PENGARUH BRAND TRUST, DESAIN PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI PERSEBAYA STORE SURABAYA

Authors

  • Achmad Yusuf Hasannurdin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ida Ayu Sri Brahmayanti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41261

Keywords:

Brand Trust, Desain Produk, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand trust, desain produk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk di Persebaya Store Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, teknik pengumpulan data yaitu dengan menyebarkan kuesioner, analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Sampelnya terdiri dari 97 responden. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa semua indikator valid dan reliabel. Hasil dari uji T menyatakan bahwa brand trust berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Desain produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil dari uji F menyatakan bahwa brand trust, desain produk dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian produk di Persebaya Store Surabaya. Sedangkan hasil dari uji R² menunjukkan bahwa pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 89,7% sedangkan sisanya 10,3% dipengaruhi variabel lain diluar model penelitian.

References

Ari$yanto, I$.K., Mi$tari$ani$, N.W.E$., Atmaja, N.P.C.D. (2023). Pe$ngaruh Pe$rse$psi$ Harga dan Brand I$mage$ Te$rhadap Ke$putusan Pe$mbe$li$an dan Dampaknya Te$rhadap Ke$puasan Konsume$n. Jurnal E$konomi$ dan Pari$wi$sata 7(6), 15-92 https://doi$.org/10.31960/je$p.v6i$3.5263

Aghi$tsni$, W. I$., & Busyra, N. (2022). Pe$ngaruh Kuali$tas Produk Te$rhadap Ke$putusan Pe$mbe$li$an Ke$ndaraan Be$rmotor Di$ Kota Bogor. Jurnal I$lmi$ah Manaje$me$n, E$konomi$, & Akuntansi$ (ME$A), 6(3), 38–51. https://doi$.org/10.31955/me$a.v6i$3.2271

Aghe$ki$an, S. M, Sandra Forsythe$, Wi$ Suk Kwon., & Ve$e$na C. (2022). The$ Role$ of Product Brand I$mage$ and Onli$ne$ Store$ I$mage$ on Pe$rce$i$ve$d Ri$sks and Onli$ne$ Purchase$ De$ci$si$ons for Appare$l. Journal of Re$tai$li$ng and Consume$r Se$rvi$ce$s. E$lse$vi$e$r. 2(1), 67–89. https://doi$.org/10.34676/jrc.5i$1.156

Djatmi$ko, Tjahjono, & Pradana, Re$zza. (2019). Brand I$mage$ and Product Pri$ce$ : I$ts I$mpact for Samsung Smartphone$ Purchasi$ng De$ci$si$on. Journal of Soci$al and Be$havi$oral Sci$e$nce$. 2(1), 79–96. https://doi$.org/10.54106/jsb.r42i$1.132

E$ffri$e$na Bri$lli$any, & Anton P.W. Nomle$ni$. (2022). Pe$ngaruh Ce$le$bri$ty E$ndorse$r, Ci$tra Me$re$k Dan Ke$pe$rcayaan Me$re$k Te$rhadap Mi$nat Be$li$ Konsume$n Produk Scarle$tt. Jurnal Ri$se$t Manaje$me$n Dan Akuntansi$, 2(1), 72–77. https://doi$.org/10.55606/juri$ma.v2i$1.153

He$li$ani$, H., Harahap, D. A., & Mahani$, S. A. E$. (2022, August). Pe$ngaruh Kuali$tas Produk, Brand I$mage$ dan Brand Trust Te$rhadap Ke$putusan Pe$mbe$li$an pada Coffe$e$ Shop Work Coffe$e$ di$ Kota Bandung. I$n Bandung Confe$re$nce$ Se$ri$e$s: Busi$ne$ss and Manage$me$nt (Vol. 2, No. 2, pp. 1331-1338).

I$lmaya W. (2023). Pe$ngaruh Kuali$tas Produk, De$sai$n Produk, Dan Pe$rse$psi$ Harga Te$rhadap Ke$putusan Pe$mbe$li$an Kopi$ah Me$re$k Gadi$ng Gajah Gre$si$k. Jurnal Pe$ndi$di$kan Tata Ni$aga, 2(2) 62–97. https://doi$.org/10.52316/jptn.v2i$1.170

I$ndrasari$, M. (2019). Pe$masaran dan Ke$puasan Pe$langgan, Uni$tomo Pre$ss. Surabaya. I$SBN: 978-623-91788-2-6.

Jahanshani$, Asghar Afshar, Gashti$, M.A.J., dan Mi$rdamadi$, Se$yye$d Abbas. (2023). Study the$ E$ffe$cts of Custome$r Se$rvi$ce$ and Product Quali$ty on Custome$r Sati$sfacti$on and Loyalty. I$nte$rnati$onal Journal of Humani$ti$e$s and Soci$al Sci$e$nce$. 79–96. https://doi$.org/10.54106/i$jh.r77i$1.457

Kumbara, V. B. (2021). De$te$rmi$nasi$ Ni$lai$ Pe$langgan Dan Ke$putusan Pe$mbe$li$an: Anali$si$s Kuali$tas Produk, De$sai$n Produk Dan E$ndorse$. Jurnal I$lmu Manaje$me$n Te$rapan, 2(5), 604–630.https://doi$.org/10.31933/ji$mt.v2i$5.568

Kotle$r, P. And Ke$lle$r, K., L. (2019). Marke$ti$ng Manage$me$nt 15e$ E$di$ti$on, Pe$arson E$ducati$on. E$di$nburgh. I$SBN: 1-292-09262-9

Kari$na, A. (2021). Pe$ngaruh Ci$tra Me$re$k, Harga dan Kuali$tas Produk Te$rhadap Loyali$tas Konsume$n Pada Pe$ngguna Kartu Te$lkomse$l (Studi$ pada Mahasi$swa Fakultas E$konomi$ dan Bi$sni$s Uni$ve$rsi$tas Muhammadi$yah Be$ngkulu). Jurnal E$ntre$pre$ne$ur dan Manaje$me$n Sai$ns (JE$MS), 2(2), 209-226.

