PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAM MENULIS ARTIKEL POPULER PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23982Keywords:
Media Digital, Keterampilan Menulis, Literasi Media.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan media digital dalam menulis artikel populer pada mata kuliah Bahasa Indonesia. Dengan menggunakan metode studi literatur, penelitian ini menggambarkan bahwa media digital memberikan dampak positif terhadap keterampilan menulis mahasiswa. Hasil studi menunjukkan bahwa akses cepat terhadap informasi melalui platform online, peningkatan kreativitas melalui alat-alat penulisan digital, dan interaksi dengan pembaca melalui media sosial dapat meningkatkan kualitas artikel populer yang dihasilkan oleh mahasiswa. Namun, tantangan terkait pemilihan dan verifikasi informasi juga ditemukan, menekankan perlunya pengembangan literasi media. Saran penelitian mencakup integrasi lebih lanjut strategi pembelajaran berbasis teknologi, penekanan pada literasi media, dan peran dosen sebagai fasilitator aktif. Selain itu, penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman tentang bagaimana media digital dapat mendukung pembelajaran Bahasa Indonesia dan menawarkan landasan untuk pengembangan kurikulum yang responsif terhadap perkembangan teknologi.References
Abun, A. R., & Setyaningsih, R. (2023). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI MIS TARBIYATUL ATHFAL LAMPUNG TIMUR DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR. UNISAN JURNAL, 2(7), 100–108.
Dewi, R. D. L. P., & Cangara, H. (2023). The Influence Of Digital Marketing Challenges Through Instagram Media On The 5.0 Era. Prosiding Seminar STIAMI, 10(2), 91–100.
Halim, A., Noor, L. S., Hita, I. P. A. D., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Jasmani. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1601–1606.
Hasmirati, H., Nursyamsi, S. Y., Mustapa, M., Dermawan, H., & Hita, I. P. A. D. (2023). MOTIVATION AND INTEREST: DOES IT HAVE AN INFLUENCE ON PJOK LEARNING OUTCOMES IN ELEMENTARY SCHOOL CHILDREN? Journal on Research and Review of Educational Innovation, 1(2), 70–78.
Hita, I. P. A. D., Dewi, K. A. K., Indrawan, I. K. A. P., Ariestika, E., & Pranata, D. (2023). Socialization of Basketball Game Rules. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, 3(1), 20–27.
Ismawati, E., & Amertawengrum, I. P. (2022). Life of Javanese women in literature text and the real world. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 6(10), 731–739.
Khasanah, U., Bahalwan, K. I., & Andari, N. (2019). IDENTIFIKASI KOMPETENSI DAN PERFORMANSI DALAM KARANGAN BERBAHASA JEPANG. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 6(1).
Kuncoro, B., Punggeti, R. N., Nove, A. H., Amahoru, A., Setyaningsih, R., Handayani, F., & Hita, I. P. A. D. (2023). EFEKTIVITAS MEDIA KARTU BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN MOTIVASI BERMAIN BOLA BASKET PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2505–2515.
Lolang, E., Lasarus, M., & Mentaruk, M. P. (2023). Improving students’ self-confidence through problem-solving approach in mathematics teaching. AIP Conference Proceedings, 2736(1).
Lolang, E., Rais, R., Oualeng, A., & Prayitno, M. A. (2023). Analysis of Educational Messages in The Lion King Movie: Perspectives on Character Education and Environmental Conservation. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(2), 122–130.
Lolang, E., Solong, N. P., Sagita, H., Supriyanto, D., & Aziz, F. (2023). The Influence of Emotional Intelligence, Spiritual and Intellectual on Students’ Ethical Behavior. Journal on Education, 5(3), 7946–7951.
Mahmudi, A. A., Fionasari, R., Mardikawati, B., & Judijanto, L. (2023). Integration of Artificial Intelligence Technology in Distance Learning in Higher Education. Journal of Social Science Utilizing Technology, 1(4), 111–190.
Making, D. K., Syamruth, Y. K., & Weraman, P. (2023). LAPORAN SPASIAL DM TIPE 2 APP QGIS TAHUN 2022 DI KABUPATEN NGADA. Jurnal Pengabdian Komunitas, 2(04), 6–9.
Mardikawati, B., Diharjo, N. N., Saifullah, S., Widyatiningtyas, R., Gandariani, T., & Widarman, A. (2023). PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DAN MENDELEY UNTUK PENYUSUNAN KARYA ILMIAH: PELATIHAN INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11453–11462.
Marlin, K., Tantrisna, E., Mardikawati, B., Anggraini, R., & Susilawati, E. (2023). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPT Terhadap Proses Pendidikan Etika dan Kompetensi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5192–5201.
