PENERAPAN LATIHAN GOAL SETTING PADA GURU PENJAS DI SD NEGERI 179 KOTA PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40304Keywords:
Penerapan, Latihan Goal Setting, Guru PenjasAbstract
Banyak ragam gangguan yang muncul dan menarik perhatian siswa, sehingga kemungkinan besar dapat mengganggu daya kosentrasi siswa dalam beraktivitas serta kurangnya motivasi siswa dalam menampilkan performa pembelajaran Pendidikan Jasmani, Berdasarkan fenomena dari rendahnya motivasi belajar, maka guru pendidikan jasmani sebagai orang yang bertanggungjawab bagi peningkatan keterampilan siswa perlu menumbuhkan motivasi belajar yang dimiliki masing-masing siswa atau individu maupun secara kelompok melalui pelatihan Goal Setting. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi mitra dari kesepakatan tim pengabdian Kepada Masyarakat solusi yang ditawarkan adalah (1) siswa mampu menemukan pandangan terkait apa yang ingin menjadi tujuan di masa depan, (2) Menguatkan Kepercayaan diri, dan akan membuat siswa sukses dan memberikan game serta subjek diminta untuk menuliskan tujuan yang ingin dicapainya. Setelahnya baru membuat pohon harapan kegiatan yang positif yang akan dilakukan siswa sehari-hari. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu Ceramah, Demonstrasi, Diskusi, dan Evaluasi. Hasil dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut, para peserta mendapatkan dan meningkatnya pengetahuan tentang peran latihan goal setting serta mendapatkan cara-cara yang dapat dilakukan dalam proses belajar mengajar sehingga tidak terjadi kebosanan.References
Subarjah H. Hasil Belajar Keterampilan Bermain Bulutangkis Studi Eksperimen Pada Siswa Diklat Bulutangkis FPOK-UPI. J Cakrawala Pendidik [Internet]. 2017;3. Available from: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.361%0A
Agustan, B., & Hidayat AR. Play Teach Play: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Passing Futsal. Phys Act Journal, [Internet]. 2021;2(2):159. Available from: https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.3875%0A
Latif, M., Faozi, F., Bakhri, R. S., Harja, F., & Listiandi AD. Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Minat Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sman 1 Cikembar. r Phys Act Journal, [Internet]. 2019;1(1):82. Available from: https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.2005
Hapsari, W., Haryanti, K., & Prianjani G. Efektivitas Pelatihan Goal Setting Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Remaja Panti Asuhan. 2020.
Zakariyya F. Goal setting sebagai variabel prediktor orientasi masa depan pada siswa SMP. J Ilm Psikol [Internet]. 2020;2(1):17–24. Available from: https://jurnalunibi.unibi.ac.id/ojs/index.php/JIPSI/article/view/301/270
Locke, E. A., & Latham GP. New directions in goal-setting theory. Curr Dir Psychol Sci [Internet]. 2006;15(5):265–268. Available from: https://doi.org/10.1111/j.14678721.2006.00449.x
Rowe, D. A., Mazzotti, V. L., Ingram, A., & Lee S. Effects of Goal-Setting Instruction on Academic Engagement for Students At Risk. sage Journals [Internet]. 2017;40(1). Available from: https://doi.org/10.1177/2165143416678175
Kuan, G., & Roy J. Goal profiles, mental toughness and its influence on performance outcomes among Wushu athletes. J Sport Sci Med. 2007;6((CSSI-2)):28–33.
Kamnuron, A., Hidayat, Y., & Nuryadi N. Perbedaan Kepercayaan Diri Pada Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga. Phys Act Journal, [Internet]. 2020; Available from: https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2394%0A
Juliantine, T., Subroto, T., & Yudiana Y. Model-model Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: FPOK UPI Bandung.; 2013.
Locke, E. A., & Latham GP. Building a practically useful theory of goal setting and task motivation: A 35-year odyssey. Am Psychol [Internet]. 2002;57(9):705–717. Available from: https://doi.org/10.1037/0003-066X.57.9.705
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alficandra Alficandra, Raihanatu Binqalbi Ruzain, M. Fransazeli Makarohim, Arsy Ash Shiddiqy, Al Hilal hamdi, Liza Febrianty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.