PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MUATAN PELAJARAN IPAS MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT DI KELAS IV SD KARTIKA XVII-I PONTIANAK KOTA

Authors

  • Berti Berti Universitas Tanjungpura
  • Kartono Kartono Universitas Tanjungpura
  • Asmayani Salimi Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22951

Keywords:

Pengembangan, Video pembelajaran animasi, IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video pembelajaran animasi yang valid dan praktis digunakan untuk membantu kegiatan pembelajaran pada muatan pelajaran IPAS materi perubahan wujud zat di kelas IV SD Kartika XVII-I Pontianak Kota. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan mangadaptasi model ADDIE. Sumber data dalam penelitian ini yaitu adalah 30 peserta didik kelas IV SD Kartika XVII-I Pontianak Kota dan 2 orang validator ahli yang terdiri dari ahli media dan ahli materi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media video pembelajaran animasi sudah melalui lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Kevalidan produk media video pembelajaran animasi pada aspek media memperoleh nilai sebesar 4.43 dengan kriteria “Sangat Valid”, dan pada aspek materi memperoleh nilai sebesesar 4.42 dengan kriteria “Sangat Valid”. Kepraktisan produk media video pembelajaran animasi memperoleh nilai sebesar 4.45 dengan kriteria “Sangat Praktis”.

References

Jati, F.K., Kartono., & Halidjah, S. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Berbasis Powerpoint Pada Tema 7 Subtema 1 Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1), 319-328. Diunduh dari https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun

Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 08(05), 893-903. Diunduh dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35876

Haviz , M. (2016). Reseach and development; Penelitian dibidang kependidikan yang inovtif, produktif dan bermakna. Ta'dib, 16(1), 33. Retrieved from file:///C:/Users/ASUS/Downloads/2013 M.HavizRnDPenelitiandiBidangKependidikan.pd

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: UMSIDA Press

Ponza, P. J. R., Jampel, N., &Sudarma, K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. 6(1), 9-19. Diunduh dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20257

Putri, S. D., & Citra, D. E. ( 2019). Problematika Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kota Bengkulu. Indonesian Journal of Social Science Education. 1(1), 49-54. Diunduh dari https://media.neliti.com/media/publications/271186-problematika-guru-dalam-menggunakan-medi-0dc3c92c.pdf

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Downloads

Published

2023-12-18

How to Cite

Berti, B., Kartono, K., & Salimi, A. . (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MUATAN PELAJARAN IPAS MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT DI KELAS IV SD KARTIKA XVII-I PONTIANAK KOTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3568–3576. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22951