OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI INA DIGITAL DALAM MEWUJUDKAN EFISIENSI DAN INTEGRASI LAYANAN DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.40991Keywords:
Pelayanan Publik, INA Digital, Integritas Layanan, Era DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan dan solusi dalam optimalisasi pelayanan publik melalui platform INA Digital di Indonesia. Dalam era digital, pelayanan publik menghadapi berbagai permasalahan, seperti kurangnya standardisasi aplikasi, rendahnya literasi digital masyarakat, dan isu keamanan siber. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi dan studi kasus dari berita terkini, dilaksanakan dari tanggal 2 hingga 5 Januari 2025.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama dalam implementasi INA Digital mencakup kesulitan akses akibat banyaknya aplikasi yang tidak terintegrasi dan ketidakpercayaan masyarakat terhadap keamanan data pribadi. Keterlibatan stakeholder dalam pengembangan platform ini juga masih terbatas, menghambat inovasi dan responsivitas layanan. Untuk mengatasi tantangan tersebut, penelitian merekomendasikan beberapa solusi inovatif, termasuk pengembangan sistem single sign-on (INA Pass), integrasi data kependudukan digital, penggunaan teknologi AI untuk pelayanan otomatis, serta kolaborasi lintas sektor yang lebih intensif.Dengan menerapkan solusi-solusi ini, diharapkan kualitas pelayanan publik dapat meningkat secara signifikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa komitmen pemerintah dalam mengimplementasikan inovasi dan melibatkan masyarakat serta stakeholder lainnya adalah kunci keberhasilan optimalisasi pelayanan publik melalui INA Digital.References
DAFTAR PUSTAKA
Azima, D. M., Suadnya, W., & Indiyati, D. (2022). Aplikasi Digital Sebagai Sarana Komunikasi Pemasaran Madu Trigona Desa Salut Melalui PHP2D. Journal of New Media and Communication, 1(1), 16-27.
Cahyani, A., Tiong, K., & Stephanie, S. (2024, August). Effectivity of e-Filing, e-SAMSAT, Tax Incentive on Online Electric Motorcycles Drivers’ Tax Compliance in Indonesia. In 2024 3rd International Conference on Creative Communication and Innovative Technology (ICCIT) (pp. 1-5). IEEE.
Habibie, D. K. (2019). Citizen-Centric E-Goverment Pelayanan Publik. Jurnal Kebijakan Publik, 10(1), 1-8.
Haerana, H., & Riskasari, R. (2022). Literasi Digital dalam Pelayanan Publik. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 131-137.
Hapsari, S. W., Oktavianingtias, E., Zakiyah, B., & Kurniasih, Y. (2021). Pelayanan Publik Berbasis E-Governance Melalui Penerapan Aplikasi ‘Ogan Lopian’bidang Pelayanan Kesehatan Di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat. JMAN Jurnal Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, 5(1), 18-29.
Kurniawan, B., Puspitasari, D., Firjatulloh, N. Q., Tirtoaji, W., & Viviana, D. (2024). Modalitas dalam sambutan Presiden Joko Widodo dalam peluncuran govtech Indonesia linguistik fungsional sistemik. Journal of Contemporary Issues in Primary Education, 2(1), 19-24.
Kusumawati, A. L., & RMIK, A. M. (2024). Eksplorasi Tantangan Dalam Penerapan Sistem Rme. Inovasi dan Tantangan dalam Manajemen Rekam Medis Elektronik: Disertai Studi Kasus Terkini, 7.
Pratama, A., Sukristyanto, A., & Hariyoko, Y. (2022). Pelayanan Publik Melalui E-Klampid dalam Mewujudkan Administrasi Kependudukan Berbasis Good Governace di Kota Surabaya. Journal of Contemporary Public Administration (JCPA), 2(2), 50-56.
Prihartono, D. (2023). Penerapan pelayanan publik berbasis e-governance pada era revolusi industri 4.0. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 14(2), 192-201.
Putra, M. J. N. (2020). Meningkatkan Pelayanan Publik Dengan Menerapkan E-Governance. Jurnal Birokrasi & Pemerintahan Daerah Volume, 2(1).
Tasyah, A., Lestari, P. A., Syofira, A., Rahmayani, C. A., Cahyani, R. D., & Tresiana, N. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital (E-Government) di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 18(2), 212-224.
Tsoraya, N. D., Khasanah, I. A., Prasadana, J. P., Perawati, S., Asbari, M., Noivitasari, D., ... & Asnaini, S. W. (2023). Pengenalan Aplikasi Pelayanan Publik Digital “Tangerang Gemilang”. Journal of Community Service and Engagement, 3(1), 40-49.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bella Kharisma Putri, Nora Eka Putri, Genius Umar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.