PENERAPAN LATIHAN GOAL SETTING PADA GURU PENJAS DI SD NEGERI 179 KOTA PEKANBARU

Authors

  • Alficandra Alficandra Universitas Islam Riau
  • Raihanatu Binqalbi Ruzain Universitas Islam Riau
  • M. Fransazeli Makarohim Universitas Islam Riau
  • Arsy Ash Shiddiqy Universitas Islam Riau
  • Al Hilal hamdi Universitas Islam Riau
  • Liza Febrianty Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40304

Keywords:

Penerapan, Latihan Goal Setting, Guru Penjas

Abstract

Banyak ragam gangguan yang muncul dan menarik perhatian siswa, sehingga kemungkinan besar dapat mengganggu daya kosentrasi siswa dalam beraktivitas serta kurangnya    motivasi    siswa    dalam menampilkan   performa pembelajaran   Pendidikan   Jasmani, Berdasarkan  fenomena  dari  rendahnya  motivasi  belajar,  maka  guru  pendidikan jasmani sebagai orang yang bertanggungjawab bagi peningkatan keterampilan siswa perlu menumbuhkan  motivasi belajar yang  dimiliki  masing-masing  siswa  atau  individu  maupun secara kelompok melalui pelatihan Goal Setting. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi mitra dari kesepakatan tim pengabdian Kepada Masyarakat solusi yang ditawarkan adalah (1) siswa  mampu menemukan pandangan terkait apa yang ingin menjadi tujuan di masa depan, (2) Menguatkan Kepercayaan diri, dan akan membuat siswa sukses dan memberikan game serta subjek diminta untuk menuliskan tujuan yang ingin dicapainya. Setelahnya baru membuat pohon harapan kegiatan yang positif yang akan dilakukan siswa sehari-hari. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu Ceramah, Demonstrasi, Diskusi, dan Evaluasi. Hasil dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut, para peserta mendapatkan dan meningkatnya pengetahuan tentang peran latihan goal setting serta mendapatkan cara-cara yang dapat dilakukan dalam proses belajar mengajar sehingga tidak terjadi kebosanan.

References

Subarjah H. Hasil Belajar Keterampilan Bermain Bulutangkis Studi Eksperimen Pada Siswa Diklat Bulutangkis FPOK-UPI. J Cakrawala Pendidik [Internet]. 2017;3. Available from: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.361%0A

Agustan, B., & Hidayat AR. Play Teach Play: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Passing Futsal. Phys Act Journal, [Internet]. 2021;2(2):159. Available from: https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.3875%0A

Latif, M., Faozi, F., Bakhri, R. S., Harja, F., & Listiandi AD. Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Minat Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sman 1 Cikembar. r Phys Act Journal, [Internet]. 2019;1(1):82. Available from: https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.2005

Hapsari, W., Haryanti, K., & Prianjani G. Efektivitas Pelatihan Goal Setting Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Remaja Panti Asuhan. 2020.

Zakariyya F. Goal setting sebagai variabel prediktor orientasi masa depan pada siswa SMP. J Ilm Psikol [Internet]. 2020;2(1):17–24. Available from: https://jurnalunibi.unibi.ac.id/ojs/index.php/JIPSI/article/view/301/270

Locke, E. A., & Latham GP. New directions in goal-setting theory. Curr Dir Psychol Sci [Internet]. 2006;15(5):265–268. Available from: https://doi.org/10.1111/j.14678721.2006.00449.x

Rowe, D. A., Mazzotti, V. L., Ingram, A., & Lee S. Effects of Goal-Setting Instruction on Academic Engagement for Students At Risk. sage Journals [Internet]. 2017;40(1). Available from: https://doi.org/10.1177/2165143416678175

Kuan, G., & Roy J. Goal profiles, mental toughness and its influence on performance outcomes among Wushu athletes. J Sport Sci Med. 2007;6((CSSI-2)):28–33.

Kamnuron, A., Hidayat, Y., & Nuryadi N. Perbedaan Kepercayaan Diri Pada Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga. Phys Act Journal, [Internet]. 2020; Available from: https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2394%0A

Juliantine, T., Subroto, T., & Yudiana Y. Model-model Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: FPOK UPI Bandung.; 2013.

Locke, E. A., & Latham GP. Building a practically useful theory of goal setting and task motivation: A 35-year odyssey. Am Psychol [Internet]. 2002;57(9):705–717. Available from: https://doi.org/10.1037/0003-066X.57.9.705

Downloads

Published

2025-01-09

How to Cite

Alficandra, A., Ruzain, R. B., Makarohim, M. F., Shiddiqy, A. A., hamdi, A. H., & Febrianty, L. (2025). PENERAPAN LATIHAN GOAL SETTING PADA GURU PENJAS DI SD NEGERI 179 KOTA PEKANBARU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 350–353. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40304

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.