Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 05 Palembang

Authors

  • Astriana Devita Universitas PGRI Palembang
  • M. Juliansyah Putra Universitas PGRI Palembang
  • Adrianus Dedy Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5539

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran di SD Negeri 05 Palembang, terutama penggunaan media audio visual animasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran audio visual animasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 05 Palembang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif Quasi Exsperimental Design dengan rancangan desain yaitu Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian yaitu kelas IV yang berjumlah 40 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, hasil belajar IPA mengalami peningkatan dengan adanya penggunaan media pembelajaran audio visual animasi. Hal ini dibuktikan perhitungan uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,025, maka, 0,000 < 0,025, Ho ditolak, Ha diterima. Nilai menunjukkan peningkatan 15,500. Artinya, Terdapat perbedaan signifikan antara Posttest Eksperimen dan Posttest Kontrol.

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Devita, A. ., Putra, M. J. ., & Dedy, A. . (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 05 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1414–1418. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5539

Most read articles by the same author(s)