Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectually) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 14 Tanah Abang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5643Abstract
Hasil belajar merupakan tolak ukur atau tingkat keberhasilan siswa yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah pemahaman dan pengetahuan siswa terhadap suatu materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectually) materi hak dan kewajiban kelas IV yang diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 14 Tanah Abang kelas IV. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif atau eksperimen mengunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.. Analisis data yaitu menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis, teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes dan dokumentasi.. Hasil akhir penelitian menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas IV SD Negeri 14 Tanah Abang yaitu di kelas eksperimen hasil pretest 45,72 meningkat menjadi 71,00. Hal ini membuktikan adanya pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar siswa yang signifikan.Downloads
Published
2022-07-25
How to Cite
Selvy Wirda Ningsih, Putra, M. J. ., & Dedy, A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectually) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 14 Tanah Abang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1935–1939. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5643
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Selvy Wirda Ningsih, M. Juliansyah Putra, Adrianus Dedy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).