ANALISIS EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29469Keywords:
Media Digital, Pembelajaran Bahasa Inggris, Efektivitas Pembelajaran, Teknologi Pendidikan, Aplikasi PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media digital dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui metode studi literatur. Media digital, seperti aplikasi pembelajaran bahasa, platform e-learning, dan sumber daya online, telah mengubah cara pembelajaran bahasa Inggris dilakukan, menawarkan fleksibilitas, aksesibilitas, dan interaktivitas yang tinggi. Studi literatur menunjukkan bahwa media digital dapat meningkatkan berbagai aspek kompetensi bahasa Inggris, termasuk kemampuan berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis. Namun, tantangan seperti keterbatasan akses teknologi, kualitas konten, dan potensi distraksi tetap ada. Penelitian ini mengidentifikasi beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan penggunaan media digital, seperti ketersediaan infrastruktur teknologi, desain dan kualitas konten, keterlibatan dan motivasi siswa, serta dukungan dan pelatihan guru. Untuk mengoptimalkan manfaat media digital dalam pembelajaran bahasa Inggris, disarankan peningkatan infrastruktur teknologi, pelatihan guru, pengembangan konten berkualitas, dan panduan pengelolaan waktu bagi siswa. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pendidik, pembuat kebijakan, dan pengembang teknologi pendidikan dalam merancang dan mengimplementasikan solusi pembelajaran digital yang efektif.References
Bahasoan, A. N., Soumena, F. Y., & Arsyad, R. (2023). Identifying Increasing Poverty in Indonesia: Does the Human Development Index and Unemployment Affect Poverty in Indonesia? Migration Letters, 20(8), 585–605.
Behuku, R., Rumalean, I., & Lelapary, H. L. (2022). PEMERTAHANAN BAHASA BURU PADA KALANGAN REMAJA DI DESA WAENALUT KECAMATAN NAMROLE KABUPATEN BURU SELATAN. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(3), 763–778.
Dharma Sanjaya, P. M., & Rediani, N. N. (2022). Pembelajaran Berbantuan Video Model Latihan Renang Gaya Bebas Terhadap Penguasaan Gaya Bebas dan Kecepatan Renang Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 295–303. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.50248
Dirmawati, D., Sapitri, N. A., Soumena, F. Y., & Mustakim, D. (2023). The Influence of Islamic Branding and Brand Ambassadors on Purchase Intention at Tokopedia. International Journal of Engineering Business and Social Science, 1(04), 1269–1277.
Fajarnita, A., & Herlitawati, H. (2023). Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Melalui Media Digital Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Pencegahan Stunting. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Kesehatan (JURRIKES), 2(1), 187–197. https://doi.org/10.55606/jurrikes.v2i1.1008
Fathurohman, F., Marzuki, M., & Baharta, R. (2023). THE INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA USE ON THE SELF-PERCEPTION AND SOCIAL RELATIONS OF TEENAGERS IN THE DIGITAL ERA. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, 1(2), 111–119.
Firdaus, M., & Muryanti, E. (2020). Games edukasi bahasa inggris untuk pengembangan kosakata bahasa inggris pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1216–1227.
Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).
Hasanah, I., & Rodi’ah, S. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbantu Media Book Creator Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(2), 23–35.
Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17–28.
Hita, I. P. A. D., Lestari, N. A. P., Dewi, M. S. A., Astuti, N. M. I. P., & Fatmawan, A. R. (2023). Media Kartu Bergambar: Apakah Berpengaruh Terhadap Peningkatan Keterampilan Anak Sekolah Dasar Dalam Bermain Bola Basket? Jurnal Marathon, 2(1), 16–23. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/marathon/article/view/66267
Idayanti, R., Irma, I., & Wahyu, N. (2024). The Impact of Sharia Working Capital Financing and SME Investments on Economic Growth in South Sulawesi. East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 3(5), 1875–1898.
Jasiah, J., Mayasari, M., Haniko, P., Munisah, E., Pebriani, E., Apriza, B., & Hita, I. P. A. D. (2023). Media Kartu Bergambar untuk Anak Usia Dini: Apakah Memiliki Pengaruh terhadap Peningkatan Motivasi Belajar? Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7149–7157.
Kuncoro, B., Punggeti, R. N., Nove, A. H., Amahoru, A., Setyaningsih, R., Handayani, F., & Hita, I. P. A. D. (2023). EFEKTIVITAS MEDIA KARTU BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN MOTIVASI BERMAIN BOLA BASKET PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2505–2515.
Larasati, M. I., Subroto, D. E., & Tabrani, M. B. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EVALUASI ONLINE BERBASIS QUIZIZ PADA MATA PELAJARAN SIMULASI KOMUNIKASI DAN DIGITAL (SIMDIG) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK PASUNDAN 1 KOTA SERANG. Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(5), 180–190.
Marzuki, M. (2022). PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI SEKOLAH PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KETUNGAU HILIR. Edumedia: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1).
