PENGUATAN PENDIDIKAN NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPQ NURUL HUDA SUMBER TUMPUK GUNUNG GANGSIR BEJI PASURUAN

Authors

  • Nanang Rokhman Saleh Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Muhammad Syaikhon Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.32234

Keywords:

Pendidikan Nilai Agama Moral, Pembelajaran, Al-Qur’an

Abstract

Selama ini pembelajaran membaca  al-Qur’an di TPQ Nurul Huda sudah berjalan baik sesuai dengan petunjuk dan panduan yang terdapat di dalam buku metode qiroati itu sendiri. Namun pendidikan nilai agama dan moral yang semestinya bisa dilakukan (disisipkan dan diintegrasikan) melalui pembelajaran al-Qur’an ternyata belum terlaksana secara intens sehingga nilai agama dan moral pada sebagain kecil santri masih perlu perhatian dan pembinaan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melaksanakan  kegiatan pengabdian kepada masayarakat di TPQ Nurul Huda Dusun Sumber Tumpuk Desa Gunung Gangsir Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang penguatan pendidian nilai agama dan moral dalam pembelajaran al-Qur’an. Metode yang digunakan adalah mengumpulkan para guru TPQ Nurul Huda, kemudian diberikan penyuluhan tentang penguatan pendidikan nilai agama dan moral dalam pembelajaran al-Qur’an. Penyuluhan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan evaluasi. Tingkat pengetahuan responden dapat diketahui dengan dilakukan pre test sebelum kegiatan dan post tes sesudah kegiatan. Hasil kegiatan ini adalah adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang penguatan pendidikan nilai agama dan moral dalam pembelajaran al-Qur’an. Hasil luaran dari kegiatan ini adalah laporan yang akan dipublikasikan di  jurnal nasional atau prosiding nasional, hak kekayaan intelektual, video kegiatan (youtube), dan  media massa online atau offline, dan peningkatan pengetahuan dan pemahaman responden serta perubahan perilaku.

References

Aat Syafaat, Sohari Sahrani, dan Muslih. 2008. Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Aprida, Siti Nurul. 2022. Implementasi Pembelajaran al-Qur’an terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, Jurnal PAUD Vol 6 No 4. (2462-2471)

Daradjat, Zakiah dkk. 2004. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Daradjat, Zakiah. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Karima, Nisa Cahaya. 2022. Pentingnya Penanaman Nilai Agama dan Moral terhadap Anak Usia Dini (Yinyang Jurnal Studi Islam, Gender dan Anak Vol 17 No 2

Minsih, & Wulandari, M.D. 2012. Pendidikan Karakter berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Membentuk Kemandirian Siswa SD Muhammadiyah Program Khusus Kota Surakarta. Varia Pendidikan, 24(1), 66–72.

Putri Liana, Sahri. 2020. Taman Pendidikan al-Quran sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak di Desa Semawot. Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang TAMAN, 8(2), 164–181.

Purba, Erna. 2013. Skripsi Peningkatan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 4-6 Tahun, (PG-PAUD FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak.

Raidatul Saptrians, Musdalifah Kadir. (2022). Peran TPQ dalam pembentukan akhlakul karimah pada anak usia 7-9 tahun. EDUCANDUM, 8(1), 39–49.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT INDEKS

Zulaikhah, Siti. 2013. Urgensi Pembinaaan Akhlak bagi Anak-Anak Pra Sekolah (Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol 8, No. 2 tahun 2013

Downloads

Published

2025-02-11

How to Cite

Saleh, N. R., & Syaikhon, M. (2025). PENGUATAN PENDIDIKAN NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPQ NURUL HUDA SUMBER TUMPUK GUNUNG GANGSIR BEJI PASURUAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 1251–1256. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.32234

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.