MEDIA POWERPOINT BERBASIS VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN IKIP GUNUNGSITOLI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1701Keywords:
Powerpoint Berbasis Video, Hasil Belajar Mahasiswa, Keterlaksanaan Pembelajaran.Abstract
Selain strategi dan model pembelajaran, media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kegiatan pendidikan dan pembelajaran. Media powerpoint berbasis video digunakan agar proses pembelajaran menjadi lebih menarik, menyenangkan dan mudah dipahami. Tujuan penelitian ini adalah menggunakan media Powerpoint berbasis video untuk memperoleh informasi tentang hasil belajar, proses pembelajaran, dan reaksi mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di IKIP Gunungsitoli dengan sasaran mahasiswa semester gasal yang berjumlah 27 mahasiswa. Variabel yang diteliti yakni hasil belajar mahasiswa, proses pembelajaran, serta respon mahasiswa. Pengumpulan data hasil belajar dengan tes uraian, proses pembelajaran dengan pengamatan kelas, dan respons mahasiswa dengan kuesioner (angket) respons dalam menggunakan media powerpoint berbasis video. Hasil belajar mahasiswa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 80,7 dengan ketuntasan belajar mahasiswa mencapai 81%, untuk proses pembelajaran berjalan lancar dengan nilai rerata 4,51 dari skor maksimum 5. Mahasiswa merespons baik dengan nilai sebesar 84,96 dari nilai maksimal 100. Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media powerpoint berbasis video memiliki peran positif terhadap hasil belajar mahasiswa.References
Agustina, A. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Video untuk Melatih Kemampuan Memecahkan Masalah pada Materi Larutan Asam Basa. UNESA Journal of Chemical Education, 1(1).
Diah, I., & Nita, S. (2018). Media embelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68–75.
Dakhi, O., Jama, J., Irfan, D., Ambiyar, Ishak. (2020). Blended Learning: A 21st Century Learning Model At College. International Journal Of Multi Science, 1(8), 50-65.
Fadhli, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 2433.
Fajra, M., Suparno, Sukardi, Ambiyar, Novalinda, R. (2020). Project-Based Learning Innovation To Improve The Suitability Of Productive Competencies In Vocational School With The Needs Of The World Of Work. International Journal Of Multi Science, 1(8), 1-11.
Rezeki, S., & Ishafit. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI pada Pokok Bahasan Momentum. JPPPF-Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 29–34.
Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, M.M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, Vol.6 No.1, 90-96, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Padangsidimpuan. https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.668
Sholihin, K. H. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powerpoint pada Mata Diklat Teknik Bubut Di SMK Negeri II Pengasih. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Srimaya. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi siswa. Jurnal Biotek, 5 (1).
Sugiyono. (2013). Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zagoto, Maria M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.139
Zagoto, Maria M., Nevi Yarni & Dakhi, O (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.
Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review SPendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.