Marzuki, M. (2023a). PELAKSANAAN FUNGSI KOMUNIKASI ADMINISTRASI DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MELAWI. Journal of Educational Review and Research, 6(1), 1–12.
Marzuki, M. (2023b). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Siswa materi ekosistem di Kelas XA Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sintang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22269–22280.
Marzuki, M. (2023c). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas XI IPA B SMA Immanuel Sintang: The Effect of Using Video Media on Learning Outcomes in Human Digestive System Material in Class XI IPA B SMA Immanuel Sin. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 156–163.
Marzuki, M., & Bayer, M. (2023). PENERAPAN METODE RESITASI PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DALAM KONDISI COVID 19 DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BELITANG HULU. Edumedia: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 14–24.
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Mislan, & Santoso, D. A. (2019). Peran Pengembangan Media Terhadap Keberhasilan Pembelajaran PJOK di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 12–16. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/585
Muhsyanur, M., & Rumalean, I. (2024). THE INFLUENCE OF POSITIVE THINKING ON LANGUAGE POLITENESS: A CASE STUDY OF IAI AS’ADIYAH SENGKANG STUDENTS. FALSAFTUNA: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 1(1), 80–89.
Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas. Journal on Education, 6(1), 35–47.
Putranto, A., & Puspita, R. (2023). AKTIVISME DIGITAL PERSPEKTIF: GAMBAR BUAH SEMANGKA SEBAGAI INTERAKSI SIMBOLIK BAGI PALESTINA. Jurnal Komunikasi Dan Media Digital, 1(2), 1–14.
Ramadhanti, D., Rumalean, I., & Idman, M. (2024). Peningkatan Pengetahuan Orang Tua Siswa Sekolah Dasar Tentang Keuntungan Pembelajaran Berbasis Digitalisasi (Dalam Jaringan) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia, 3(2), 21–27.
Riwayatiningsih, R., Wicaksono, A., Khoiriyah, K., Sulistyani, S., & Puji, M. (2021). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Guru Bahasa Inggris di Kediri melalui Pelatihan Public Speaking. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 112–118.
Sidi, S., Rumalean, I., & Lelapary, H. (2022). Campur Kode Bahasa Indonesia Ke Dalam Bahasa Geser-Gorom Pada Kolom Komentar Grup Media Sosial Facebook Newpilar Seram Bagian Timur. JENDELA PENGETAHUAN, 15(1), 46–53.
Soumena, F. Y., Umaima, U., Nurwahida, N., & Syam, D. R. Y. (2024). The Influence of SME Funding and Non-Performing Financing on Indonesia’s Economic Growth in The Period 2015-2022. Return: Study of Management, Economic and Bussines, 3(2), 166–180.
Sugiarso, B. A., Narasiang, B. S., Pranajaya, S. A., Gunawan, T., Fayola, A. D., Marzuki, M., & Arifianto, T. (2024). PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM MENYAJIKAN MATERI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4999–5004.
Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G. ALFABETA.
Suryadi, Y., & Al-Shreifeen, I. A. (2024). ISLAMIC EDUCATION LEADERSHIP: STUDY ON MADRASAH MANAGEMENT IN INDONESIA. Indonesian Journal of Education (INJOE), 4(1), 25–38.
Tomia, S., Pattiasina, P. J., & Rumalean, I. (2023). Struktur Mikro Stand Up Comedy Abdur Di Channel Youtube Stand Up Kompas TV Wacana Kritis Van Dijk. JENDELA PENGETAHUAN, 16(1), 65–77.
Triyono, A. (2019). Pendidikan Karakter pada Sistem Boarding School. Jurnal Kependidikan, 7(2), 251–263. https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3085
Tutuk, T. W., Maliki, O., & Wiyanto, A. (2021). Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Materi Renang Melalui Media Aplikasi Zoom Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Negeri 1 Sale Rembang. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 2(3), 347–356. https://doi.org/10.53869/jpas.v2i3.105
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645.
Wahyuanto, E. (2024). Menakar Kinerja dan Profesi Dosen. Arta Media Nusantara.
Al-Maroof, R. A. S., & Al-Emran, M. (2018). Students' acceptance of Google Classroom: An exploratory study using PLS-SEM approach. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 13(06), 112-123. https://doi.org/10.3991/ijet.v13i06.8275
Lin, H., & Chen, T. (2016). Impact of self-efficacy and Internet anxiety on electronic learning: An empirical study in Taiwan. Internet Research, 26(1), 225-238. https://doi.org/10.1108/IntR-09-2013-0198
Yang, J. C., & Fang, S. S. (2020). Interactive learning environments: Effects of pre-reading strategy training on EFL reading comprehension. Interactive Learning Environments, 28(1), 17-32. https://doi.org/10.1080/10494820.2018.1552874
Zainuddin, Z., & Perera, C. J. (2019). Exploring students' competence, autonomy, and relatedness in the flipped classroom pedagogical model. Journal of Further and Higher Education, 43(1), 115-126. https://doi.org/10.1080/0309877X.2017.1356916
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eka Melati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.