STUDI TENTANG EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI 1 GUNUNGSITOLI IDANOI

Authors

  • Novelina Andriani Zega IKIP Gunungsitoli

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1690

Keywords:

Evaluasi, Pembelajaran Biologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan pelaksanaan evalausi pembelajaran Biologi SMA Negeri 1 Gunungsitoli Idanoi.(2) Mendeskripsikan pedoman pelaksanaan evaluasi; (3) Mendeskripsikan manfaat hasil evaluasi pembelajaran. Data penelitian dikumpulkan langsung dari informan oleh peneliti sendiri tanpa perantara. Jenis data yang dibutuhkan adalah kata-kata, tindakan, dan sumber data tertulis. Informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Biologi dan Kepala SMA Negeri 1 Gunungsitoli Idanoi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Belum sepenuhnya melaksanakan evaluasi pembelajaran terutama evaluasi yang berorientasi proses sehingga kemampuan siswa dalam penguasaan materi pelajaran belum dapat diketahui untuk bahan dalam pelaksanaan remidial, sedangkan evaluasi yang dilaksanakan adalah evaluasi yang berorietasi hasil yaitu ujian tengah semester dan ujian akhir semester saja. Ketuntasan belajar siswa berpatokan dari KKM yang telah ditentukan guru mata pelajaran: (2) Guru mata pelajaran melaksanakan evaluasi berupa ujian tengah semester tanpa ada petunjuk atau pedoman tentang betuk tes, jadwal pelaksanaan dan ketentuan lain yang sudah ditetapkan berlaku di SMA Negeri 1 Gunungsitoli Idanoi, sedangkan pelaksanaan ujian akhir semester, selalu mengacu pada petunjuk berupa, bentuk tes, jumlah item tes, sumber tes, persentase tingkat kesukaran, dan jadwal pelaksanaan. Dalam penilaian sikap yang masih belum memiliki acuan yang jelas; (3) Evaluasi pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Gunungsitoli Idanoi berfungsi sebagai sebuah alat untuk menentukan hasil belajar yang telah dicapai oleh siswa selama satu semester.

Author Biography

Novelina Andriani Zega, IKIP Gunungsitoli

Pendidikan Biologi, FPMIPA, IKIP Gunungsitoli

References

Arifin, Zainal (2010). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik Prosedur, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Arikunto, Suharsini dan Jabar, Safrudin Abdul (2010). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Arikunto, Suharsini (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.

Busrowi dan Suwandi (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta, Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono (2006). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta, Jakarta.

Moleong, Lexy J, (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Muliana, Deddy (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Rosda, Bandung.

Mulyasa, E (2009). Implementasi Kurikulum Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Bumi Aksara, Jakarta.

Purwanto, Ngalim (2010). Prinsip-prinsip dan teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sudjana, Nana (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Rosdakarya, Bandung.

Usman, Husaini dan Akbar, Purnomu Setiady (2009). Metodologi Penelitian Sosial. Bumi Aksara, Jakarta.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Zega, N. A. (2020). STUDI TENTANG EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI 1 GUNUNGSITOLI IDANOI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 431–435. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1690

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>