PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN PRIMA MELALUI MEDIA TABEL BIANGAN PRIMA PADA SISWA KELAS IV SDK BHAKTYARSA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23434Keywords:
Matematika, Media Pembelajaran, Prestasi Belajar, Tabel Bilangan PrimaAbstract
Rendahnya prestasi peserta didik di Indonesia tidak hanya karena motivasi belajar, namun juga faktor pengajaran, lingkungan belajar peserta didik dan kemampuan dari peserta didik sendiri. Berdasarkan hasil pengamatan di kelas IV SDK Bhaktyarsa bahwa rendahnya minat belajar siswa terhadap Bilangan Prima dan masih banyak siswa yang nilainya belum mencapai KKM. Berdasarkan pada permasalahan di atas, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul: “ Peningkatan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Bilangan Prima Melalui Media Tabel Bilangan Prima pada Siswa Kelas IV SDK Bhaktyarsa”Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SDK Bhaktyarsa yang berjumlah 30 orang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui Teknik tes, observasi dan dokumentasi.Hasil persentase ketuntasan Siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 60% dan Siklus II meningkatI 83%Data yang diperoleh bahwa sebelum diberlakukannya siklus, persentase ketuntasan hasil belajar siswa pra siklus 40%. Diberlakukannya siklus I persentasi ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 60% dan pada siklus II persentasi ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 83%. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media tabel bilangan prima mampu meningkatkan hasil belajar sisiwa pada materi bilangan prima kelas IV SDK Bhaktyarsa.References
Abdul, W. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkanprestasi Belajar. Istiqra, 5(2), 173–179.
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Amin, M. K., Isnani, I., & Paridjo, P. (2020). Meta Analisis Pengaruh Cooperative Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Prisma, 9(2), 221. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1072
Basri, P. A. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 75 MALEWANG KECAMATAN BANTIMURUNG KABUPATEN MAROS. In Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNM (Vol. 3, Issue 2).
Dini Siswani, M., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube Banyumas. Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2), 11.
Erviana, V. Y., & Muslimah, M. (2019). Pengembangan media pembelajaran tangga pintar materi penjumlahan dan pengurangan kelas I sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(1), 58–68. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i1.23798
FRasam, A., Interdiana, A., Sari, C., Program, D., Pendidikan, S., Universitas, E., Pgri, I., Tujuan, A., Menengah, S., Jakarta, K., & Kunci, K. (2018). Peran Kreativitas guru dalam penggunaan media belajar. Research and Development Journal Of Education, 5(1), 95–113.
Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 104–113. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1750
Naviroh, S. D., Khasanah, F. N., Sya’adah, L. N., & Hanik, E. U. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Prima dengan Model Pembelajaran Teams Game Tournament pada Siswa Kelas IV MI NU Manbaul Hidayah. Yasin, 1(2), 178–191. https://doi.org/10.58578/yasin.v1i2.125
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Putra, S. H. J. (2021a). Effect of Science, Environment, Technology, and Society (SETS) Learning Model on Students’ Motivation and Learning Outcomes in Biology. Tarbawi?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 145–153. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v17i2.1063
Putra, S. H. J. (2021b). Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS): Dampaknya terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 204. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.10030
Sukiyanto, S., Syamsulrizal, S., & Anggreini, D. (2021). Model Mental Konseptual Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Memahami Konsep Faktor Prima. Jurnal Tadris Matematika, 4(2), 153–164. https://doi.org/10.21274/jtm.2021.4.2.153-164
Sylvia, I., Anwar, S., & Khairani, K. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Pendekatan Authentic Inquiry Learning Pada Mata Pelajaran Sosiologi di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 103. https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.162
Tati, T., Putra, S. H. J., & Galis, R. (2020). Pengaruh Mpdel Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (Nht) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Kelas Vii Di Smpk Kimang Bulen Nita. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1(1), 6–14. https://doi.org/10.55241/spibio.v1i1.2
Tristiantari, N. K. D., & Sumantri, I. M. (2016). Cooperative Learning Model Integrated Reading Composition Patterned Lesson Study Improves Reading and Writing Skills. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 203.
Widhayanti, A., Abduh, M., Guru, P. P., & Surakarta, U. M. (2021). Jurnal basicedu. 5(3), 1652–1657.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Natalia Abon Lamen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.