KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA

Authors

  • Semoyati Semoyati Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Usman Radiana Universitas Tanjungpura Pontianak.
  • Nuraini Asriati Universitas Tanjungpura Pontianak.

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43739

Keywords:

Transformational leadership

Abstract

Administrasi sekolah adalah proses bekerja sama dengan sumber daya yang ada. Kepemimpinan transformasional adalah pemimpin yang memiliki visi dan misi untuk masa depan serta memengaruhi orang-orang yang dipimpinnya untuk melakukan perubahan dengan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kepemimpinan transformasional dalam mengelola administrasi sekolah di SMA Negeri 1 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data mengimplementasikan model Miles dan Huberman, yaitu analisis data dilakukan secara berurutan dimulai dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Teknik pemeriksaan validitas data menggunakan triangulasi dan member checks. Temuan dalam penelitian ini adalah (1) Gaya karismatik memengaruhi warga sekolah dalam mengelola administrasi sekolah. (2) Gaya inspirasional mampu mengarahkan guru dan staf administrasi untuk mencapai tujuan bersama. (3) Gaya perhatian menjadikan sekolah sebagai tempat aktualisasi diri. (4) Gaya stimulus intelektual mendorong warga sekolah untuk berpikir kritis dan kreatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Gaya karismatik mampu mengarahkan warga sekolah. (2) Gaya inspirasional mampu menginspirasi warga sekolah. (3) Gaya perhatian individu dari kepemimpinan memberikan perhatian khusus kepada warga sekolah. (4) Gaya stimulus intelektual mampu merangsang warga sekolah dalam mengelola administrasi.

References

Adamy, M. (2016). Manajemen sumber daya manusia:teori, praktik dan penelitian. Malang: Unimal Press.

Afifuddin dan Beni A. S. (2018). Metode penelitian kualitatif. Cetakan ke-3. Bandung: Pustaka Setia.

Anwar, M. I. (2013). Administrasi pendidikan dan manajemen biaya pendidikan. Cet. ke-2. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktk. Cetakan ke-15. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Badrudin. (2015). Dasar-dasar manajemen. cetakan ke-3. Bandung: Alfabeta.

Bass, B. M. dan Ronald, E. R. (2006). Transformational leadership-2nd ed. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Bendre, P.M. (2014). Principles of management. Diunduh dari https://www.Pdfdri ve.com/principlesof-management-extra-incomed17852997.html

Bogdan, R. C. dan Biklen, S. K. (2007). Qualitative research for education: An introduction to theories and methods. Boston: Pearson Education.

Buseri, K. (2017). Administrasi dan manajemen pendidikan islam (paradigma, teori dan aplikasi). Sleman: Aswaja Pressindo.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approachs: 4th ed. Washington: Sage.

Danim, S. (2013). Penelitian kualitatif. cetakan ke-2. Bandung: Pustaka Setia.

Hartog, D. N. & Belschak, F. D. (2012). When does transformational leadership enhance employee proactive behavior? The role of autonomy and role breadth self-efficacy. Journal of Applied Psychology, 97, 194e202. DOI: 10.1037/ a0024903.

Hidayat, A. dan Machali, I. (2012). Pengelolaan pendidikan: Konsep, prinsip dan aplikasi dalam mengelola sekolah dan madrasah. Yogyakarta: Kaukaba.

Insan, N. (2019). Kepemimpinan transformasional:suatau kajian empiris di perusahaan. Bandung: Alfabeta.

Iqbal, M. (2021). Kepemimpinan transformasional dalam upaya pengembangan sekolah/madrasah. Pionir: Jurnal Pendidikan VOLUME 10 NO 3 2021 P-ISSN 2339-2495/ EISSN 2549-6611. Diunduh dari: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/issue/view/881.

Iswan. (2018). Administrasi dan manajemen pendidikan. Depok: Rajawali Press.

Johnson, R. B., & Christensen, L. (2014). Educational research fifth edition. London: SAGE Publication.

Leavy, P. (2017). Research design. New York: The Guilford Press.

Miles, M. B. dan Huberman, A. M. (2014). Qualitative data analysis: a methods sourcebook: third edition. Arizona: SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. Cet ke-40. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Purwanto, M. N. (2019). Administrasi dan supervisi pendidikan. Cet. ke-25. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Qori, H.L.A. (2013). Kepemimpinan karismatik versus kepemimpinan transformasional. Analisa, Vol. 1, No. 2, Agustus 2013: 70–77. Diunduh di https://www.academia.edu /9567435/KEPEMIMPINAN_KARISMATIK_VERSUS_KEPEMIMPINAN_TRANSFORMASIONAL.

Robbins, S. P. dan Coulter, M. (2012). Management: 11th ed. New Jersey: Prentice Hall.

Robbins, S. P. dan Judge, T. A. (2014). Essentials of organizational behavior twelfth edition. New Jersey: Pearson Education

Samsu. (2017). Teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. Jambi: Pusaka.

Schmitt, A. Hartog, D. N., & Belschak, F. D. (2016). Transformational leadership and proactive work behaviour: a moderated mediation model including work engagement and job strain. Journal of Occupational and Organizational Psychology, 89, 588e610. Diunduh di https://doi.org/10.1111/joop.12143.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitaif, kualitatif, dan r&d). Bandung: Alfabeta.

Sukatin dkk. (2021). Administrasi pendidikan. Solok: Insan Cendekia Mandiri.

Sunaryo, W. (2017). Instrumen pengukuran gaya kepemimpinan: konsep dan metode pengukuran gaya-gaya kepemimpinan yang efektif untuk mengelola kondisi dan situasi organisasi yang spesifik. Bogor: Yayasan Warkat Utama.

Suyitno. (2018). Metode Penelitian kualitatif: konsep, prinsip dan operasionalnya. Tulungagung: Akademia Pustaka.

Syafhendry dan Setyo U. (2019). Transformational leadership in the middle of plurality and global challenges. Proceeding ICOGISS 2019 Page 690-697. ISBN: 978-602-6 988-75-1. Diunduh di http:// jurnal. Unmuh jember.ac.id/.

Tatang, S. (2017). Administrasi pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Ukur, J. (2020). Manfaat dan kendala administrasi pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan. Jurnal Ilmiah Research Sains Vol. 6 No. 1 Pebruari 2020. Diunduh di http://www.jurnalmudiraindure.com/wp-content/uploads/2020/02/1.-JumpaUkur-M.Pd2-converted.pdf.

Ushansyah. (2017). Pentingnya administrasi sekolah untuk kemajuan pendidikan. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan Volume 15 No.27 April 2017. Diunduh di https://jurnal.uinantasari.ac.id/index.php/ittihad/article/download/1595/1163.

Wicaksono, P. B. dan Muafi. (2021). The effect of transformational leadership and organizational culture on organizational commitment in mediating organizational cynicism. Research Article. published: September 20, 2021. doi:10.21070/jbmp.v7vi2.1525. September 2021 | Volume 7 | Issue 2 203. ISSN 2528-4649 (online) ISSN 2338-4409. Diunduh di https://jbmp.Umsida.ac.id/index.php/jbmp.

Yukl, G. (2013). Leadership in organizations-8th ed. Newyork: Pearson.

Downloads

Published

2025-03-12

How to Cite

Semoyati, S., Radiana, U., & Asriati, N. (2025). KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 3420–3430. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43739