ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 28 SINGKAWANG TAHUN AJARAN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.25651Keywords:
Kemampuan membaca, membaca permulaanAbstract
Penelitian ini bertujuan: 1) mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas III A di SD Negeri 28 Singkawang Tahun Pelajaran 2023/2024. 2). mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas IIIA di SD Negeri 28 Singkawang Tahun Pelajaran 2023/2024. Pada penelitian ini subjek penelitiannya yaitu siswa kelas IIIA SDN 28 Singkawang yang berjumlah 13 orang dengan siswa perempuan 7 dan siswa laki-laki 6. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes lisan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar tes lisan kemampuan membaca permulaan dan pedoman wawancara semi terstruktur (Semistructure Interview). Teknik analisis data reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan (verification). Hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan membaca permulaan siswa kelas IIIA SDN 28 Singkawang termasuk dalam kategori “Cukup Baik”. Kemampuan membaca permulaan siswa dari 13 siswa hanya 2 siswa yang masuk kategori “Sangat Baik”, 3 siswa dengan kategori “Baik”, 6 siswa dengan kategori “Cukup Baik” dan 2 siswa dengan kategori “Kurang Baik”. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca permulaan siswa adalah faktor lingkungan, faktor psikologis dan faktor intelektual.References
Budianti, Y., & Damayanti, N. (2017). Pengaruh metode KWL (Know Want to Learn) terhadap keterampilan dan minat membaca siswa. Indonesian Journal of Primary Education, 1(2), 13-18.
Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Press.
Ferdinandus E. D, (2012). Keterampilan Berbahasa Indonesia. Solobaru: Qinant.
Hidayah, N., & Novita, N. (2017). Peningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Peserta Didik Kelas II C Semester II di MIN 6 Bandar Lampung TA 2015/2016. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 85-102.
Sari, I. (2014). Meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui teknik penataan gagasan bagi anak kesulitan belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 3(1).
Kurnia, A., & Imas, M. (2019). Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas 3 di MI Al-Hidayah Gorda (Studi Kasus Kesulitan Membaca). Jurnal Pendidikan, 6 (2), 182-198.
Masyhuri & M.Zainuddin. (2008). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dan Aplikatif. Bandung: Refika Aditama.
Ningrum, A. (2018). Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Pembelajaran Audio Visual. Jurnal Pendidikan, 1(2): 24-25.
Rahim, F. (2019). Pembelajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta, PT. Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zakirun Zakirun, Dina Anika Marhayani, Evinna Cinda Hendriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.