MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE EJAAN DI UPT SD NEGERI 010 BATU SASAK KELAS II

Authors

  • Indra Asrina UPT SD Negeri 010 Batu Sasak

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26469

Keywords:

Metode Ejaan, Kemampuan Membaca Permulaan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah  siswa  pada materi  pecahan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based  Learning kelas II UPT SD Negeri  010 Batu Sasak Kecamatan Kampar Kiri Hulu. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan kemampuan pemecahan masalah  siswa, siswa kurang mampu dalam membaca permulaan dengan benar, lengkap, dan rinci. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa penerapan Metode Ejaan dapat meningkatkan kemampuan memnbaca pemahaman pada siswa. Hal ini dapat dilihat dari sebelum tindakan hasil kemampuan Membaca Permulaan  siswa rata- rata pada siklus I kemampuan Membaca Permulaan siswa menjadi 73,2% atau tergolong kurang, dan pada siklus II kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dengan rata- rata menjadi 77, 15% atau tergolong baik. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui Metode Ejaan dapat meningkatkan kemampuan Membaca Permulaan siswa di kelas II UPT SD Negeri  010 Batu Sasak Kecamatan Kampar Kiri Hulu.

References

Abidin, Yunus. (2019). Konsep Dasar Bahasa Indonesia. Jakarta Timur: Pt Bumi Aksara

Alvivtin Oktavi Indriani . (2016). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card Siswa Kelas 1 Sdn Surokarsan 2 Yogyakarta (Skripsi). Yogyakarta.

Analitik Sintetik (Sas).”Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 2 No. 1issn 2354- 614x.Mahasiswa Program Guru Dalam JabatanFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako.

Banang Rupina, Syukri Muhammad, dkk. “peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pemanfaatan media kartu bergambar pada anak usia 5-6 tahun” program studi pendidikan anak usia dini, FKIP Untan pontianak Email: [email protected]

Baso Andiaisasitti, Efendi Dkk.“Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca permulaan”Melalui Metode Sas Di Kelas II Sdn Pinotujurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 2 No. 1issn 2354-614x. Pinotu: Mahasiswa Program Guru Dalam Jabatan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako.

Basuni. (2009). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Studen Teams Achievement Divisioner (STAD) Siswa Kelas I MI AN-NURIYAH I (skripsi). BANJARMASIN

Budi Istanto. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Pada Siswa Kelas I Sd Negeri 1 Pandeyan Jatinom Klaten (Skripsi). Yogyakarta

Elsa Novitasari. (2017). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak melalui permainan kartu huruf sandpaper. Madureso Temanggung (skripsi). Magelang.

Indrawati, Yunidar, dkk.“meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan mrnggunakan media gambar kelas II di Min Boul jurnal kreatif tadulako online vol. 5 No. 4 ISSN 2354-614X. Mahasiswa program guru dalam jabatan fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Tadulako

Suriani dan Efendi.(2014). Meningkatkan keterampilan membaca Permulaan pada siswa kelas 1 SDN 39 mataram. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Suriani, Sahrudin B, dan Efendi ( 2014) “Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 10 ISSN 2354-614X.

Lia Ardianti. (2015). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Kata Lembaga Siswa Kelas 1 Karanggayam Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul (Skripsi). Bantul

Mulyadi. (2009). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar (Skripsi). Boyolali

Muslimin , Tahir . Muh , Dkk. “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Mis Sinoutu Melalui Metode Struktural”.

Pramudyanti, M.C. (2016). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Media Kartu Kata (skripsi). Yogyakarta.

Pratiwi Putri Crianing. (2020). Analisis keterampilan membaca permulaan siswa sekolah dasar: study kasus pada siswa kelas 2 sekolah dasar vol 7 no. 1 P-Issn : 2339-2258 (Print) E-ISSN : 2548-821X

(Online). Universitas PGRI Madiun.

Pujiyatiningsih. (2014). Upaya meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan metode DRILL siswa kelas I madrasah ibtidaiyah muhammadiah kradenan I Srumbung (skripsi). Magelang

Putri Laura Sari. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Dengan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Mis Lamgugob Banda Aceh (Skripsi). Banda Aceh

Downloads

Published

2024-02-05

How to Cite

Asrina , I. . (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE EJAAN DI UPT SD NEGERI 010 BATU SASAK KELAS II. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 2266–2271. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26469

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.