ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS III DI SDN 2 KEDUNGWULUH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27786Keywords:
Membaca Permulaan, Kesulitan Membaca, Minat dan Dukungan keluarga, Pemanfaatan MediaAbstract
Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas III di SDN 2 Kedungwuluh, faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca permulaan yang dialami oleh siswa dan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Fokus penelitian adalah empat orang siswa kelas III di SDN 2 Kedungwuluh yang mengalami kesulitan membaca permulaan. Data yang dikumpulkan melalui observasi di kelas, wawancara dengan guru, siswa, dan orang tua serta analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan berikut (1) kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa meliputi: kurang mengenal huruf/abjad, huruf yang bentuknya hampir sama, merangkai susunan kata, huruf diftong dan kluser, penggunaan tanda baca, ragu-ragu ketika membaca, kesulitan mengeja/terbata-bata. (2) faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca permulaan siswa adalah faktor intelektual, latar belakang siswa di rumah, minat, motivasi dan dukungan keluarga. (3) solusi tindakan yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan yaitu memberikan program jam tambahan, guru dan orang tua menjalin kerjasama untuk mendukung anak dalam belajar membaca, dan menggunakan media yang menarik dan efektif.Downloads
Published
2024-05-16
How to Cite
Rahmadani, D. ., & Sriyanto, S. (2024). ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS III DI SDN 2 KEDUNGWULUH . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5746–5752. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27786
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Devi Rahmadani, Sriyanto Sriyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.