PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SAS PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.36868Keywords:
Keterampilan Membaca Permulaan Menggunakan Metode SASAbstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca permulaan siswa pada pembelajaran tematik di kelas I MI Darussalam. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan Metode SAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa dengan menggunakan Metode SAS pada siswa kelas I MI Darussalam. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 17 orang, dengan jumlah laki-laki 6 orang, dan siswa perempuan berjumlah 11 orang siswa. Teknik pengumpulan berupa dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Metode SAS dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa pada kelas I MI Darussalam. Pada siklus I hasil keterampilan membaca permulaan siswa tergolong kurang dengan persentase 50%. Selanjutnya pada siklus II dengan persentase 90% dengan katagori sangat baik. Dari 17 orang siswa hanya 13 orang siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Metode SAS dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I MI DarussalamTahun ajaran 2023/2024.References
Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006
TentangStandar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Djuanda, D. Dkk. 2006. Pembinaan Dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Bandung. UPI Press.
Kunandar. 2016. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebangai Pengembang Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rahim, 2007. Pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rusdial marta. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Word Square Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan. Volume 46.Nomor 1.
Wida rianti. 2016. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Tata Angka pada Anak Usia Dini. Jurnal PAUD. Volume 2 Nomor 2. Halaman 36 – 42
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurmalina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.