PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25575Keywords:
Membaca Permulaan, Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS).Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa di kelas II UPT SD Negeri 021 Ludai Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan metode structural analitik sintetik (SAS). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa dengan menggunakan metode structural analitik sintetik (SAS) pada siswa kelas II UPT SD Negeri 021 Ludai. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas II UPT SD Negeri 021 Ludai yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan kelas II UPT SD Negeri 021 Ludai pada siklus I siswa yang tuntas 14 siswa atau 70%, dan pada siklus II siswa yang tuntas secara keseluruhan adalah 17 siswa atau 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode structural analitik sintetik (SAS) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan kelas II UPT SD Negeri 021 Ludai.References
Abidin,Yunus. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung:Refika Aditama.
Ardiyanti,L.(2015). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Kata Lembaga Siswa Kelas I SD Karanggayam Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul.(Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Dalman. (2013) Keterampilan Membaca. Jakarta:Rajagrafindo Persada.
Dardjowidjojo, Soejono. (2010). Psikolingustik: Pengantar Pemahaman Manusia Edisi Kedua.Jakarta: Yayasan Obor Indonesia Unika Atma Jaya
Ernalis. (2016). Penggunaan Metode SAS dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar, Jurnal Penggunaan Metode SAS, Vol. 4, No. 27
Hidayat,R.dkk(2014). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Silaba Untuk Anak Berkesulitan Belajar Kelas 2 SD Negeri 09 Koto Luar Padang. Skripsi). Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus Vol.3 (1):Hal 400-401
Intisari. (2013). Pengaruh Glen Doman Berbasis Bermain Terhdap Kemampuan Membaca Permulaan Anak di Taman Kanak-kanak Rahmah Kota Makasar Tesis. Makasar: Skripsi.Makasar FBS
Kumara, A,dkk. (2014). Kesulitan Berbahasa Pada Anak. DIY.PT.Kanisius
Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembagan Profesi Guru. Jakarta : Rajawali Pers
Linda Purnama Sari, Kadek. (2014).” Pengaruh Metode SAS Terhadap Hasil Belajar Belajar Membaca Permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia”.e-Journal Mimbar PGSD Universitas Jurusan PGSD Vol.2 No.1.
Maguna, EN .(2018). Keefektifan Membaca Menggunakan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Pada Siswa Yang Kesulitan Membaca. Jurnal: Deiksis, 10(01).
Meliyawati. (2016) Pemahaman dasar membaca.(edisi revisi). Yogyakarta:Grup penerbitan cv budi utama.
Muhyidin, A. (2016). Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan. JIPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10 (2) , 1-12Rahim, Farida. (2011) Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara
Riskal, F .(2018). Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Murid Kelas I. International Jurnal Of Education Research, 1.
Sadhono,Khuddaru dan St.Y.Slamet.(2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (teori dan aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati
Susanto, Ahmad. (2011. Perkembangan Anak Usia Dini.. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.
Solchan,TW. Dkk,(2010). Pendidikan Bahasa Indonesia Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Solchan. (2014). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Surya,Mohamad.(2015). Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran.Bandung: CV Alfabeta
Suharsimi Arikunto, dkk.(2017) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Sari,D.P(2014). “Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan Bagi Anak Kesulitan Membaca di MIN Koto Luar Pdang (Deskriptif Kualitatif)”. EJUPEKhu (Jurnal Imliah Pendidikan Khusus, Vol.3.No.3,hlm.644-652
Irdawati,Yunidar & Darmawan (2015). “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di MIN Buol”. Jurnal Kreatif Tadulako Online, Vol.5, No.4, hlm.1-14
Tarigan, H.G.(2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa
Tarigan. (2013). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa
Wardiyati,H.(2019). Penerapan Metode SAS(Struktural Analitik Sintetik) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Rendah. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran),3(5), 1083-1091.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Darlis Mawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.