qur’anAbstract
Selama ini pembelajaran membaca al-Qur’an di TPQ Nurul Huda sudah berjalan baik sesuai dengan petunjuk dan panduan yang terdapat di dalam buku metode qiroati itu sendiri. Namun pendidikan nilai agama dan moral yang semestinya bisa dilakukan (disisipkan dan diintegrasikan) melalui pembelajaran al-Qur’an ternyata belum terlaksana secara intens sehingga nilai agama dan moral pada sebagain kecil santri masih perlu perhatian dan pembinaan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masayarakat di TPQ Nurul Huda Dusun Sumber Tumpuk Desa Gunung Gangsir Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang penguatan pendidian nilai agama dan moral dalam pembelajaran al-Qur’an. Metode yang digunakan adalah mengumpulkan para guru TPQ Nurul Huda, kemudian diberikan penyuluhan tentang penguatan pendidikan nilai agama dan moral dalam pembelajaran al-Qur’an. Penyuluhan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan evaluasi. Tingkat pengetahuan responden dapat diketahui dengan dilakukan pre test sebelum kegiatan dan post tes sesudah kegiatan. Hasil kegiatan ini adalah adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang penguatan pendidikan nilai agama dan moral dalam pembelajaran al-Qur’an. Hasil luaran dari kegiatan ini adalah laporan yang akan dipublikasikan di jurnal nasional atau prosiding nasional, hak kekayaan intelektual, video kegiatan (youtube), dan media massa online atau offline, dan peningkatan pengetahuan dan pemahaman responden serta perubahan perilaku.References
Aat Syafaat, Sohari Sahrani, dan Muslih. 2008. Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Aprida, Siti Nurul. 2022. Implementasi Pembelajaran al-Qur’an terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, Jurnal PAUD Vol 6 No 4. (2462-2471)
Daradjat, Zakiah dkk. 2004. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Daradjat, Zakiah. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Karima, Nisa Cahaya. 2022. Pentingnya Penanaman Nilai Agama dan Moral terhadap Anak Usia Dini (Yinyang Jurnal Studi Islam, Gender dan Anak Vol 17 No 2
Minsih, & Wulandari, M.D. 2012. Pendidikan Karakter berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Membentuk Kemandirian Siswa SD Muhammadiyah Program Khusus Kota Surakarta. Varia Pendidikan, 24(1), 66–72.
Putri Liana, Sahri. 2020. Taman Pendidikan al-Quran sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak di Desa Semawot. Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang TAMAN, 8(2), 164–181.
Purba, Erna. 2013. Skripsi Peningkatan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 4-6 Tahun, (PG-PAUD FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak.
Raidatul Saptrians, Musdalifah Kadir. (2022). Peran TPQ dalam pembentukan akhlakul karimah pada anak usia 7-9 tahun. EDUCANDUM, 8(1), 39–49.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT INDEKS
Zulaikhah, Siti. 2013. Urgensi Pembinaaan Akhlak bagi Anak-Anak Pra Sekolah (Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol 8, No. 2 tahun 2013
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nanang Rokhman Saleh, Muhammad Syaikhon

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.