Mesra, R., Anton, E. E., Sukini, S., Ritawati, R., Ngumarno, J., & Handaru, C. D. (2023). Filmora Video Editing Application Training to Improve Students’ Ability to Make Learning Videos in the Unima Sociology Education Study Program. Abdi Masyarakat, 5(2).
Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas. Journal on Education, 6(1), 35–47.
Nove, A. H., & Purwanta, E. (2022). Development of Mind Mapping as Media for Student Career Planning. International Seminar on Innovative and Creative Guidance and Counseling Service (ICGCS 2021), 16–25.
Pahrijal, R., Priyana, Y., & Sukini, S. (2023). Keterampilan Penting dalam Abad ke-21: Pendidikan dan Kesuksesan Profesional. Jurnal Pendidikan West Science, 1(09), 583–589.
Pranata, D., Hita, I. P. A. D., Ariestika, E., & Suwanto, W. (2023). Analysis of the Implications of Organizing Sports on Economic Growth (A Literature Review). Jurnal Pendidikan Jasmani (JPJ), 4(2), 156–164.
Qurtubi, A., Purwati, S., Ramli, A., Tutiliana, T., & Mardikawati, B. (2023). DEVELOPMENT OF LEARNING TOOLS WITH A SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT MODEL TO FACILITATE STUDENTS’ACADEMIC ABILITIES. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11337–11342.
Setyaningsih, R. (2020). Akulturasi budaya jawa sebagai strategi dakwah. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 5(01), 73–82.
Setyaningsih, R. (2023). Peran Permainan Edukatif dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7299–7307.
Setyaningsih, R., Khodijah, N., & Munir, M. (2021). The effect of single-parent parenting, peer conformity, and self-concept on adolescent religiosity. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2951–2964.
SUKINI, S., Aji, W. N., Indaryanto, B., Suseno, D., & Amertawengrum, I. P. (2023). PELATIHAN PEMETAAN BAHASA INDONESIA SMA BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA BAGI MGMP BAHASA INDONESIA SMA. WIDHARMA-Jurnal Pengabdian Widya Dharma, 2(01), 16–21.
Sukini, T. M., & Faridah, S. (2023). KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA CERPEN BERLINDUNG DI BAWAH PAYUNG YANG ROBEK KARYA AHMADUN YOSI HERFANDA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Sasando: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal, 6(1), 114–127.
Ulimaz, A. (2015). Meningkatkan hasil belajar siswa kelas x pada konsep keanekaragaman hayati menggunakan model pembelajaran inkuiri. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 61–66.
Ulimaz, A. (2016). Penerapan Inkuiri Terbimbing Pada Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII A SMPN 3 Tanjung Dalam Konsep Ekosistem. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 96–100.
Ulimaz, A. (2021). Respon mahasiswa terhadap modul praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada pembelajaran daring mata kuliah teknologi pengolahan limbah. Jurnal Humaniora Teknologi, 7(1), 21–26.
Ulimaz, A., & Agustina, D. K. (2020). Respon Mahasiswa Vokasi Terhadap Pembelajaran Dengan Kahoot Pada Materi Parameter Limbah Cair. SENASTER" Seminar Nasional Riset Teknologi Terapan", 1(1).
Ulimaz, A., Yardani, J., & Widiyastuti, D. A. (2023). Increase Student Learning Activities by Using A Problem-Based Learning Model in Legum Technology Lecture Materials. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 238–246.
Wahyuni, M. M. D., Syamruth, Y. K., Manurung, I. F. E., Weraman, P., & Pareira, M. I. R. D. (2023). Pemberdayaan Keluarga dalam Meningkatkan Self Care Pasien Gagal Ginjal Kronik (GGK) di Daerah Lahan Kering Kepulauan. Genitri Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Kesehatan, 2(2), 107–116.
Weky, N., Syamruth, Y., & Weraman, P. (2023). Pemetaan Risiko Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Kupang dengan Local Moran’s Index (LISA). Jurnal Pengabdian Komunitas, 2(04), 10–17.
Weraman, P., Basri, M., & Keraf, A. S. L. (2023). Development of A Family Ecotherapy Model in Treating Family Members with Chronic Diseases in Mekon Indah, Kupang District. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(11), 9056–9062.
Weraman, P., Kurniawan, W., Mahendika, D., Handajani, S., & Umar, E. (2023). The Relationship Between Patient Satisfaction from Food Quality and Health Clinic Cleanliness. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 10740–10749.
Wulantresna, P., Dewi, R. D. L. P., Prihadini, D., & Retnosari, D. (2022). Analisis Strategi Komunikasi Dalam Pelaksanaan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Grab Merchant Pada Pt. Grab Teknologi Indonesia. LUGAS Jurnal Komunikasi, 6(2), 145–153.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Apriani Riyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.