PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, DAN KUALITAS SARANA PRASARANA TERHADAP MUTU SEKOLAH PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN KEDUNGTUBAN KABUPATEN BLORA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34195Keywords:
Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional Guru, Kulaitas Sarana Prasarana, Mutu SekolahAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah kenyataan yang menunjukkan mutu sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban masih rendah. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional Guru dan Kualitas Sarana Prasana merupakan faktor yang mempengaruhi mutu sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ex post facto. Uji hipotesis meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap mutu sekolah dasar yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana Y= 4,714 + 0,966X1. dengan kontribusi sebesar 98,8%; (2) terdapat pengaruh kompetensi profesional guru terhadap mutu sekolah dasar yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana Y= 4,479 + 0,674X2, dengan kontribusi sebesar 98,8%; (3) terdapat pengaruh kualitas sarana prasarana terhadap mutu sekolah yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana Y= 0,228+0,996X3 dengan kontribusi sebesar 96,1%; dan (4) terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah kompetensi profesional guru dan kualitas sarana prasarana secara bersama-sama terhadap mutu sekolah dasar yang dinyatakan dengan persamaan regresi ganda Y= 2,866+0,497X1+0,210X2+0,181X3 dengan kontribusi sebesar 99,1%.References
Ahmad, Dzaujak. 1996. Penunjuk Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdikbud
Anwar, Khoirul, Mochammad Hendrik, Yaredi Waruwu, Suyitno Suyitno, dan Citra Dewi. 2022. “Pengaruh Sarana Prasarana Pendidikan Dan Kompetensi Guru Terhadap Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Kejuruan”. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya 5 (3), 413-26
Arikunto, S. 2021. Manajemen Pengajaran Secara Manusia. Jakarta: Rineka Cipta
Bafadal, Ibrahim. 2014. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta : Bumi. Aksara
Danim, S. 2009. Menjadi Komunitas Pembelajar Kepemimpinan Transformasional Dalam Komunitas Organisasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Depdiknas. 2007. Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas
Fauzan, Ahmad. 2016. Artikel: Diktat Modul 4 Evaluasi Pembelajaran (Program Pasca sarjana Universitas Negeri Padang)
Kesuma, I. W., & Supartha, I. G. 2016. Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasional dengan mediasi organizational citizenship behavior dan kepuasan kerja. Jurnal Manajemen Unud, 10(3), 3677-3705.
Mutohar, P. M. 2014. Manajemen Mutu Sekolah: Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Robbins, Stephen P dan Judge, Timothy A. 2013. Organizational Behavior, (Terjemahan Ratna Saraswati dan Fabriella Sirait). Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Suwatno. 2019. Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta
Suyanto dan Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga
Syafaruddin, dkk. 2016. Administrasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing
Usman, Moh. Uzer. 2016. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Yembise, Yohana Susana. 2018. Kepemimpinan Perempuan di Desa (Modul Jilid 1), Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yuni Lustiawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.