PENGARUH TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN

Authors

  • Anggun Oktavia Naibaho Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Bangun Bangun Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Jojor Silalahi Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19353

Keywords:

Behavioristik, Hasil belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh teori belajar Behavioristik terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bersikap dekktiptif. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Swasta Nasional Gultom yang beragama Kristen. Dalam penelitian ini peserta didik kelas IX yang beragama Kristen yang sekolah di SMP Swasta Nasional Gultom sebanyak 50 orang dan sampel digunakan ialah sebanyak 33 orang yang terdiri dari kelas IX 2 (Ekperimen) 18 orang dan kelas IX 3 (Kontrol) sebanyak 15 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Teori belajar dalam pembelajaran pendidikan Agama Kristen Terhadap Hasil Belajar peserta didik Kelas IX SMP Swasta Nasional Gultom”. Hasil belajar PAK peserta didik yang menggunakan Teori belajar behavioristik dalam metode eksperimen lebih baik dari pada hasil belajar PAK peserta didik  yang menggunakan model konvensional di SMP Swasta Nasional Gultom. Berdasarkan hasil interpolasi didapat harga ttabel = 1,69 sehingga thitung = 4.481 > ttabel = 1, 692 karenathitung >ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak,ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh teori belajar behavioristik terhadap  hasil belajar peserta didik di  kelas IX SMP Swasta Nasional Gultom. Kata Kunci: Behavioristik, Hasil belajar. The aim of this research is to determine the extent of influence of Behavioristic learning theory on student learning outcomes. This research uses descriptive quantitative methods. The subjects of this research were students in class IX of Gultom National Private Middle School who were Christians. In this research, there were 50 Christian class IX students studying at Gultom National Private Middle School and the sample used was 33 people, consisting of 18 people in class IX 2 (Experiment) and 15 people in class IX 3 (Control). Based on the results of research and discussion of the thesis with the title "The Influence of the Application of Learning Theory in Christian Religious Education Learning on the Learning Outcomes of Class IX students at Gultom National Private Middle School". The PAK learning outcomes of students who use behavioristic learning theory in the experimental method are better than the PAK learning outcomes of students who use conventional models at Gultom National Private Middle School. Based on the interpolation results, the value of ttable = 1.69 is obtained so that tcount = 4,481 > ttable = 1.692 because tcount >ttable then Ha is accepted and Ho is rejected, this concludes that there is an influence of behaviorist learning theory on the learning outcomes of students in class IX of Gultom National Private Middle School.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi, Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara.

Bambang Warista.2008. Teori teori belajar Robert M Gagne dan implikasinya pada pentingnya pusat sumber belajar.

Dahar, Ratna Wilis.2006. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Bandung: Penerbit Erlangga.

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik(Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011).

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Harianto. 2012. Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab dan Pendidikan Dunia Masa Kini. Surabaya: Penerbit ANDI.

Mohammad Syamsul Anam. Wasis D. Dwiyogo. 2018. Teori belajat Behavioristik dan implikasinya dalam pembelajaran.

Republik Indonsia, Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS, bab II, Pasal 3.

Robert Bhoelke. 2013. Sejarah perkembangan pikiran dsn praktek Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Sudjana.2005. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.

Susanti. 2016. Pengaruh penerapan teori belajar gangne menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri I 38 Palembang. Skripsi. Univeritas Islam Negeri Raden Fatah: Program studi Pendidikan Matematika.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian (28th Ed.)

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Remaja Rosdakarya 2009),

Soesilo, T. D. (2015). Teori dan Pendekatan Belajar Aplikasinya dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Hitipeuw, Imanuel. 2009. Belajar & Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Irham, W. (2015). Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta; Arr-Ruzz Media.

Nahar, Novi Irawan, ‘Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran”,’ Dalam Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1 (2016), 72

Rahyubi, Heri, 2012, Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik, (Deskriptif dan Tinjauan Kritis), Cet-I, Bandung: Nusa Media.

Sumadi Suriyabrata, 2014, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Muhibbinsyah, 2013, Psikologi Pendidikan, (Pendekatan Baru), Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sujanto, Agus, 2009, Psikologi Umum, Jakarta: Bumi Aksara

Sukmadinata, Nana Syaodih, 2003, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Novi Irawan Nahar, “Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran,” Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial1, no. 72 (2016

Abu Ahmadi, Psikologi Umum(Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003)

Winataputra.dkk., Teori Belajar Dan Pembelajaran(Jakarta: Univesitas Terbuka, 2011).

Haryanto, Budi. Psikologi Pendidikan Dan Pengenalan Teori-Teori Belajar. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2004

Downloads

Published

2023-08-10

How to Cite

Naibaho, A. O., Bangun, B., & Silalahi, J. (2023). PENGARUH TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 58–67. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19353

Most read articles by the same author(s)