ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 28 SINGKAWANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Zakirun Zakirun ISBI Singkawang
  • Dina Anika Marhayani ISBI Singkawang
  • Evinna Cinda Hendriana ISBI Singkawang,

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.25651

Keywords:

Kemampuan membaca, membaca permulaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas III A di SD Negeri 28 Singkawang Tahun Pelajaran 2023/2024. 2). mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas IIIA di SD Negeri 28 Singkawang Tahun Pelajaran 2023/2024. Pada penelitian ini subjek penelitiannya yaitu siswa kelas IIIA SDN 28 Singkawang yang berjumlah 13 orang dengan siswa perempuan 7 dan siswa laki-laki 6. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes lisan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar tes lisan kemampuan membaca permulaan dan pedoman wawancara semi terstruktur (Semistructure Interview). Teknik analisis data reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan (verification). Hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan membaca permulaan siswa kelas IIIA  SDN 28 Singkawang termasuk dalam kategori “Cukup Baik”. Kemampuan membaca permulaan siswa dari 13 siswa hanya 2 siswa yang masuk kategori “Sangat Baik”, 3 siswa dengan kategori “Baik”, 6 siswa dengan kategori “Cukup Baik” dan 2 siswa dengan kategori “Kurang Baik”. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca permulaan siswa adalah faktor lingkungan, faktor psikologis dan faktor intelektual.

References

Budianti, Y., & Damayanti, N. (2017). Pengaruh metode KWL (Know Want to Learn) terhadap keterampilan dan minat membaca siswa. Indonesian Journal of Primary Education, 1(2), 13-18.

Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Press.

Ferdinandus E. D, (2012). Keterampilan Berbahasa Indonesia. Solobaru: Qinant.

Hidayah, N., & Novita, N. (2017). Peningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Peserta Didik Kelas II C Semester II di MIN 6 Bandar Lampung TA 2015/2016. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 85-102.

Sari, I. (2014). Meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui teknik penataan gagasan bagi anak kesulitan belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 3(1).

Kurnia, A., & Imas, M. (2019). Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas 3 di MI Al-Hidayah Gorda (Studi Kasus Kesulitan Membaca). Jurnal Pendidikan, 6 (2), 182-198.

Masyhuri & M.Zainuddin. (2008). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dan Aplikatif. Bandung: Refika Aditama.

Ningrum, A. (2018). Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Pembelajaran Audio Visual. Jurnal Pendidikan, 1(2): 24-25.

Rahim, F. (2019). Pembelajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta, PT. Bumi Aksara

Downloads

Published

2024-03-25

How to Cite

Zakirun, Z., Marhayani, D. A. ., & Hendriana, E. C. . (2024). ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 28 SINGKAWANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4123–4130. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.25651