OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKMDI ERA EKONOMI DIGITAL

Authors

  • Alfi Hasaniyah Universitas Madura
  • Ummi Wahyuni Universitas Madura
  • Nur Syakherul Habibi Universitas Madura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41725

Keywords:

UMKM, Pemasaran Digital, Daya Saing, Media Sosial, SEO, Content Marketing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran strategi pemasaran digital dalam meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di era ekonomi digital. UMKM memainkan peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia, namun mereka sering menghadapi tantangan besar dalam berkompetisi di pasar yang semakin global dan terhubung secara digital. Pemasaran digital dianggap sebagai solusi potensial untuk memperluas jangkauan pasar, meningkatkan brand awareness, serta memperkuat hubungan dengan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam kepada pelaku UMKM yang telah mengimplementasikan strategi pemasaran digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM yang mengadopsi pemasaran digital melalui media sosial, SEO, dan content marketing berhasil meningkatkan visibilitas dan daya saing mereka di pasar. Terutama, penggunaan media sosial dan iklan berbayar terbukti efektif dalam menjangkau audiens yang lebih luas dengan biaya yang lebih efisien. Namun, tantangan yang dihadapi oleh UMKM terkait keterbatasan pengetahuan, keterampilan teknis, dan sumber daya untuk mengoptimalkan pemasaran digital menjadi hambatan utama. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan manfaat pemasaran digital, UMKM perlu meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka melalui pelatihan dan dukungan lebih lanjut. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi UMKM dan pihak-pihak terkait mengenai pentingnya pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan daya saing di era digital. Saran diberikan untuk meningkatkan pelatihan digital dan kebijakan yang mendukung digitalisasi UMKM.

References

Abdullah, A., Baso, A., Ilham, I., & ... (2023). Digital Marketing, Inovasi Produk Dan Sosial Capital Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada UMKM Produk Koral Dan Ikan Hias. … Intellectuals: Journal …. https://ejournal.indo-intellectual.id/index.php/ifi/article/view/122

Aditria, D., Digdowiseiso, K., & Nurwulandari, A. (2023). Pengaruh Brand Image, E-wom dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi di Hits Burger Antasari Jakarta Selatan. Technomedia Journal. https://ijc.ilearning.co/index.php/TMJ/article/view/2001

Agustini, T. (2021). Prediction Strategi Bisnis Pada Kinerja Perusahaan Skala Kecil Menengah Masa Covid-19. … Journal of Economics, Entrepreneurship, and …. https://journal.ilininstitute.com/index.php/IJoEEI/article/view/829

Alamsyah, A. I. S. (2024). Peran aplikasi Canva dalam mendukung UMKM bersaing di era digital. Journal of Information System, Applied …. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/1448

Amirah, A. (2023). Implementasi Digital Marketing sebagai Strategi dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM Madu Lebah Klanceng. Journal of Community Service (JCOS). https://journals.eduped.org/index.php/jcos/article/view/532

Arini, H., Badarrudin, B., & Kariono, K. (2018). Efektivitas inkubator bisnis dalam pelaksanaan pembinaan usaha masyarakat kecil menegah. … (Public Administration Journal). https://ojs.uma.ac.id/index.php/adminpublik/article/view/1575

Ariza, R. A., & Aslami, N. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Era Digital di Kota Medan. VISA: Journal of Vision and Ideas. https://journal.laaroiba.com/index.php/visa/article/view/834

Asiadhy, Z. R., Aulia, K., Millennia, A. V, & ... (2022). Re-Aktivasi Instagram Sebagai Pemasaran Digital: Studi Kasus Psikologi Pemasaran UMKM BM. ANFUSINA: Journal …. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/anfusina/article/view/13988

Barnett-Page, E., & Thomas, J. (2009). Methods for the synthesis of qualitative research: a critical review. BMC Medical Research Methodology, 9(1), 59. https://doi.org/10.1186/1471-2288-9-59

Choirina, P., Tjiptady, B. C., & ... (2022). Peningkatan marketing UMKM dengan pelatihan desain grafis untuk karang taruna Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. … Journal. https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/i-com/article/view/1195

Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry And Research Design: Choosing Among Five Approaches (3rd ed.). SAGE Publications.

