EVALUASI BERBASIS GAME EDUKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN BERFIKIR KRITIS SISWA GENERASI Z KELAS X DI SMK PASUNDAN 1 KOTA SERANG

Authors

  • Gina Fajriani Universitas Bina Bangsa
  • Dewi Surani Universitas Bina Bangsa
  • Ade Fricticarani Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18411

Keywords:

Game Edukasi, Wordwall, Berfikir Kritis

Abstract

penelitian ini di latar belakangi dengan adanya masalah kurangnya variasi media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis isswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan evaluasi berbasis game edukasi wordwall efektif dapat meningkatkan berfikir kritis siswa generasi z kelas X di SMK Pasundan 1 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatann kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket skala likert, dokumentasi dan observasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 156 siswa kelas X dengan sampel yang diambil 35 sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa penggunaan evaluasi berbasis game edukasi wordwall efektif dapat meningkatkan berfikir kritis siswa generasi z kelas X di SMK Pasundan 1 Kota Serang. Dengan hasil Uji T pada penelitian tersebut yaitu thitung ? t tabel memiliki hasil yang signifikan antara game edukasi wordwall (X) dengan berfikir kritis (Y) dengan hasil R Square menunjukkan bahwa variabel game edukasi wordwall memiliki kontribusi sebesar 94,5% terhadap kemampuan berfikir kritis dengan pengujian secara parsial dengan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 23.753? 2.034 dengan tingkat signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,00? 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa variabel game edukasi wordwall signifikan terhadap kemampuan berfikir kritis siswaBerdasarkan hasil uji koefisien determinasi dengan nilai R square 94% Pada rentang kepercayaan sebesar 94% didapatkan kesimpulan bahwa terdapat cukup bukti untuk mengatakan bahwa variabel independen yaitu game edukasi wordwall memiliki keefektifan terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas X SMK Pasundan 1 Kota Serang dengan nilai R square 94,5%

References

Adityara, S., & Rakhman, R. T. (2019). Karakteristik Generasi Z dalam Perkembangan Diri Anak Melalui Visual. Seminar Nasional Seni Dan Desain 2019, Surabaya, Indonesia, September 2019, September, 401–406.

Daniati, N., Handayani, D., Yogica, R., & Alberida, H. (n.d.). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Padang tentang Materi Pencemaran Lingkungan Analysis Of Critical Thinking Skill Level Of Students Smp Negeri 2 Padang about Environmental Pollution. 1–10.

Hidayanti, D., As’ari, A. R., & Daniel, T. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Krirtis Siswa SMP Kelas XI Pada Materi Kesebangunan. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I) Universitas Muhammadiyah Surakarta, 12 Maret 2016, Knpmp I, 276–285.

Ismail, D. H., & Nugroho, J. (2022). Kompetensi Kerja Gen Z di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1300–1307. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.566

Lestari, R. D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall Di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 111–116. https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no2.a11309

Ma’rifah, M. Z., & Mawardi, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Hyflex Learning Berbantuan Wordwall. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 225–235. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p225-235

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005

Retno, E. W., Rochmad, & St. Budi Waluyo. (2018). Penilaian Kinerja Sebagai Alternatif Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar NasionalMatematika,1,522–530. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20134/9545

Sari P, & Yarza H. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195–199.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013

Surani, D. (2019). Studi literatur: Peran teknolog pendidikan dalam pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456–469.

Widoretno, S., Setyawan, D., Mukhlison. (2021). Efektifitas Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Anak. Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional 2021, Vol. 1, 287–295.

Wildan, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Gaull ( Game Edukasi Wordwall ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sdit Bina Insani Kabupaten Serang ( The Effectiveness of using GAULL ( Wordwall Education Game ) to Improve 5 th Grade Students Learning Outcomes a. 10(1), 9–18.

Downloads

Published

2023-09-05

How to Cite

Fajriani, G., Surani, D., & Fricticarani , A. . (2023). EVALUASI BERBASIS GAME EDUKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN BERFIKIR KRITIS SISWA GENERASI Z KELAS X DI SMK PASUNDAN 1 KOTA SERANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 36–42. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18411