PENDEKATAN ANALISIS TERHADAP KESULITAN SISWA DALAM MENGHADAPI SOAL MATEMATIKA DENGAN PEMAHAMAN KONEKSI MATERI TRIGONOMETRI

Authors

  • Navel Oktaviandy Mangelep Universitas Negeri Manado
  • Ade Mahniar Universitas Negeri Gorontalo
  • Karina Nurwijayanti Universitas Teknologi Mataram
  • Ahmad Sofi Yullah Universitas KH. Mukhtar Syafaa
  • Lowryk Ochdrico Lahunduitan Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27082

Keywords:

Trigonometri, Kemampuan Pemecahan Masalah, Koneksi Matematis, Kesulitan Siswa dan Pembelajaran Matematikal.

Abstract

Penelitian ini fokus pada kesulitan siswa dalam trigonometri, dengan tujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkannya dan memberikan pendekatan penyelesaiannya. Dengan mengeksplorasi peran koneksi matematika, studi ini bertujuan memahami dampak pemahaman trigonometri terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami koneksi matematis siswa di SMA Negeri 1 Manado. Melalui tes tertulis dan wawancara, siswa dari tiga tingkatan kemampuan dianalisis. Data diverifikasi dengan teknik kriteria derajat kepercayaan. Studi ini memberikan gambaran tentang kesulitan siswa dan dapat membantu merancang strategi pembelajaran yang tepat. Siswa dengan KMT menyelesaikan soal matematika tanpa kesulitan, sementara KMS menghadapi sedikit kesulitan memahami prinsip tertentu. KMR mengalami kesulitan signifikan dalam memahami konsep matematika. Koneksi matematis sangat memengaruhi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Kesulitan siswa dalam matematika, terutama trigonometri, dipengaruhi oleh pemahaman konsep dasar, strategi pemecahan masalah, kecemasan, dan kurangnya rasa percaya diri. Pendidik perlu memahami faktor-faktor ini untuk memberikan pendekatan yang sesuai. Kemampuan koneksi matematis dan pemecahan masalah penting dalam pembelajaran trigonometri. Evaluasi kesalahan siswa memberikan wawasan berharga. Dengan pemahaman koneksi dan kemampuan pemecahan masalah, pembelajaran matematika dapat ditingkatkan.

References

Amalia, A. F., Sappaile, B. I., Minggi, I., Tahmir, S., & Arsyad, N. (2021). Description of Factors Affecting Students Mathematical Connection. International Conference on Educational Studies in Mathematics (ICoESM 2021) (pp. 138 - 144). Makassar: Atlantis Press.

Astiati, S. D., & Ilham. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kecemasan Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 1294 - 1302.

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA . AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika , 1611-1622.

Damanik, W. S., Purba, N. A., & Sianturi, C. L. (2022). Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas IV SD Negeri 091405 Sipintuangin Tahun Pembelajaran 2022/2023. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4703-4708.

Fatimah, E. S., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan koneksi matematis berdasarkan disposisi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. PowerMathEdu, 69 - 82 .

Gina, M., Jusniani, N., & Budiman, H. (2021). MATHEMATICAL REPRESENTATION ABILITY OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS ON SURFACE AREA OF CUBE AND CUBOID. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 72 - 82.

Hidayati, U., & Jahring. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika , 2890-2900.

Jupri, A., & Drijvers, P. (2016). Student Difficulties in Mathematizing Word Problems in Algebra. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 2484 – 2502.

Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif . Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan , 13 – 20

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2019). Penelitian pendidikan matematika.

Morin, L. L., Watson, S. M., Hester, P., & Raver, S. (2017). The Use of a Bar Model Drawing to Teach Word Problem Solving to Students With Mathematics Difficulties. JSTOR, 91 - 104.

Nuna, S., Resmawan, & Isa, D. R. (2020). Identifikasi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Spasial pada Topik Prisma dan Limas . JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION, 90 - 97.

Pingky, P. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY PESERTA DIDIK (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Purwanto, W. R., Sukestiyarno, Y., & Junaedi, I. (2019 ). Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Persepektif Gender. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA 2019 (pp. 895 - 900). Semarang : Universitas Negeri Semarang .

Raharjo, I., Rasiman, & Untari, M. F. (2021). Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik. Journal for Lesson and Learning Studies, 96-101.

Rasvani, N. L., & Wulandari, I. G. (20221). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi MaCa (Materi Pecahan) Berorientasi Teori Belajar Ausubel Muatan Matematika . Mimbar PGSD Undiksha, 74 - 81.

Ririk, N., Sulistyaningsih, M., & Kumesan, S. L. (2022). PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 TONDANO. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 441-451.

Romadon, B. (2019). PENGUATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM MENUNJANG PERSIAPAN SDM YANG UNGGUL MENUJU INDONESIA MAJU. Seminar Nasional Pendidikan Matematika HIMAPTIKA UMSurabaya (pp. 15 - 22). Surabaya: HIMAPTIKA UM Surabaya.

Rusmana, I. M. (2019). Literasi Matematika sebagai Solusi Pemecahan Masalah dalam Kehidupan. DISKUSI PANEL NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (pp. 475 - 484 ). JAKARTA SELATAN : Universitas Indraprasta PGRI.

Sholeha, V. A. (2021). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 2 BATANG TUAKA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).

Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi . Wacana Akademika, 151-164.

Sujana, I. W. (2019). FUNGSI DAN TUJUAN PENDIDIKAN INDONESIA. Jurnal Pendidikan Dasar, 29 - 39 .

Susanta, A., Sumardi, H., Susanto, E., & Retnawati, H. (2023). Mathematicsliteracy task on number pattern using Bengkulu context for junior high school students. Journal on Mathematics Education, 85-102.

Utari, D. R., Wardana, M. Y., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 534 - 540 .

Wahyudi, D., & Tonra, W. S. (2023). Analisis kemampuan koneksi matematis di tinjau dari self-efficacy siswa kelas XI SMAN 4 Kendari. Delta

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Mangelep, N. O. ., Mahniar, A. ., Nurwijayanti, K. ., Yullah, A. S. ., & Lahunduitan, L. O. . (2024). PENDEKATAN ANALISIS TERHADAP KESULITAN SISWA DALAM MENGHADAPI SOAL MATEMATIKA DENGAN PEMAHAMAN KONEKSI MATERI TRIGONOMETRI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4358–4366. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27082