Endrawati, T., Safarudin, M. S., & ... (2023). Pelatihan Manajemen Bisnis Dan Pemasaran Online Bagi Umkm Di Berbagai Provinsi. … Journal: Jurnal …. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/15990

Fitriani, L., Ali, M., & Maniza, L. H. (2021). Efektivitas Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Dimasa Pandemi Covid-19 Tahun 2020 Pada Dinas Koperasi Dan UKM Povinsi NTB. Journal Of Applied Business And …. https://journal.ummat.ac.id/index.php/JABB/article/view/5364

Geraldina, I., Arifin, A. H., Rahim, A. R., & ... (2024). Pemberdayaan Desa dengan Keunikan Kemasan Produk pada “One Village One Product” di Kecamatan Bontomarannu. … Indonesian Journal. http://civiliza.org/journal/index.php/aij/article/view/323

Izza, F. R. A., & Yuniarto, A. S. (2023). Analisis Dampak Penyaluran Dana Zakat Produktif Terhadap UMKM Mustahik. Journal of Trends Economics and …. https://journal.fkpt.org/index.php/jtear/article/view/895

Jamil, M., Mutmainnah, D., & Azizah, M. (2022). Pendampingan Manajemen Usaha Dan Manajemen Keuangan Pada Umkm Bakul Kembang Official Kelurahan Kedurus Kecamatan Karang Pilang Kota Surabaya. … : Journal of Service Learning. https://share.petra.ac.id/index.php/share/article/view/24672

Kadek, K. A. H., & Telagawati, N. (2024). Pengaruh Karakter Kewirausahaan, Digital Marketing Dan E-Commerce Terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran Umkm Sektor Kuliner Di Buleleng. … -Master Of Management Journal. https://jmm.unram.ac.id/index.php/jurnal/article/view/806

Kamaluddin, I. (2020). Peran LAZ Sidogiri Dalam Memberdayakan Ekonomi Masyarakat Pasuruan Melalui Filantropi Islam. Islamic Economics Journal. http://repo.unida.gontor.ac.id/1384/

Kusumaningrum, R., Melinasari, S., & ... (2022). MEMPROGRAMKAN AKSES PEMBIAYAAN SYARIAH BAGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI DESA CINANGNENG, KECAMATAN TENJOLAYA …. … JOURNAL. https://jurnal.febi-inais.ac.id/ojsPengabdian/index.php/SahidDevelopmentJ/article/view/75

Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., & ... (2021). Menjadi “UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal. In … : Journal of …. pdfs.semanticscholar.org. https://pdfs.semanticscholar.org/5896/ebd02dfb226235f2155aaef7495328e3cd05.pdf

Mutmainah, S., & Putra, R. P. (2022). Prosedur Pendaftaran Pinjaman Kredit Usaha Rakyat (Kur) Pada Pt. Bank Rakyat Indonsia (Persero) Tbk. Unt Tanjungsari Cabang Pamanukan. … of Financial Administration Journal. http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/keuangan/article/view/1341

Niati, A., Ariefiantoro, T., Rizkiana, C., & Wiari, A. (2022). Peningkatan Pemahaman Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kemandirian Ekonomi &Kesejahteraan Kelompok UMKM ASMARANDHANA. Journal of Community …. http://jocosae.org/index.php/jocosae/article/view/53

Rayhannisa, A. A., & Pambudi, A. (2024). Collaborative Governance Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pasca Pandemi COVID19 di Dinas Koperasi dan UKM DIY (Studi Kasus Aplikasi …. Journal of Public Policy and …. https://journal.student.uny.ac.id/joppar/article/view/22224

Rimadias, S. (2023). Peningkatan Peran Pemasaran Media Sosial Pada Ukm Mikro Raja Seblak Mumunggang. Community Development Journal. http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/7059

Sari, W. (2022). Pendampingan Pengembangan Pemasaran Dan Kewirausahan Umkm Ultra Mikro Melalui Pemanfaatan Digital Marketing. JE (Journal of Empowerment). https://jurnal.unsur.ac.id/je/article/view/1652

Supandi, A., & Johan, R. S. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Pendapatan Pelaku Umkm Di Kecamatan Cilandak. … (Journal of Applied Business and …. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/JABE/article/view/13701

Supriyanto, A. (2022). Pelatihan Digital Marketing pada UMKM Uliq Food di Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. … : Journal of Community Service …. https://jurnal.universitasputrabangsa.ac.id/index.php/jcse/article/view/80

Yamani, A. Z., Muhammad, A. W., & ... (2019). penguatan ekonomi lokal pada pelaku UMKM berbasis digital di Desa Winduaji Kabupaten Brebes. … Journal of Civil Society. https://ejournal.pnc.ac.id/index.php/madani/article/view/29

Yuwana, S. I. P. (2020). Coronanomics: strategi revitalisasi umkm menggunakan teknologi digital di tengah pandemi covid-19. Journal of Technopreneurship on Economics and …. https://jtebr.unisan.ac.id/index.php/jtebr/article/view/58

Zelvianagita, F., & Prathama, A. (2023). UPAYA DINAS KOPERASI DAN UKM DALAM PEMBERDAYAAN UMKM KERIPIK TEMPE DI DESA KARANGTENGAH PRANDON KABUPATEN NGAWI. Journal Publicuho. http://journalpublicuho.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/194

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

Hasaniyah , A., Wahyuni, U., & Habibi, N. S. (2025). OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKMDI ERA EKONOMI DIGITAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 952–961. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41725

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.