PELATIHAN PENGUATAN MATERI DATA DAN PELUANG UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA PPG MATEMATIKA

Authors

  • Suci Charolina Universitas Pendidikan Indonesia
  • Raden Arsyilia Putri Makin Nabila Universitas Pendidikan Indonesia
  • Intan Nurlianti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sinitta Marito Simanjuntak Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rita Anggraeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yarits Hanifan Fakhruddin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Maulana Al Aziz Harahap Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42156

Keywords:

Data dan Peluang, Kompetensi, Pelatihan

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas memerlukan guru yang kompeten dan profesional. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, terutama bagi mahasiswa PPG yang akan mengajar di sekolah, diperlukan pelatihan penguatan materi matematika. Hal ini penting karena mahasiswa PPG memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang beragam, sehingga mereka perlu memperkuat pemahaman terhadap materi penting dalam kurikulum, salah satunya adalah Data dan Peluang. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penguatan materi Data dan Peluang kepada mahasiswa PPG Matematika Universitas Pendidikan Indonesia. Metode pelatihan yang digunakan meliputi ceramah, tanya jawab, dan latihan soal, yang disampaikan secara daring melalui platform Zoom. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diajarkan, dengan nilai N-gain sebesar 0,51 yang tergolong dalam kategori sedang. Meskipun demikian, pelatihan daring ini dihadapkan pada beberapa kendala, seperti gangguan jaringan yang mempengaruhi fokus peserta.

References

Arlavinda, V., & Pujiastuti, H. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP pada Masa COVID-19. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(2), 45–54.

Hija, A., Nirawati, R., & Prihatiningtyas, N. C. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Peluang Kelas X MIPA. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1).

Lembang, F. K., Rahakbauw, D. L., Lewaherilla, N., Waliulu, M. Z., & Radjid, S. (2021). Pelatihan Pembelajaran Statistika dan Peluang dengan Microsoft Excel untuk Peningkatan Kompetensi Guru Matematika SMA. Jurnal E-Dimas, 12(2).

Nugraha, Y., Putrawangsa, S., & Syawahid, M. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru Matematika Melalui Pelatihan Penguatan Materi Matematika Di Madrasah Ibtidiyah Se-Kecamatan Jonggat Lombok Tengah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1).

Priwantoro, S. W., Fahmi, S., & Ariesta, D. (2019). Pelatihan Peningkatan Kemampuan It Bagi Guru Matematika Menggunakan Geogebra. Jurnal Terapan Abdimas, 4(2).

Purwadi, J., & Thobirin, A. (2019). Peningkatan kapasitas profesionalisme guru matematika SMA/SMK/MA Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3).

Putridayani, I. B., & Chotimah, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang. Jurnal Maju, 7(1).

Rahmi, F., Iltavia, & Zarista, R. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berorientasi Matematika Realistik untuk Membangun Pemahaman Relasional pada Materi Peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(03), 2869–2877.

Sembiring, D. A. K., Raja, N. R. L., Rosiyanti, & Toam, A. (2024). Transisi Motivasi Belajar Siswa Kala Dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Idaarah, 8(1).

Septy, L., Hartono, Y., & Putri, R. I. I. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Komik pada Materi Peluang di Kelas VIII. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2).

Setiani, N., Roza, Y., & Maimunah. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematis Materi Peluang Pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2286–2297.

Suharsono, A., Wibawati, Mashuri, M., & Khusna, H. (2023). Pelatihan Pembelajaran Statistika untuk Peningkatan Kompetensi Guru Matematika di Kabupaten Sumenep. Sewagati, 7(5), 672–681.

Trinofita, B., Haji, S., & Zamzaili. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Google Meet Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(3), 1–9.

Turmudi. (2008). Matematika Eksploratif dan Investigatif. Leuser.

Yanti Sinaga, N., Siagian, M. V, & Marhamah Hasibuan, A. (2021). Kesulitan Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Peluang. In Bulletin of Mathematics and Mathematics Education (Vol. 1, Issue 1).

Downloads

Published

2025-01-26

How to Cite

Charolina, S., Nabila, R. A. P. M., Nurlianti, I., Simanjuntak, S. M., Anggraeni, R., Fakhruddin, Y. H., & Harahap, M. A. A. (2025). PELATIHAN PENGUATAN MATERI DATA DAN PELUANG UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA PPG MATEMATIKA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 902–909. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42156

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.