PERAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA MATERI TRANSFORMASI ENERGI

Authors

  • Sabrina Dwi Oktaviani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Cucun Sunaengsih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Atep Sujana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31034

Keywords:

Kreativitas, Model, Penguasaan Konsep

Abstract

Salah satu permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran IPA yaitu dalam proses penyampaian materi dari guru terhadap siswa masih menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga menyebabkan penguasaan konsep dan kreativitas siswa kurang optimal, sehingga upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran berbasis masalah untuk membantu siswa pandai dalam pemecahan masalah sehingga mempermudah menguasai materi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran model pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan penguasaan konsep dan kreativitas siswa. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan: pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah memperoleh kriteria sangat baik, terdapat perbedaan peningkatan penguasaan konsep dari hasil rata-rata N-Gain, dimana kelas eksperimen mendapatkan rata-rata lebih besar daripada kelas kontrol dan rata-rata dari nilai kreativitas siswa setelah pembelajaran pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dengan begitu model pembelajaran berbasis masalah berperan dalam meningkatkan penguasaan konsep dan kreativitas siswa. Diharapkan model pembelajaran berbasis masalah dapat mempermudah belajar siswa.

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.36312/jime.v8i3.3800/http

Agustina, E., Ferdiansyah, M., & Syaflin, S. L. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1). http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd

Anjarwati, A., Rohman, A. P. E., Karimah, I., & Putra, M. T. R. (2022). Efektifitas Metode Pembelajaran Make-A-Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Transformasi Energi Pada Siswa Kelas IV SDN Wiroborang 1. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 1(1), 81–88. https://doi.org/10.47233/jpst.v1i2.281

Ariyanti, D., Budi, F. D. A. S., Cahyani, N. D., & Pratiwi, N. D. O. (2023). Model PBL Guna Meningkatkan Kreativitas Siswa MI/SD dalam Pembelajaran Abad 21. In PROKONPI (Vol. 1, Issue 1). https://prokonpi.uinsa.ac.id/index.php/prokonpi

Junaidi, J. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/JS

Khalida, B. R., & Astawan, I. G. (2021). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD. JUrnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 182–189. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2

Kusuma, Y. Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar SIswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1460–1467. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.753

Nurafifah, T. S., Sujana, A., & Aeni, A. N. (2024). Peran RADEC dalam Mengembangkan Kreativitas dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V pada Materi Pertumbuhan Manusia. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(1), 421–430. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i1.6408

Octavia, F., & Widiasari, W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas VII C Mata Pelajaran IPS di SMP Al-Islam 1 Surakarta. In Publikasi Ilmiah.

Radiusman, R. (2020). Pemahaman Konsep Anak pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Rohmawati, R., Sunaengsih, C., & Nugraha, D. (2023). Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Ciketak. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(5), 3288. https://doi.org/10.35931/aq.v17i5.2624

Salsabila, S., & Ramdhini, S. A. (2020). Hubungan Tingkat Kreativitas dengan Prestasi Belajar pada Siswa Sekolah Dasar Kelas III SDN Karang Tengah 7. In Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Vol. 2, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun

Situmorang, S. M. S., Rustaman, N. Y., & Purwianingsih, W. (2020). Identifikasi Kreativitas Siswa SMA dalam Pembelajaran Levels of Inquiry pada Materi Sistem Pernapasan melalui Asesmen Kinerja. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4(1), 35–43. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/dikbio

Sugiyono. (2016). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi (A. Nuryanto, Ed.; 4th ed.). ALFABETA.

Zaidah, A., & Hidayatulloh, A. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Penguasaan Konsep Sains Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari, 9(2), 40–44. https://doi.org/10.5281/zenodo.7563562

Zuriati, E., & Astimar, N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas IV SD (Studi Literatur). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.684

Downloads

Published

2024-07-08

How to Cite

Oktaviani, S. D. ., Sunaengsih, C., & Sujana, A. . (2024). PERAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA MATERI TRANSFORMASI ENERGI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9540–9548. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31034

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.