IMPLEMENTATION OF THE TAI TYPE COOPERATIVE LEARNING MODEL IN MATHEMATICS LEARNING SPLDV MATERIAL

Authors

  • Rifdania Deviany Lohonauman Universitas Negeri Manado
  • Ichdar Domu Universitas Negeri Manado
  • Vivian E. Regar Universitas Negeri Manado
  • Navel Oktaviandy Mangelep navelmangelep@unima.ac.id

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18142

Keywords:

Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe TAI, Matematika, SPLDV

Abstract

Dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Modayag Barat dipaparkan pada materi SPDV dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif terhadap TAI. Kedua kelompok dalam penelitian ini menggunakan desain kelompok kontrol non-ekuivalen yang dipilih tanpa menggunakan seleksi acak. Untuk mengetahui kondisi baseline dan tingkat pemahaman materi SPLDV serta baseline kemampuan matematika, dilakukan pretest pada kedua kelompok. Siswa kelas VIII A dan VIII B menjadi sampel penelitian sebanyak 40 siswa. Tes adalah instrumen yang digunakan. Statistik deskriptif dan statistik inferensial digunakan dalam proses analisis data. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar siswa pada pretest kelas eksperimen sebesar 34, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 32,9. Pada kelas eksperimen rata-rata hasil belajar setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI sebesar 82,3, sedangkan pada kelas kontrol rata-rata hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran ekspositori sebesar 75,1. H0 Ditolak dapat disimpulkan dari temuan analisis inferensial bahwa thitung > ttabel (2,4 > 1,70). Akibatnya terdapat kesenjangan antara hasil belajar matematika materi SPLDV siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif terhadap TAI dengan yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran ekspositori. Studi ini menunjukkan bagaimana teknik pembelajaran kooperatif seperti TAI dapat meningkatkan kinerja akademik siswa secara signifikan.

References

Achdiyat, M., & Andriyani, F. (2016). Hasil belajar matematika ditinjau dari model pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3).

Arifah, U., & Saefudin, A. A. (2017). Menumbuhkembangkan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery. Union: Jurnal Pendidikan Matematik, 5(3), 263-272.

Cahyaningsih, U. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (team assisted individualization) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1).

Dahlan, S., Sari, R., & Mansor, R. (2019). Kompetensi pedagogik: Sebuah tinjauan tentang internalisasi nilai-nilai karakter pada pembelajaran matematika SD. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 9-18.

Haryono, D. (2014). Filsafat Matematika (Suatu Tinjauan Epistemologi dan Filosofis).

Kahar, M. S., & Layn, M. R. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 95-102.

Kurniawan, I., Abdillah, R., & Rahadyan, A. (2021). Sosialisasi Penerapan Metode Pembelajaran Steam Pada Kurikulum K-13. Indonesian Journal Of Community Service, 1(4), 687-693.

Luthfia, L., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kesalahan menurut tahapan kastolan dan pemberian scaffolding dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Journal on Education, 1(3), 396-404.

Mulyadin, E., & Riyadi, K. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) dengan Pendekatan Saintifik (Metode 5M) Terhadap Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SMA/MA Negeri Kec. Sape. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 6(2), 103-112.

Nisa, A., MZ, Z. A., & Vebrianto, R. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 4(1), 95-105.

Ramadhani, K., & Azis, Z. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMK PAB 2 Helvetia Medan TP 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1), 34-40.

Saman, S., & Tiro, A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Dalam Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-12.

Sutriningsih, N., Pratiwi, R., & Utami, B. H. S. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). JURNAL e-DuMath, 4(2), 11-20.

Wali, G. N. K., Winarko, W., & Murniasih, T. R. (2020). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan penerapan metode tutor sebaya. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(2), 164-173.

Downloads

Published

2023-08-22

How to Cite

Lohonauman, R. D. ., Domu, I. ., Regar, V. E. ., & Mangelep, N. O. . (2023). IMPLEMENTATION OF THE TAI TYPE COOPERATIVE LEARNING MODEL IN MATHEMATICS LEARNING SPLDV MATERIAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 347–355. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18142