PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN STAR ENTERPRISE (WEDDING ORGANIZER)

Authors

  • Elvira Putri Fathurohman Universitas ASA Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29718

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Promosi, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian, Konsumen

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, promosi, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada Star Enterprise (wedding organizer). Sampel penelitian ini berjumlah 100. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil hipotesis parsial (uji t) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, dimana nilai t hitung 2,850 > t tabel 1,950 dan angka signifikansi 0,005 < 0,05, promosi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dimana t hitung 1,962 > t tabel 1,950 dan angka  signifikansi 0,053 < 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis simultan (uji f) menunjukkan kualitas pelayanan, promosi, dan persepsi harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Star Enterprise. Sedangkan hasil analisa koefisiensi korelasi yang didapatkan diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan, promosi, dan persepsi harga mampu menjelaskan variabel dependen keputusan pembelian konsumen sebesar 86,3% dan sisanya 13,7% yang tidak dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. http://perpustakaan.stikim.ac.id/slims/index.php?p=show_detail&id=13690

Ardiansyah, M. F., & Khalid, J. (2022). Pengaruh Promosi, Persepsi Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Angkringan Nineteen. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 1(9), 1278–1285.

Aulawi, H. (2016). Kepuasan Konsumen, Biaya Berpindah, Persepsi Harga, dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Penyedia Jasa Internet Telkom Speedy. Jurnal Administrasi Kantor, 4(41), 93–116.

Awaliyah, S. (2022). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Jasa Wedding Organizer (Survei pada Konsumen Permata Wedding Organizer Tasikmalaya). ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(11), 3972–3975.

Budiman Bancin, J., Eka Damayanti, N., Aprilita, A., & Josefina Novalina Banurea, J. (2024). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian melalui Peran Mediasi Citra Merk di McDonald’s Palangka Raya. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 14(4), 392–413. https://doi.org/10.29244/jmo.v14i4.51251

Bulantseva, L. (2022). Exhibition Activity of Transport Companies in Formalized Approach to Assessing the Exhibitor’s Success in Exhibition. Transportation Research Procedia, 61, 4–11. https://doi.org/10.1016/j.trpro.2022.01.002

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.867

Chandra, S. M., & Tielung, M. V. J. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Hotel Baliem Pilamo Di Wamena. Jurnal EMBA, 3(3), 959–970. https://doi.org/2303-11

Ekasari, R., & Putri, T. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 3(2), 266. https://doi.org/10.51804/iej.v3i2.937

Fajri, A., Kournikofa, D., & Haerudin. (2023). Kepercayaan Sebagai Pemediasi Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Event Organizer. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(3), 15–21. https://doi.org/10.55606/jimak.v3i3.1568

Febriana, P. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Laziza Chicken Dan Pizza Di Jambangan Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(1), 744–749.

Hariono, R., & Marlina, M. A. E. (2021). Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediator Pada Star Motor Carwash. Performa, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.37715/jp.v6i1.1904

Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen.

Husin, R., Elina, M., & Maharani, T. P. (2021). Analisis Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Wedding Organizer Ahsya Management Di Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 8–13. https://doi.org/10.24967/feb.v1i1.1417

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan.

Ing, I., & Dahlan, K. S. S. (2023). The Influence Of Price, Location And Promotion On Customer Loyalty Mediated By Customer Satisfaction. International Journal of Social Service and Research, 3(10), 2681–2691. https://doi.org/10.46799/ijssr.v3i10.568

Kanda, A. S. (2024). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Study Kasus Dadi Cellular. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 103–113.

Kotler, & Amstong. (2012). Principles of Marketing. 1–23.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. https://id.scribd.com/document/508308960/Manajemen-Pemasaran-Edisi-13-Jilid-2

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Boletin cultural e informativo - Consejo General de Colegios Medicos de España (15th ed., Vol. 22).

