Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Kota Palembang Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5408Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD dengan berbasis kearifan lokal kota Palembang tema lingkungan sahabat kita kelas V sekolah dasar. Metodologi dalam penelitian ini ialah jenis penelitian Research And Development (R&D) dengan Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi pada penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 22 Palembang, sampelnya ialah siswa kelas V.B. Adapun teknik dalam mengumpulkan data pada penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan angket. Berdasarkan penelitian sudah dilakukan pengembangan LKPD berbasis kearifan lokal kota Palembang yang dapat dilihat dari skor persentase dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa yang secara berututan ialah 91.87%, 94.28%, dan 93% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Untuk kepraktisan LKPD diperoleh dari angket tanggapan guru dan angket respon peserta didik dengan skor persentase secata berturut-turut ialah 95.5% dan 92.4% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Untuk keefektifan LKPD diperoleh hasil berdasarkan hasil posttest ialah 95% termasuk dalam kategori sangat efektif dan dapat dikatakan mempunyai efek potensial.Downloads
Published
2022-07-16
How to Cite
Destiana, R. F. ., Misdalina, M. ., & Nurhasana, P. D. . (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Kota Palembang Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1147–1155. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5408
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rama Fitri Destiana, Misdalina Misdalina, Putri Dewi Nurhasana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).