Me$gari$ta, Gusdyan, dan Tony Si$ti$njak. (2021). Pe$ngaruh Kuali$tas Produk Te$rhadap Ci$tra Me$re$k dan Dampaknya Te$rhadap Pe$ri$laku Pe$mbe$li$an Produk Susu Me$re$k Ultra Mi$lk di$ Jakarta Utara. Jurnal Manaje$me$n Pe$masaran. Jakarta: Kwi$k Ki$an Gi$e$ School Of Busi$ne$ss. 99–106. https://doi$.org/10.54106/jmp.r27i$1.417

Maci$as, W., dan Ce$rvi$no, J. (2020). Trade$mark Di$luti$on and I$ts Practi$cal E$ffe$ct on Purchase$ De$ci$si$on. Spani$sh Journal of Marke$ti$ng, Vol. 21 I$ssue$ 1. Spai$n : E$lse$vi$e$r. 77-92 https://doi$.org/10.52316/jptn.v2i$1.90

Nasuti$on, Y., Asman, M., & I$sman, I$. (2020). Ke$pe$rcayaan Me$re$k Dan Pe$rse$psi$ Harga Te$rhadap Ke$putusan Pe$mbe$li$an Se$pe$da Motor Kawasaki$ Klx Di$ Kabupate$n Me$rangi$n. Jurnal Akuntansi$, E$konomi$ Dan Manaje$me$n Bi$sni$s, 2(2), 210–2018. 97-172 https://doi$.org/10.52319/jmb.v2i$1.176

Papafoti$kas, I$ason, Chatzoude$s, Di$mi$tri$os, dan Kame$ni$dou, I$re$ne$. (2020). Purchase$ De$ci$si$ons of Gre$e$k Consume$rs: An E$mpi$ri$cal Study. Proce$di$a E$conomi$cs and Fi$nance$ 456-465 https://doi$.org/71.12719/pdgc.v2i$1.22

Re$ast, John D. 2020. Brand Trust and Brand E$xte$nsi$on Acce$ptance$: The$ Re$lati$onshi$p. Journal of Product & Brand Manage$me$nt (Onli$ne$). 14/1, 2005, 4-13 https://doi$.org/1061-0421.html/jop.2020,12

Sanny, L., Ari$na, A. N., Mauli$dya, R. T., & Pe$rti$wi$, R. P. (2020). Purchase$ i$nte$nti$on on I$ndone$si$a male$’s ski$n care$ by soci$al me$di$a marke$ti$ng e$ffe$ct towards brand i$mage$ and brand trust. Manage$me$nt Sci$e$nce$ Le$tte$rs, 10, 2139–2146. https://doi$.org/10.5267/j.msl.2020.3.023

Sugi$yono (2019). Me$tode$ Pe$ne$li$ti$an Kuanti$tati$f, Kuali$tati$f, dan R&D, ALFABE$TAS, Bandung. I$SBN: 978-602-289-533-6.

Tari$gan, A. dan Si$re$gar, Z. (2019) ‘Pe$ngaruh Harga Dan Brand Trust Te$rhadap Ke$putusan Pe$mbe$li$an Oppo Smartphone$ (Studi$ Kasus Pada Oppo Store$, Si$ne$rgy Ce$lular Me$dan)’, Jurnal Plans Pe$ne$li$ti$an I$lmu Manaje$me$n & Bi$sni$s, 14(1), 17–21 https://doi$.org/2341-0421.html/jop.2020,12

Tji$ptono, Fandi$. 2020. Se$rvi$ce$, Quali$ty and Sati$sfacti$on. E$di$si$ Pe$rtama, Yogyakarta: Andi$ Offse$t

Tushne$t, R. (2018). Gone$ i$n Si$xty Mi$lli$se$conds: Trade$mark Law and Cogni$ti$ve$ Sci$e$nce$. Te$xas Law Re$vi$e$w, 86 (2008), pp. 507-568

Wardani$, E$. S., & Santosa, A. (2022). The$ i$nflue$nce$ of Hallyu, brand ambassador and brand i$mage$ on the$ consume$r purchase$ de$ci$si$on on Nature$ Re$publi$c products i$n Yogyakarta. Jurnal Apre$si$asi$ E$konomi$, 8(2), 203–211. https://doi$.org/10.54106/jae$.r27i$1.89

Ze$i$n, Ratu Marsya C. (2019). Pe$ngaruh Kuali$tas Produk dan I$novasi$ Produk Te$rhadap Ci$tra Me$re$k Di$stro Sane$ls De$ni$m. Bandung: Uni$ve$rsi$tas Wi$dyatama. 6(3), 38–51. https://doi$.org/10.31955/me$a.v6i$3.2271

Downloads

Published

2025-03-20

How to Cite

Hasannurdin, A. Y., & Brahmayanti, I. A. S. (2025). PENGARUH BRAND TRUST, DESAIN PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI PERSEBAYA STORE SURABAYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 3518–3527. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41261

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.