MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN: PENERAPAN METODE SUKU KATA DI SDN 03 SELEBUNG KETANGGA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35953Keywords:
Kesulitan Membaca Permulaan, Metode Suku Kata, PenerapanAbstract
Kemampuan membaca permulaan merupakan keterampilan mendasar yang sangat penting bagi siswa Sekolah Dasar, terutama di kelas 1 dan 2. Namun, di SDN 03 Selebung Ketangga, Kecamatan Keruak, Lombok Timur, kemampuan membaca siswa kelas 2 masih sangat rendah, dengan rata-rata hanya 27,65% siswa yang mampu membaca dengan baik dalam lima tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca permulaan serta efektivitas penerapan metode suku kata dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor intelektual, dukungan orang tua, kurangnya media bacaan, serta metode pengajaran yang kurang tepat menjadi penyebab utama kesulitan membaca. Penerapan metode suku kata berhasil membantu siswa dalam mengenal dan merangkaikan huruf menjadi kata, meskipun masih memerlukan dukungan tambahan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode suku kata terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa, namun faktor pendukung lainnya seperti keterlibatan orang tua dan penyediaan media pembelajaran perlu diperkuat untuk hasil yang lebih optimal.References
Afifuddin dan Beni Ahmad Saebani, 2012, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: CV Pustaka Setia.
Aldinna Shoffiya Rahmaddanti, 2023, Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar, Jurnal Peenlitian Mahasiswa, Vol. 2., No. 03.
Aldinna Shoffiya Rahmaddanti, 2023, Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar, Jurnal Peenlitian Mahasiswa, Vol. 2., No. 03.
Apriani dan Kasiati, 2013, Efektifitas Metode Kupas Rangkai suku Kata Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bagi Anak kesulitan Membaca, Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, Vol. 2., No. 3.
Arif Wiyat Purnanto dan Astuti Mahardika, 2017, The 6th University Research Colloqunium, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Arnita, 2005, Teknik Pembelajaran Membaca di Dsekolah Dasar, Jurnal Guru: Pembelajaran di Sekolah Dasar dan Menengah, Vol. 1., No. 2.
Arumbu, 2023, Peningkatan Kemampuan Baca Pada Siswa Kelas 2 SDN 06 Kota Sorong, Melalui Kartu Huruf, Jurnal PAPEDA, Vol. 01., No., 01.
Dajani Suleman dkk., 2021, Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Scramble di Kelas 2 SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo, Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, Vol. 7., No. 2, 2021.
Djam’an Satori dan Aan Komariah, 2017, Metodologi Penelitian Kualita tif, Bandung: Alfabeta.
Ellis dalam Siti Hadijah, “Pembelajaran Membaca Permulaan dengan Strategi Kopasus Permainan Kubus di kelas 1 Sekolah Dasar”, https://media.neliti.com/media/ publications/218580-pembelajaran-membaca-permulaan-dengan-st.pdf
Farris Famella J. 1993, Language Arts as Process Approach Madison, Wisconsin: Brown and Benchmark.
H. Afifuddin dan Beni Ahmad Saebani, 2012, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: CV Pustaka Setia.
Hamid Patilima, 2016, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Hasanah, 2012, Model Cerita Fiksi Kontemporer Anak-anak untuk Pengembangan Kemahirwacanaan Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar, Litera, Vol 11., No. 1.
Humaira dkk., 2021., Strategi Guru Dalam Pembelajaran Daring: Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar, JOEL: Journal of Educational and Language Research, Vol. 1., No. 2.
Ibrahim dan Syaodah, 1991, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Depdikbud.
M. Ali., Asrial., 2022, Peningkatan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas 2 SDN Semangkat Melalui Buku Cerita Bergambar, Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar, Vol. 1., No. 1.
Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, dan Johnny saldana, 2014, Qualitative data Analysis, A Methods Sourcebook, California: SAGE Publication.
Mulyati, T., Asandhimitra dan Soegito E., 2022, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi, Jakarta: Universitas Terbuka.
Munaf, 2022, Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa, Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra dan Seni, Vol. 3., No. 2.
Nawawi dan Martini dalam H. Afifuddin dan Beni Ahmad Saebani, 2012, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: CV Pustaka Setia.
Ngalim Purwanto,(1990), Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nuraini S., & Hera T. 2022, Faktor-faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II di SD Negeri 91 Palembang, Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 4 No. 3.
Oktaviyanti dalam Aldinna Shoffiya Rahmaddanti, 2023, Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar, Jurnal Penelitian Mahasiswa, Vol. 2., No. 03.
Rika Fazmi, 2021, Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Negeri 23 Tembilahan Kota, https://repository.stai-tbh.ac.id/handle/123456789/167
Rina Yuliana, Pembelajaran Membaca Permulaan dalam Tunjauan Teori Artikulasi Penyerta, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA 2017 ISBN 978-602-19411-2-6 343.
Sanafiah Faisal, 1998, Pengumpulan dan Analisis Data Dalam Penelitian Kualitatif, Surabaya: BTMPSI.
Sandra Desi Caesaria dan Albertus Adit, “Kapan Anak Belajar Calistung? Ini Usia yang Pas”, https://www.kompas.com/edu/read/2023/02/04/144700971/kapan-anak-belajar-calistung-ini-usia-yang-pas?page=all
Sastrawijaya, 1991, Pengembangan Program Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Siti Hadijah, Pembelajaran Membaca Permulaan dengan Strategi Kopasus Permainan Kubus di kelas 1 Sekolah Dasar, https://media.neliti.com/media/publications/218580-pembelajaran-membaca-permulaan-dengan-st.pdf.
Soejono A., 1983, Metodik Khusus Bahasa Indonesia, Bandung: Bina Karya.
Suharsini Arikunto, 2010, Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Supriyadi 1992, Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 2, Jakarta: Depdikbud.
Susini, 2020, Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris, Linguistic Community Services Journal, Vol. 1., No. 2.
Tampubolon, 1993, Perkembangan Minat dan Kebiasaan Membaca pada Anak, Bandung: Angkasa.
Windrawati dalam Aldinna Shoffiya Rahmaddanti dan Dedy Indrawan, 2023, Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar, Vo. 2., No. 03.
Yuni Triana Dewi dkk., 2022, “Penerapan Metode Suku Kata dalam Pembelajaran Membaca Permulaan pada Siswa SD Sunan Giri Ngebruk”, Jurnal Educatio, Vo. 8., No. 3.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rabiatun Rabiatun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.