Liu, C. H. S., & Lee, T. (2016). Service quality and price perception of service: Influence on word-of-mouth and revisit intention. Journal of Air Transport Management, 52, 42–54. https://doi.org/10.1016/j.jairtraman.2015.12.007

Liu, J., Ai, S., Du, R., & Brugha, C. M. (2022). Analysis of commodity traceability service effects on the purchase behavior of consumers using an evolutionary game model. In Data Science and Management (Vol. 5, Issue 4, pp. 175–186). https://doi.org/10.1016/j.dsm.2022.08.003

Liu, L., Fang, J., Li, M., Hossin, M. A., & Shao, Y. (2022). The effect of air pollution on consumer decision making: A review. Cleaner Engineering and Technology, 9(December 2020), 100514. https://doi.org/10.1016/j.clet.2022.100514

Memah, D., Tumbel, A., & Rate, P. V. (2015). Analisis Strategi Promosi, Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di Citraland Manado Analysis Strategy Promotion, Price, Location, and Facilities on Purchase Decision House on Citraland Manado. Jurnal EMBA, 3(1), 1263–1273.

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/3594/3325

Nurzhavira, G. P., Iriani, S., & Manajemen, J. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 13(02), 692–704.

Parasuraman, A. ., Ziethaml, & V., & B. L. (1985). SERVQUAL: A multiple item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 62(1), 12–40.

Peter, P. J., & Olson, J. C. (2010). Consumer Behavior Marketing. In Mc Graw.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 516–524. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4.461

Rina Ayu Vildayanti, Ravindra Safitra Hidayat, Muhamad Jusmansyah, Yugi Setyarko, & Agus Sriyanto. (2024). Pengaruh Faktor Biaya, Faktor Pelayanan Dan Efektifitas Operasional Terhadap Performa Manajemen Logistik Perusahaan. Jurnal Publikasi Ekonomi Dan Akuntansi, 4(1), 141–153. https://doi.org/10.51903/jupea.v4i1.2286

Rizkiana, C., Bekti, S. M., Suryawardana, E., & Indriyanti, I. S. (2023). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada produk jasa wedding organizer. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 81. https://doi.org/10.26623/jreb.v16i1.6260

Sahroma, K. S. P., & Anasrulloh, M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Pada Nadzira Wedding Organizer Tulungagung. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 1(2), 57–62. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v1i2.16670

Saputro, A., & Khasanah, I. (2016). Studi pada Floo Cafe Ungaran. Diponegoro Journal of Management, 5(4), 1–14. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Senggetang, V., Mandey, S. L., & Moniharapon, S. (2019). Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado. Jurnal EMBA, 7(1), 881–890. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/22916

Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Ekonomika Dan Manajemen, ISSN: 2252-6226, 5(2), 128–147.

Sinulingga. (2021). Jurnal Ekobistek. 10(4), 213–220. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v10i21.114

Suhardi, Y., Syachroni, A., Burda, A., & Darmawan, A. (2020). Pengaruh Keragaman Produk , Persepsi Harga , Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. 29(02), 17–30.

Sumarwan, U. (2014). Model Keputusan Konsumen. Perilaku Konsumen, 5, 1–41.

Syahputra, R. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Alquran Tentang Promosi Penjualan. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 83–88. https://doi.org/10.36987/ecobi.v6i2.8

Syakhnur, S. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Supermarket Super Indo Di Kota Surabaya. Journal Economic Excellence Ibnu Sina, 1(4).

Wibawa, T., & Wiyadi, M.M., P. D. (2008). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Belanja Online Shopee. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 282. https://eprints.ums.ac.id/81609/

Wifky Muharam & Euis Soliha, 2017. (2017). Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio, 2014, 755–762.

Yasri, Y., Susanto, P., Hoque, M. E., & Gusti, M. A. (2020). Price perception and price appearance on repurchase intention of Gen Y: do brand experience and brand preference mediate? Heliyon, 6(11), e05532. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05532

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Fathurohman, E. P. . (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN STAR ENTERPRISE (WEDDING ORGANIZER). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8281–8290. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29718