PENGARUH METODE PENGAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH MENENGAH

Authors

  • Eka Melati Institut Teknologi Mitra Gama
  • Mirdan Kurniawan Universitas Muhammadiyah Kotabumi
  • Marlina Marlina Institut Agama Islam Negeri Takengon
  • Sonny Santosa Universitas Buddhi Dharma
  • Rani Zahra Universitas Rokania
  • Yulian Purnama UIN Saizu Purwokerto

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Inggris, Metode Pengajaran Berbasis Teknologi, Kemampuan Berbicara, Sekolah Menengah, Studi Literatur.

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh metode pengajaran berbasis teknologi terhadap kemampuan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah menengah. Studi literatur digunakan sebagai pendekatan utama dalam menganalisis temuan-temuan penelitian sebelumnya. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, memungkinkan perkembangan kemampuan berbicara yang lebih aktif, dan mendukung kemandirian belajar siswa. Selain itu, teknologi memfasilitasi pengukuran dan pemantauan kemajuan siswa dengan lebih efisien. Namun, tantangan seperti ketersediaan akses teknologi yang tidak merata dan masalah keamanan data juga perlu diatasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan panduan praktis bagi guru dan pengambil kebijakan pendidikan dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Inggris serta untuk meningkatkan pemahaman tentang peran teknologi dalam pendidikan.

References

Ariestika, E., Pranata, D., Hita, I. P. A. D., & Armanjaya, S. (2022). Literature Review: Exercise for Patients with Type 2 Diabetes Mellitus Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Jasmani (JPJ), 3(2), 104–114.

Berutu, W. Y. N. (2019). Analisis Sistem Penjaminan Mutu Internal Dalam Meningkatkan Kinerja Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMSU.

Dermawan, H., Malik, R. F., Suyitno, M., Dewi, R. A. P. K., Solissa, E. M., Mamun, A. H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Solusi Peningkatan Minat Baca Pada Anak Sekolah Dasar. Edusaintek?: Jurnal Pendidikan Sains Dan Tekhnologi, 10(1), 311–328. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.723

Dewi, K. C., Ciptayani, P. I., Surjono, H. D., & Priyanto. (2019). Blended Learning Konsep dan Implementasi pada Pendidikan. In Kadek Cahya Dewi, S.T., M.Cs Putu Indah Ciptayani, S.Kom., M.Cs Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D Dr. Priyanto, M.Kom (Issue 28).

Dwi Rita Nova, D., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i2.2515

Fathoni, T., Asfahani, A., Munazatun, E., & Setiani, L. (2021). Upaya peningkatan kemampuan public speaking pemuda sragi ponorogo. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 2(1), 23–32.

Fatmawan, A. R., Dewi, N. P. A., & Hita, I. P. A. D. (2023). SKIMMING AND SCANNING TECHNIQUE: IS IT EFFECTIVE FOR IMPROVING INDONESIAN STUDENTS’READING COMPREHENSION? EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 1181–1198.

Halim, A., Noor, L. S., Hita, I. P. A. D., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Jasmani. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1601–1606.

Hasana, N. I., Sugihartono, T., & Raibowo, S. (2021). Pengembangan Model Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis ICT Dalam Pembelajaran PJOK Pada Guru SD Negeri Se-Kecamatan Seluma. SPORT GYMNASTICS?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 60–69. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i1.14911

Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17–28.

Hita, I. P. A. D., Astra, I. K. B., & Lestari, N. M. S. D. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Control Kaki Bagian Dalam Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 5(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/14784

Hita, I. P. A. D., Kushartanti, B. M. W., & Nanda, F. A. (2020). Physical Activity, Nutritional Status, Basal Metabolic Rate, and Total Energy Expenditure of Indonesia Migrant Workers during Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(2), 122–128. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i2.26791

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988

Prabowo, R. A., Hita, I. P. A. D., Lubis, F. M., Patimah, S., Eskawida, E., & Siska, S. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Dribbling Permainan Bola Basket. Journal on Education, 5(4), 12648–12658. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2253

Sappaile, B. I., Ahmad, Z., Hita, I. P. A. D., Razali, G., Dewi, R. D. D. L. P., & Punggeti, R. N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif: Apakah efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik? Journal on Education, 6(1), 6261–6269.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suwarma, D. M., Munir, M., Wijayanti, D. A., Marpaung, M. P., Weraman, P., & Hita, I. P. A. D. (2023). Pendampingan Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Dan Motivasi Belajar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1234–1239. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13044

Downloads

Published

2023-10-06

How to Cite

Melati , E. ., Kurniawan, M. ., Marlina, M., Santosa, S. ., Zahra, R. ., & Purnama, Y. . (2023). PENGARUH METODE PENGAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH MENENGAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 14–20. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/19618

Most read articles by the same author(s)