Pengaruh Strategi Pembelajaran Word Sqaure Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD

Authors

  • Ega Trijulianti Universitas PGRI Palembang
  • Adrianus Dedy Universitas PGRI Palembang
  • Putri Dewi Nurhasana Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9600

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran word square berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPS kelas V SD Negeri 1 Pampangan. Penelitian ini adalah jenis penelitian Quasi  Eksperimen dengan desain postest only control grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V A dan V B SD Negeri 1 Pampangan yang berjumlah 52 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling total yaitu teknik pengambilan sampel dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel semua. Sampel dalam penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dimana kelompok eksperimen berjumlah 26 siswa dan kelompok kontrol berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan indentpenden sampel t-test.Taraf signifikan dalam penelitian ini adalah 0,05 atau taraf kepercayaannya 95%. Kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan strategi pembelajaran word square berbantuan media gambar memperoleh rata-rata jumlah posttest 83,88462. Dan kelas kontrol posttest berjumlah 78,42308.  Hasil uji T dengan ttabel 1.278 diperoleh thitung 4.475 dapat disimpulkan bahwa  thitung > ttabel yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan strategi pembelajaran word square berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPS kelas V SD Negeri 1 Pampangan.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Trijulianti, E. ., Dedy, A. ., & Nurhasana, P. D. . (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Word Sqaure Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7814–7819. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9600

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>