PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI DI SMP NEGERI 1 JAMBESARI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20831Keywords:
Pembelajaran, Model Pembelajaran, Literasi, NumerasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk bisa mendeskripsikan kemampuan numerasi dan literasi siswa sekolah menengah pertama dengan cara membaca intensif denngan menggunakan suatu model yang biasanya disebut dengan model Cooperative Script. Adanya tujuan penelitian ini juga memungkinkan adanya penilaian serta mengetahui bagaimana penggunaan data dan pembelajaran tipe Koperatif. Kegiatan yang membutuhkan beberapa kajian teori juga menjelaskan bahwa penelitian juga dilaksanakan dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran Cooperative Script memperoleh hasil pada tahap pertama dan kedua terpaut rentan persentase yaitu 4% dan memiliki 80% siswa aktif pada tahap yang kedua. Hal ini membuktikan pada saat peneitian juga harus mempertimbangkan bebeapa progres yang cukup besar serta perlunya beberapa metode untuk menggunakan model Cooperative Script. Pembelajaran Cooperative Script juga diartikan sebagai suatu pembelajaran yang dalam pembuatnnya memerlukan tahapan dan bergantian untuk mempelajari materi pada model pembelajaran ini setiap siswa perlu berpasangan maupun berkelompok.References
Agustin, M. K. D., & Anwar, W. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kewarganegaraan. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 461–468. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v9i1.6669
Ahmad, I. F. (2022). Urgensi Literasi Digital di Indonesia pada Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Tinjauan Sistematis. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.14421/njpi.2022.v2i1-1
Endang Kusripinah, R. R., & Subrata, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Untuk Meningkatan Literasi Baca Tulis: Literature Review. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2), 29–38. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.13507
Firda, A., & Suharni, S. (2022). Tingkat Kemampuan Literasi Sains Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3868–3876. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1928
Joko Raharjo, T., Rusdarti, R., Subali, B., Suminar, T., Harianingsih, H., & Rahmawati, S. (2023). Pelatihan Penguatan Literasi Sains Bagi Guru Sekolah Indonesia-Jeddah, Saudi Arabia. Journal of Community Empowerment, 3(1), 1–6. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jce
Kamariah, Muhlis, & Ramdani, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Literasi Sains Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 210–215. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2925
Kristanto, D. H. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Sman 1 Tarik. Pendidikan Bahasa Jerman, IV(1), 49–60. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/laterne/article/view/11024/10548
Mahdalena, S., & Sain, M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VA Siswa Sekolah Dasar Negeri 010 Sungai Beringin. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 118–138. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.63
Nurbaeti, N., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.328
Simanullang, K. (n.d.). MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT MELALUI WORKSHOP satu indikator dari kompetensi professional guru . Namun kenyataan di SMP Setia Sunggal Kabupaten Deli Serdang provinsi Sumatra Utara menunjuk. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(3), 67–71.
Sinaga, K., Simamora, L. R. T., & Sitanggang, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Keaktifan Belajar Pak Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Lintongnihuta Tahun Pembelajaran 2022 / 2023 pembelajaran . Keaktifan merupakan kegiatan yang bersifat fisik maupun mental , yaitu berbuat sendiri . 1(4), 166–174.
Yuliana, E., Satria, T. G., & Kusnanto, R. A. B. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia SD. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(3), 203–210. https://doi.org/10.47
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rery Irmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.